Single Blog Title

This is a single blog caption

Ingin Punya Bisnis Transportasi Bus? Cari Tahu Langkah-Langkahnya di Sini!

Pernahkah terpikir untuk memiliki perusahaan transportasi terutama bus pariwisata? Jika pernah, berarti kamu perlu melirik bisnis yang satu ini. Kebutuhan masyarakat untuk pergi berlibur dengan aman dan nyaman bisa dijadikan kesempatan untuk memulai bisnis bus pariwisata. Bagi kamu yang berminat membuat Perusahaan Otobus (PO), ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. 

  1. Tentukan Jenis Jasa Transportasi (Reguler / Pariwisata)

Untuk memulai perusahaan transportasi bus, ada baiknya jika menentukan salah satu fokus jasa yang akan dikembangkan apakah akan fokus di bus reguler atau bus pariwisata.  Setiap kategori memiliki karakter dan keunggulan masing-masing.  Jika berminat menjalankan PO reguler, ada beberapa yang perlu dipertimbangkan seperti trayek jalur yang dipilih, serta kebutuhan dari penumpang itu sendiri apakah menyukai bus tertutup dengan AC atau bus yang jendela bisa dibuka dll.

Jika ingin menjalankan perusahaan bus pariwisata, maka yang perlu dipertimbangkan adalah potensi pasar yang dijaring. Potensi pasar dapat dilihat dari lokasi dan kebiasaan yang dilakukan orang-orang di daerah tersebut. Misalnya jika pasar yang dituju adalah anak-anak sekolah atau pegawai di perusahaan,  maka layanan bus pariwisata bisa bekerja sama dengan travel agent, atau tempat wisata.

  1. Temukan Kompetitor yang Sesuai

Jika sudah menentukan jenis jasa transportasi bus reguler atau bus pariwisata serta memahami target pasar yang dituju, selanjutnya kamu dapat mencari kompetitor yang sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan. Apa fungsinya menentukan kompetitor? Dari sana kamu dapat mengetahui layanan dari perusahaan kompetitor, mengetahui keunggulan dan kelemahannya, sehingga kamu dapat membuat inovasi sesuatu yang berbeda untuk memberikan layanan yang lebih baik.

  1. Pilih Merek Chassis

Photo : motoris.id

Penentuan armada yang akan gunakan sangat penting karena begitu salah pilih, hanya karena faktor senang, emosional atau gengsi, maka kamu akan masuk dalam masalah besar. Pelajari karakter masing-masing produk dari sisi. Sesuaikan budget dan perhatikan ketahanan kendaraan. Kemudian biaya operasional dan pilih kendaraan yang mudah perawatan, dan jaringan after sales luas. Untuk kamu yang baru pertama kali merintis usaha, ada baiknya membeli bus bekas dengan kondisi terbaik. Sebaiknya jangan bernafsu untuk memiliki chassis premium jika belum memiliki banyak pengalaman di bidang bus. Pilih chassis yang sudah teruji kualitasnya dengan kondisi Indonesia, seperti Hino RK8, Mercedes-Benz OH 1526, atau 1626.

  1. Merekrut SDM yang tepat

Disadari atau tidak disadari usaha bus adalah usaha yang sangat berani karena alasan investasi yang dipertaruhkan ke tangan crew. Untuk itu, sangat penting untuk merekrut sumber daya manusia yang tepat dan bisa dipercaya. Apalagi, jasa transportasi berhubungan dengan keselamatan orang banyak. Selain crew (sopir dan kondektur yang baik),bagian operasional dan montir yang baik juga harus dipersiapkan dengan hati-hati. Banyak sekali kebocoran PO juga dikarenakan oleh orang-orang bagian operasional dan montir yang tidak bisa dipercaya. 

Sebenarnya masih banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk memulai bisnis perusahaan bus ini, namun jika kamu memiliki modal yang mencukupi dan pengetahuan yang luas, tidak ada salahnya untuk merencanakan bisnis ini dengan matang.

Sebelum memulai bisnis bus, kamu bisa juga loh mencoba beberapa layanan bus pariwisata milik perusahaan lain agar bisa jadi pertimbangan. Salah satunya adalah dengan mencoba naik bus Jackal Holidays Pariwisata. PO bus yang terpercaya dan berpengalaman sejak tahun 1988. Memiliki berbagai pilihan armada bus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu, Jackal Holidays Pariwisata adalah pilihan yang tepat untuk memulai perjalanan.

Sewa bus pariwisata bandung, sewa bus pariwisata murah, sewa bus pariwisata pangandaran,  sewa bus pariwisata bandung murah, rental mobil, sewa mobil harian, rental mobil murah, rental mobil bandung, daftar harga bus pariwisata, PO bus, Perusahaan otobus, bisnis transportasi, bisnis sewa bus, chassis

1 Response

  1. Bapak/Ibu yang terhormat
    Salam hangat dari PT Secom Indonesia.
    Secom adalah perusahaan global yang menyediakan layanan dan sistem keamanan terintegrasi komprehensif yang membuat hidup Anda lebih aman dan nyaman.
    Secom adalah perusahaan keamanan terbesar di Jepang dan salah satu yang terbaik di dunia ingin memberikan solusi terbaik dengan melindungi bangunan Anda dari kenakalan, perampokan, dan tindakan kejahatan lainnya yang disebabkan oleh orang-orang dari dalam atau luar dengan sistem keamanan seperti :

    1. Alarm System with Inspection Service (24 hours)
    2. Time Attendance System
    3. CCTV System & Thermal Camera
    4. Access Control System
    5. Visitor Management System
    6.Pedestrian Gate/ Turnstile Gate Integration with Elevator and VMS (Visitor Management System)
    7. Key Management (System)
    8. X-Ray Inspection System
    9. Under Vehicle Surveillance System (UVSS)
    10. Boom/Barrier Gate
    11. Rising Bollard
    12. Road Blocker
    13. Walkthrough & Hand-held Metal Detector
    14. Security Guard Patrol System
    15. Video phone System
    16. Auto External Defibrillator (AED)
    17. Long Reader System
    18. Biometric and Face Recognition System
    19. Tire Shredder
    20. Vehicle License Plate Recognition (VLPR) or Auto Number Plate Recognition (ANPR)
    21. Hotel and Apartment Door Lock System
    22. Face Recognition with Mask detector

    Demikian daftar peralatan sistem keamanan Secom Indonesia dan semoga kami dapat memberikan konsultasi mengenai sistem keamanan untuk Proyek Anda, dengan memberikan kami waktu untuk presentasi dan berdiskusi tentang proyek tersebut.
    Bersama ini kami lampirkan Riwayat Perusahaan dan brosur untuk referensi Anda.
    Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan.

    Terima kasih atas perhatiannya dan semoga kami bisa memberikan solusi untuk Anda.

Leave a Reply

9 − one =

Need Help? Chat with us