Single Blog Title

This is a single blog caption

Mengapa Bus Menggunakan Ban Belakang Ganda? Berikut Penjelasannya!

Wisatawan sempat memperhatikan bagian belakang bus yang memiliki ban ganda tidak? Ternyata hal ini berkaitan dengan faktor keamanan lho! Bus pariwisata yang biasa digunakan wisatawan untuk pergi liburan memiliki jumlah ban yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kendaraan lainnya. Jumlah ban pada bus pariwisata memiliki setidaknya enam ban yang terdiri dari dua ban di bagian depan, dan empat ban di bagian belakang. Ban bagian belakang terbagi menjadi dua ban di sebelah kiri, dan dua ban di sebelah kanan. Model ban pariwisata ini sering disebut dengan model ban ganda.

Model ban ganda dipasang pada bus pariwisata bukan tanpa alasan. Seperti yang kita ketahui bahwa bus pariwisata merupakan kendaraan komersial yang biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang yang cukup banyak. Dengan begitu daya angkut dari bus pariwisata menjadi besar. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa bus pariwisata menggunakan ban ganda. Seperti yang disebutkan oleh Prasetyo Adi, Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia, “penggunaan ban ganda pada bus dikarenakan beban kendaraan dan kapasitas beban dari ban”.

Penyesuaian kerangka bus pariwisata pasti sudah didesain khusus agar memiliki kerangka yang sangat kuat untuk menampung beban yang cukup berat. Bagian belakang ban bus pariwisata memiliki beban yang lebih besar dibandingkan dengan bagian depan. Oleh sebab itu, model ban ganda digunakan sebagai salah satu upaya dalam menjaga keseimbangan bus pariwisata untuk menahan beban. Kemampuan ban ganda dapat menahan beban sehingga bus pariwisata akan berjalan dengan stabil dan lancar.

Baca Juga: Super Mewah dan Nyaman! Fasilitas Lengkap di Dalam Bus Pariwisata

Apabila penggunaan ban tidak sesuai dengan berat yang diangkut, mungkin saja akan terjadi ketidakstabilan ban saat melakukan perjalanan. Penggunaan ban yang tidak sesuai juga bisa mengakibatkan ban cepat haus dan mudah meledak. Ban ganda diperlukan agar kapasitas ketahanan ban di setiap sisi kiri dan kanan menjadi stabil dan sesuai dengan kapasitas beban roda.

Seperti yang disebutkan oleh Zulpata Zainal, On Vehicle test PT Gajah Tunggal Tbk, “distribusi berat pada bus dan truk tidak seimbang, lebih banyak ke belakang”. Oleh karena itu, jika tidak menggunakan ban ganda, bus pariwisata tidak akan mampu menahan beban untuk memikul berat bus dan seluruh isinya.

Adapun beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika menggunakan ban ganda agar fungsinya bisa semaksimal mungkin. Bus pariwisata yang menggunakan ban ganda harus memastikan bahwa ban memiliki ukuran, konstruksi, pola tapak, tekanan angin ban, dan tinggi kembang ban dan diameter yang sama. Semua ban yang digunakan harus memiliki persamaan yang identik.

Jika kondisi ban berbeda, tentu saja akan mempengaruhi kinerjanya dan tidak akan berjalan dengan maksimal. Apalagi jika ban tidak memiliki tekanan angin yang sama bisa mengakibatkan bus pariwisata tidak berjalan dengan stabil.

Tekanan angin pada ban ganda juga perlu diperhatikan sebab jika terdapat perbedaan maka kerja ban tidak akan optimal dan menimbulkan kerusakan pada ban. Ban ganda dengan tekanan yang rendah akan mengakibatkan ban cepat aus. Sedangkan jika ban ganda memiliki tekanan tinggi maka ban akan menopang beban yang lebih berat sehingga dapat menyebabkan ban cepat rusak atau pecah.

Baca Juga: Mengapa Keraton Surakarta Hadiningrat Memiliki Dua Raja? Ini Alasannya!

Itulah beberapa alasan mengapa bus pariwisata menggunakan ban ganda. Tentunya semua berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan penumpang.

Sudah siap pergi berlibur? Yuk bareng Jackal Holidays Pariwisata! Banyak sekali pilihan armadanya lho!

Jangan lupa kunjungi akun instagram @jackalholidayspariwisata untuk melihat informasi menarik lainnya. Happy Holidays!

Keywords: ban ganda pada bus, harga ban bus, ban ganda bus pariwisata, bismania, pantai wisata, wisata bali,wisata bandung, wisata jogjakarta, wisata di surabaya, sewa bus pariwisata, jackal holidays, rental mobil bandung, bus angkat ban, setir bus, pengetahuan bus, pecinta bus, liburan seru, rekomendasi hotel, rekomendasi villa, travel bandung jakarta, kirim paket kilat, big bus, ban bus ada berapa, ban cadangan bus, ban diesel bus, mesin bus, diameter ban bus, ketahanan ban bus, kapasitas bus, harga sewa bus

Oleh: Nadhifta Anindya

Leave a Reply

4 × three =

Need Help? Chat with us