Single Blog Title

This is a single blog caption

Daftar Obat-Obatan dan P3K yang Wajib Dibawa Saat Pergi Liburan!

Wisatawan sudah punya rencana untuk pergi liburan bersama orang-orang tersayang? Sebelum berangkat jangan lupa membawa obat-obatan dan P3K ya! Bukan hanya baju dan skincare saja yang wajib dibawa, ternyata membawa obat-obatan dan P3K juga sangat penting lho! Selama perjalanan liburan, wisatawan tidak akan tahu hal apa saja yang akan terjadi. Apalagi jika tempat liburan jauh dari kota dan sulit menemukan apotek ataupun rumah sakit. Bawalah obat-obatan dan P3K secukupnya misalnya dua tablet untuk satu jenis obat disesuaikan dengan obat-obatan yang biasa wisatawan gunakan. Nah untuk meminimalisir resiko dalam keadaan darurat, berikut daftar obat-obatan dan P3K yang wajib wisatawan bawa saat pergi liburan.

Daftar Obat-Obatan Penting yang Wajib Dibawa Saat Liburan

Obat-obatan merupakan barang yang harus selalu tersedia di dalam tas wisatawan. Fungsinya untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang diderita. Gak mau kan liburan jadi tidak menyenangkan karena wisatawan jatuh sakit? Nah berikut ini beberapa obat-obatan yang wajib dibawa saat pergi liburan, yaitu:

  1. Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri atau biasa disebut dengan obat penghilang rasa sakit merupakan jenis obat yang bisa meredakan berbagai macam jenis penyakit seperti sakit kepala ringan, radang sendi, maupun demam. Obat pereda nyeri misalnya paracetamol atau ibuprofen.

  1. Obat Diare

Saat pergi berlibur mungkin saja wisatawan tidak cocok dengan makanan yang tersedia, akibatnya wisatawan mengalami diare. Diare adalah kondisi dimana frekuensi buang air besar sangat sering terjadi dan cair. Saat kondisi seperti ini, obat diare berfungsi untuk mengurangi frekuensi air besar, memadatkan feses yang cair, dan meredakan rasa mulas akibat diare.

  1. Obat Anti Mabuk

Obat anti mabuk berguna untuk meredakan dan mencegah gejala-gejala akibat mabuk perjalanan seperti meredakan rasa mual, muntah, serta pusing ringan. Wisatawan bisa minum obat anti mabuk selama di dalam kendaraan menuju tempat tujuan.

  1. Obat Resep Dokter

Jika wisatawan punya penyakit tertentu dan diberi resep oleh dokter, jangan sampai lupa untuk membawanya ya. Hal ini untuk meminimalisir jika tidak adanya apotek atau rumah sakit di dekat tempat tujuan wisata.

Daftar P3K yang Wajib Dibawa Saat Liburan

P3K merupakan singkatan dari Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan yang berfungsi untuk mencegah keparahan cedera, mengurangi penderitaan, dan bahkan menyelamatkan nyawa dalam keadaan darurat. Nah berikut ini daftar P3K yang wajib dibawa saat pergi liburan, yaitu:

  1. Obat Merah

Obat merah atau biasa disebut dengan antiseptik adalah cairan yang berfungsi untuk melemahkan atau menghentikan pertumbuhan bakteri maupun kuman yang berada di sekitar luka. Jika wisatawan mengalami luka yang tergores atau bahkan luka terbuka, segera teteskan obat merah untuk memperlambat infeksi. Obat merah yang biasa digunakan yaitu betadine.

  1. Plester Luka

Jika wisatawan tersayat dan ada luka terbuka, segera bersihkan luka tersebut dengan antiseptik dan gunakan plester luka untuk menutupnya. Hal ini berfungsi untuk menghindari luka dari bakteri ataupun kuman yang bisa masuk ke dalam luka dan menyebabkan infeksi lebih lanjut. Lakukan penggantian plester luka secara bertahap agar tetap terjaga kebersihannya ya.

  1. Obat Tetes Mata

Obat tetes mata berfungsi untuk membuat mata tetap lembab sehingga bisa digunakan untuk mengobati mata kering atau mengobati iritasi akibat adanya alergi ringan, gesekan lensa kontak, dan debu yang masuk ke dalam mata.

  1. Alat Kompres

Alat kompres dapat digunakan untuk membantu menurunkan demam, meredakan rasa sakit, serta meningkatkan aliran darah. Sudah banyak alat kompres instan yang dengan murah wisatawan beli di apotik ataupun supermarket. Jika ingin tidak ada alat kompres instan, wisatawan bisa membawa handuk kecil yang nantinya bisa direndam di air hangat atau dingin yang dapat digunakan sebagai alat kompres.

Itu dia beberapa daftar obat-obatan dan P3K yang wajib wisatawan bawa saat melakukan perjalanan liburan. Pisahkan tempat obat-obatan dan P3K di dalam satu tas khusus agar mudah untuk mencarinya jika dibutuhkan. Semoga tips kali ini bermanfaat untuk membantu wisatawan menyiapkan segala kebutuhan liburan. Happy Holidays!

Kunjungi akun instagram @jackalholidayspariwisata untuk melihat informasi menarik lainnya.

Keywords: fungsi obat merah, fungsi p3k, fungsi alat kompres, fungsi obat tetes mata, fungsi betadine, fungsi obat pereda nyeri, fungsi paracetamol, p3k adalah, fungsi obat diare, obat diare adalah, daftar obat-obatan, alat p3k apa aja, wisata menarik, sewa bus pariwisata, obat obatan p3k, gambar obat obatan, obat obatan alami, destinasi wisata pilihan, makanan khas bali, shuttle jakarta bandung kirim paket cepat, obat obatan antibiotik, keperluan liburan, perlengkapan liburan, jackal holidays, sewa bus mewah, sewa bus murah, sewa bus bandung

Oleh: Nadhifta Anindya

Leave a Reply

1 × three =

Need Help? Chat with us