Single Blog Title

This is a single blog caption

Tips Aman dan Nyaman Naik Bus di masa Pandemi

Hallo teman-teman Jackal, di artikel ini kita mau sharing tentang tips aman dan nyaman ketika naik bus di masa pandemi. Kita masih ga tau pandemi ini berlangsung sampai kapan, tetapi kita harus menjalankan rutinitas seperti biasa, seperti menggunakan transportasi umum bertemu orang untuk kerja dan melakukan aktivitas lainnya. 

Supaya kita tetap terjaga saat melakukan aktivitas saat menggunakan bus atau transportasi umum, Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan agar perjalanan kamu naik bus di masa pandemi seperti sekarang ini terasa lebih menyenangkan.

  1. Beli Tiket Online

Salah satu poin protokol kesehatan adalah menghindari kerumunan serta menjaga jarak dengan orang lain. Hal ini penting untuk melindungi diri dari potensi penularan virus corona saat beraktivitas.

Maka dari itu hilangkan resiko kamu terkena virus ini dengan pesan tiket bus secara online. Tidak perlu keluar rumah dan bisa dilakukan dimana saja, kapan saja. kamu hanya perlu smartphone atau laptop yang terhubung dengan internet untuk melakukan pemesanan tiket bus lewat website penyedia tiket bus online, seperti Traveloka yang memungkinkan  kamu bisa pesan tiket bus dan travel murah dengan mudah.

https://travel.tribunnews.com/2018/01/08/mana-yang-lebih-baik-beli-tiket-pesawat-secara-online-atau-melalui-travel-agent
  1. Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan pun harus dilakukan oleh PO bus, sebelum kamu menyewa bus, kamu harus cari tahu dulu apakah PO bus itu melakukan protokol kesehatan atau tidak? Seperti rutin dibersihkan setiap kendaraan setelah pemakaian, disediakannya dinsefektan, diwajibkan memakai masker saat menggunakan bus, menjaga jarak atau sebelum keberangkatan harus disediakan surat negatif covid 19. 

Untuk mengetahui apakah PO bus yang akan kamu naiki sudah menerapkan protokol kesehatan atau belum, ada baiknya kamu cek melalui akun sosial media masing-masing PO bus yang biasanya selalu update mengenai armada dan layanan mereka.

https://oto.detik.com/berita/d-5286543/jelang-libur-akhir-tahun-masyarakat-masih-takut-naik-bus-akap

  1. Jaga Kondisi Tubuh

Jika tiket bus sudah di tangan, maka kamu harus tetap menjaga kesehatan tubuh hingga hari H perjalanan. Sistem imun tubuh yang kuat dan sehat mampu melindungi diri dari kemungkinan terpapar virus corona selama perjalanan.

Sebaliknya, memaksakan diri untuk tetap bepergian dalam kondisi tubuh yang kurang fit akan membuat kamu lebih rentan sakit dan tertular penyakit dari orang lain yang berada di dalam bus atau yang dijumpai di jalan.

Karena di masa pandemi ini menjaga kekebalan tubuh sangat penting, jadi pastikan kamu selalu memperhatikan kondisi tubuh ya. Apalagi jika akan melakukan perjalanan jauh naik bus.

https://www.beritasatu.com/nasional/615727/pemeriksaan-berlapis-untuk-pendatang-di-seluruh-pintu-masuk-ke-jambi

  1. Persiapan di perjalanan

Masker dan hand sanitizer sudah menjadi barang wajib yang harus dipakai dan ada di tas saat beraktivitas di luar rumah. Pastikan kamu membawa masker cadangan dan hand sanitizer di dalam tas pada hari H perjalanan sehingga bisa digunakan setiap saat diperlukan.

Selain itu bawa juga obat-obatan untuk penyakit yang mudah datang saat perjalanan darat dengan bus. Misalnya mabuk darat, pusing, mual dan masuk angin.

Bawa juga makanan atau camilan serta botol minum sendiri untuk dibawa naik ke bus. Hindari sharing botol minum atau peralatan makan dengan orang lain, kecuali anggota keluarga yang tinggal serumah dan juga pergi naik bus bersama kamu.

Masuklah ke dalam bus sesuai arahan petugas, dengan tetap menjaga jarak dengan penumpang lainnya. Taruh koper atau tas besar kamu di tempat yang tersedia. Pisahkan barang pribadi (tas kecil, dompet, ponsel, earphone, powerbank, makanan dan minuman, masker cadangan, dan lain-lain) untuk dibawa bersama kamu ketika duduk. Bersihkan tangan dengan hand sanitizer yang telah disediakan oleh pengelola bus maupun yang telah kamu bawa sendiri. Duduklah sesuai kursi yang kamu pesan dan pastikan ada jarak aman dengan penumpang lain. Selalu gunakan masker kamu dan jangan melepas atau menurunkannya, kecuali saat makan dan minum. Sebaiknya tidak berbicara saat perjalanan di dalam bus. Minimalkan kontak dengan permukaan benda dalam bus. Sisihkan waktu untuk Istirahat atau tidur selama perjalanan.

https://metro.tempo.co/read/1322130/lawan-virus-corona-dki-kembali-batasi-operasional-transportasi

Leave a Reply

3 + ten =

Need Help? Chat with us