Single Blog Title

This is a single blog caption

Wisata Curug Terpopuler

Oleh : Karina Eka Putri

Kekayaan alam Indonesia memang tak pernah ada habisnya. Mulai dari pegunungan, pantai, hingga air terjun yang indah bisa kamu temukan dengan mudah. Air terjun atau curug adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian, lokasinya pun tersebar di seluruh Nusantara, baik di dalam maupun luar Pulau Jawa. 

Kamu yang ingin main air sambil menikmati alam, Indonesia punya berbagai air terjun yang menawarkan pesonanya masing-masing. Berikut air terjun terpopuler yang wajib kamu kunjungi di Tanah Air.

1. Air Terjun Banyumala, Bali

rakaontrip

TIdak hanya wisata pantainya saja, ternyata Bali juga memiliki sejumlah air terjun yang memesona lho. Buktinya ada Air Terjun Banyumala yang berada di dasar sebuah lembah dengan tiga sisi air terjun. Aliran airnya yang deras dari ketiga air terjun membentuk sebuah kolam alami yang airnya sangat jernih dan segar.

Untuk Kamu yang tertarik berkunjung ke sini, Kamu bisa datang ke Desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng. Perjalanan dari Denpasar menuju Air Terjun Banyumala bisa ditempuh selama kurang lebih tiga jam. Harga tiket masuknya cuma Rp 10 ribu aja!

2. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

jatimcerita

Berada di ketinggian 620 mdpl, Air Terjun Madakaripura mendapat predikat sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Bentuknya sangat unik seperti curug atau air terjun kecil yang dikelilingi barisan bukit. Untuk menikmati keindahannya, kamu harus melalui jalanan yang cukup terjal dan licin sehingga dibutuhkan alas kaki yang bisa mendukung perjalananmu.

Setelah melalui perjalanan cukup menantang, Kamu akan disambut dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Konon katanya, air terjun satu ini dulunya merupakan sebuah tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit.

Soal lokasinya, Air Terjun Madakaripura masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sini, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp 5 ribu. 

3.  Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

me.meidarizkiana

Siapa bilang Yogyakarta cuma terkenal dengan wisata candinya saja? Kota Gudeg memiliki sejuta pesona, termasuk wisata air terjunnya yang sayang untuk dilewatkan. Air Terjun Sri Gethuk misalnya. Berada di tepi Sungai Oyo, air terjun satu ini berasal dari tiga sumber mata air yang berbeda, yakni Kedung Poh, Ngandong, dan Ngumbul.

Ketiga sumber mata air tersebut mengalir melalui tebing karst dan kemudian membentuk kolam alami. Di sini, pengunjung diperbolehkan untuk berenang atau sekadar menikmati keindahan alamnya saja. Bagi yang penasaran dengan pesona Air Terjun Sri Gethuk, kamu bisa datang langsung ke Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

4. Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara

deartarigan

Jika sedang berada di Karo, Sumatera Utara, sempatkan untuk berkunjung ke Air Terjun Sipiso-piso. Lokasinya tidak jauh dari Danau Toba, tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Yang membuat air terjun satu ini begitu mencuri perhatian adalah karena lokasinya yang berada di ketinggian 800 mdpl serta dikelilingi oleh hutan pinus.

Selain itu, air terjun ini juga memiliki tinggi sekitar sekitar 120 mdpl. Tak heran kalau keunikannya ini membuat Air Terjun Sipiso-piso begitu terkenal hingga ke mancanegara. 

Untuk menuju ke sini, kamu bisa memulai perjalanan dari Medan dengan menggunakan bus jurusan Kabanjahe. Kira-kira dibutuhkan waktu setidaknya 2 jam untuk sampai di Air Terjun Sipiso-piso. Sesampainya di Kabanjahe, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan bus menuju Danau Toba.

5. Air Terjun Coban Pelangi, Malang

ayodolan

Jika Air Terjun Coban Rondo sudah terlalu mainstream, kamu bisa mengunjungi Air Terjun Coban Pelangi saat liburan ke Malang. Sesuai namanya, air terjun ini memang menyuguhkan pemandangan pelangi yang tampak di sekitar air terjun. Namun, ada waktu khusus untuk bisa mendapatkan momen munculnya pelangi.

