Single Blog Title

This is a single blog caption

Yuk, Simak Tradisi Ruwatan Rambut Gimbal di Dataran Dieng

Salah satu daerah yang ada di Jawa Tengah, Kabupaten Wonosobo memiliki salah satu tradisi yang unik yaitu ruwatan rambut gimbal. Ruwatan rambut gimbal merupakan upacara pemotongan rambut pada anak-anak berambut gimbal yang dilakukan oleh masyarakat di daerah Dataran Tinggi Dieng. Ritual pemotongan rambut gimbal tersebut bertujuan untuk mencapai kesejahteraan bagi warga Dataran Dieng.

Pemotongan rambut gimbal dilakukan saat anak meminta memotong rambut mereka. Biasanya, acara pemotongan rambut gimbal dilakukan pada saat Bulan Juni sampai Agustus saat masa libur sekolah.Rangkaian adat dimulai beberapa hari sebelum acara ruwatan. Para tetua adat akan melakukan ziarah ke tempat-tempat yang dianggap suci dan mengambil air dari tujuh sumber mata air yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Hal ini bertujuan untuk meminta izin agar acara dapat dilakukan dengan lancar. Pada hari pelaksanaan, rangkaian dimulai pada pagi hari dimana anak-anak berambut gimbal yang akan diruwat berkumpul di rumah tetua adat. Di setiap desa yang ada di Dataran Tinggi Dieng, terdapat seorang tetua adat yang akan memimpin acara ruwatan massal tergantung dari tempat pelaksanaan ruwatan massal tersebut. Selain anak-anak yang rambutnya akan dipotong  wanita pengiring yang akan membawa berbagai makanan persembahan atau domas ikut berkumpul. Setelah berkeliling kampung, rombongan akan mengunjungi mata air Sedang Sedayu. Di tempat ini, anak-anak berambut gimbal akan disucikan atau dikenal dengan nama penjamasan. Kemudian anak-anak merapikan pakaian mereka di Dharmasala. Tempat terakhir yaitu Candi Arjuna dimana ritual pemotongan rambut gimbal dilakukan secara massal.

Setelah ritual ruwatan rambut gimbal, rambut anak gimbal yang telah dipotong kemudian dilarung  di sumber air yang ada di Dieng. Pelarungan dilakukan untuk mengembalikan rambut titipan kepada pemilik sesungguhnya yaitu Nyi Roro Kidul. Tempat yang biasanya dijadikan tempat pelarungan adalah Telaga Warna, Telaga Balaikambang, atau Sungai Serayu yang mengalir hingga ke Pantai Selatan. Dengan kembalinya rambut anak gimbal melalui pelarungan maka rambut anak akan bertumbuh normal.

Masyarakat dataran tinggi Dieng melaksanakan upacara ruwatan rambut gimbal sampai sekarang karena mereka percaya bahwa anak yang memiliki rambut gimbal merupakan keturunan dari Kiai Kolo Dete dan istrinya Nini Roro Rence. Kyai Kolo Dete merupakan  tokoh spiritual yang sangat dipercaya oleh masyarakat Dieng sebagai nenek moyang dan memiliki ilmu sakti serta suka membela rakyat kecil. Selain memperluas wilayah, pasangan ini dipercaya Nyi Roro Kidul untuk menjaga masyarakat Dieng dalam hal kesejahteraan. Nyi Roro Kidul memberi wangsit kepada masyarakat dieng dengan ditandai dengan kemunculan anak berambut gimbal di Dieng. Sehingga, anak berambut gimbal kerap dijuluki sebagai anak istimewa, sehingga apa yang menjadi keinginannya harus benar-benar dituruti. Anak berambut gimbal juga merupakan simbol kesejahteraan masyarakat Dieng jumlah mereka dianggap menentukan tingkat kesejahteraan penduduk. Semakin banyak anak gimbal di kawasan Dieng, maka akan semakin sejahtera pula masyarakatnya.

Nah, itu dia informasi dari tradisi ruwatan rambut gimbal di Dataran Dieng. Semoga bermanfaat!

Salah satu bus pariwisata yang terpercaya dan memiliki fasilitas lengkap yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menyewa bus adalah Jackal Holidays Pariwisata. Berdiri sejak tahun 1988, Jackal Holidays berkomitmen untuk membuat kamu nyaman selama perjalanan. Banyak pilihan armada yang dapat kamu gunakan mulai dari mini bus, medium bus, hingga big bus. 

Tertarik untuk menggunakan bus dari Jackal Holidays untuk berwisata? Kamu bisa kunjungi menu fleets untuk melihat berbagai bus terbaik atau konsultasikan kebutuhanmu dengan klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah. Kita tunggu kamu untuk berwisata dengan Jackal Holidays!

Penulis: Athaya Eka Suri

Keywords: pengemudi bus, bus pariwisata, sewa bus pariwisata, harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata, sewa bus, sewa bus murah, kernet bus, sopir bus, sewa bus pariwisata bandung, sewa bus bandung, rental mobil, rental mobil murah, tugas kernet bus, sewa mobil harian, dataran dieng

Sumber: kompasiana.com

Leave a Reply

five × 5 =

Need Help? Chat with us