Datanglah pada pukul 10.00 sampai jam 14.00 WIB karena pada waktu ini posisi matahari sudah cukup tinggi sehingga akan memantulkan sinar pada air di sekitar air terjun dan membuatnya tampak berwarna-warni seperti pelangi. 

Air Terjun Coban Pelangi sendiri masih merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo, tepatnya di Desa Gubugklakah, Poncokusumo, Malang. Untuk menuju ke sini, kamu bisa memulai perjalanan dari pusat kota Malang dengan jarak tempuh sekitar 32 km.

Sesampainya di Desa Gubugklakah, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang 1 km untuk mencapai Air Terjun Coban Pelangi. 

6. Air Terjun Benang Kelambu, Lombok

walkspix

Wisata Lombok memang identik dengan pantai atau gunung. Namun, Lombok tak melulu soal pantai atau pun gunung karena pulau satu ini juga memiliki wisata air terjun yang tak kalah menarik. Adalah Air Terjun Benang Kelambu yang berlokasi di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Air Berik, Kecamatan Batukliang Utara.

Dikelilingi dengan pohon gambung yang rimbun, udara di kawasan ini begitu sejuk. Cocok buat kamu yang ingin relaksasi. 

Dinamakan kelambu karena air terjun satu ini keluar dari sela-sela pohon gambung dengan total enam titik air. Belum lagi air yang keluar terlihat sangat tipis dan lembut mirip seperti kelambu. Bahkan, suara jatuhnya air pun tidak begitu bising.

Masyarakat setempat percaya jika mandi di Air Terjun Benang Kelambu bisa membuat awet muda. Tertarik berendam di Air Terjun Benang Kelambu?  

7. Air Terjun Nglirip, Tuban

pesonaairterjunindonesia

Liburan ke Tuban, Jawa Timur juga bisa diisi dengan berwisata ke Air Terjun Nglirip. Bagi yang sering melintasi jalur pantura pasti sudah tak asing dengan wisata satu ini. Berlokasi di Pedukuhan Jojogan Desa Mulyoagung, Singgahan, air terjun satu ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan lebar 28 meter.

Suara gemericik air yang bersumber dari daerah Hutan Krawak akan membuat siapapun yang datang jadi merasa lebih rileks. Airnya yang jernih dan alirannya yang cukup deras semakin menambah kesan sejuk dari tempat satu ini.

Menariknya, terdapat sebuah gua yang berada di balik air terjun. Konon, gua ini sering digunakan sebagai tempat bersemadi, lho. 

Itu dia sejumlah air terjun terindah di Indonesia yang wajib kamu sambangi. Yuk sewa bus dari Jackal Holidays, agar suasana liburan makin seru dan mudah jika kamu pergi rombongan bersama teman ataupun keluarga. Jika kamu dari Kota Bandung, kamu bisa sewa bus murah di Bandung dengan memilih Jackal holidays Pariwisata yang sudah 32 tahun berpengalaman dengan armada yang mewah dan murah! Tak hanya bus pariwisata, Jackal Holidays menyediakan mini bus seperti Toyota Hiace, Isuzu Long elf, Mitsubishi Coaster dan Toyota Vellfire. Tunggu apalagi? Yuk, liburan aman dan nyaman bersama Jackal Holidays! Klik Disini untuk cari tahu harga sewa bus termurah!

Air terjun indonesia, curug, curug bali, curug lombok, curug jogja, air terjun terindah, curug terpopuler, curug terindah, harga tiket masuk, tempat hits jawa tengah, tempat wisata keluarga, sewa hiace, sewa bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus murah, sewa mobil bandung, rental mobil bandung, sewa mobil harian, sewa mobil murah, sewa mobil lepas kunci, rental mobil murah, rental mobil aman.

Leave a Reply

four + 2 =

Need Help? Chat with us