Single Blog Title

This is a single blog caption

Ingin berlibur ke Bromo? Coba Datang Saat Ritual Yadnya Kasada

Bromo dikenal sebagai tempat terbaik untuk mendaki gunung dan melihat keindahan matahari terbit. Namun, ada tradisi unik yang dapat kamu temukan setiap bulan Kasada hari ke-14 dalam penanggalan kalender tradisional Hindu atau sekitar pertengahan tahun di kalender masehi yaitu Ritual Yadnya Kasada. 

Ritual Yadnya Kasada merupakan ritual yang dilakukan sebagai bentuk ungkapan syukur dan harapan agar dijauhkan dari malapetaka. Upacara ini dilakukan dengan melarung hasil bumi ke dalam kawah Gunung Bromo. Dalam perkembangannya, upacara ini menjadi salah satu hari raya umat Hindu suku Tengger. Ritual Yadnya Kasada terbuka untuk umum dan seluruh orang Tengger dari agama apapun. Upacara ini kental dengan ritual dan ajaran agama Hindu, tapi bagi orang Tengger, berkahnya tak hanya untuk orang-orang Hindu, tetapi juga untuk semua orang.

Dalam prosesnya, ritual ini diawali dengan prosesi pembacaan mantera oleh sang dukun. Setelah itu diadakan doa-doa di dalam pura dan prosesi pengambilan air suci dari tetesan yang merembes pada batu-batu di sebuah gua di Gunung Widodaren. Selanjutnya para warga membawa ongkek berisi sesaji naik menuju puncak Gunung Bromo untuk melarung sesaji berisi hasil bumi, uang, dan ternak mereka ke dalam kawah. Prosesi melarung sesaji oleh warga Tengger di bibir kawah menjadi prosesi puncak ritual Yadnya Kasada. 

Masyarakat Tengger meyakini dengan menggelar ritual Yadnya Kasada ini mereka akan dijauhkan dari malapetaka dan ternak serta hasil buminya akan melimpah. Selain menjadi simbol tolak bala dan wujud rasa syukur warga suku Tengger kepada Sang Hyang Widhi, ritual ini juga menjadi wujud penepatan janji mereka kepada Raden Hadi Kusuma dan ke-24 orang anak Dewi Rara Anteng dan Raden Jaka Seger yang menjadi cikal bakal lahirnya nenek moyang mereka. Tertarik untuk berlibur ke Bromo sambil mengikuti tradisi unik ini? Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, yuk simak di sini!

  1. Gunakan pakaian yang hangat

Upacara Yadnya Kasada selalu berlangsung bertepatan dengan bulan purnama dimana pada waktu itu malam akan terasa sangat dingin. Oleh karena itu, bawalah pakaian yang hangat seperti jaket, penutup kepala, sarung tangan, dan juga kaos kaki serta celana panjang. Perlu diingat untuk membawa masker dan jas hujan sebagai antisipasi apabila terjadi hujan, badai, atau semburan abu vulkanik Gunung Bromo.

  1. Gunakan Sepatu Trekking

Gunakan sepatu trekking atau sepatu gunung saat berkunjung untuk memudahkanmu melangkah di padang pasir dan saat mendaki menuju puncak bibir kawah Gunung Bromo.

  1. Datang ke daerah Bromo dari dua hari sebelumnya

Bagi kamu para pejalan yang ingin mengikuti ritualnya dari awal hingga akhir, datanglah sejak dua atau tiga hari sebelum hari pelaksanaan. Jika kamu mencari penginapan, terdekat dengan lokasi ritual upacara Yadnya Kasada, datanglah ke Desa Ngadisari yang berjarak hanya kurang lebih satu kilometer dari Gunung Bromo. Banyak pilihan penginapan dan villa di desa tersebut.

  1. Jaga Etika

Dalam setiap perjalanan, kamu pasti ingin mengabadikan berbagai momen liburan. Jagalah sikap dan junjung etika saat memotret ritual keagamaan. Jangan sampai keinginanmu untuk mendapatkan foto terbaik malah menghambat proses ritual itu sendiri. Siapkan juga plastik khusus untuk membuang sampah agar lingkungan tetap terjaga. 

Sudah punya rencana untuk liburan ke Bromo tahun ini, Wisatawan?  Kamu bisa berwisata dengan teman-teman dan rekan kantor dengan menggunakan bus pariwisata dari Jackal Holidays Pariwisata. Kami siap menemani kamu berlibur! Hubungi kami melalui WhatsApp atau follow instagram kami @jackalholidayspariwisata untuk mendapatkan informasi dan promo terbaru! 

Penulis : Mutiara Rizky S

Keyword: Kegiatan seru dalam bus, karaoke dalam bus, nonton film di bus, membaca buku, bermain games, harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata 2021, harga sewa bus pariwisata bandung, harga sewa bus pariwisata bandung pangandaran,harga sewa bus pariwisata bekasi,harga sewa bus pariwisata bandung jogja, harga sewa bus pariwisata jackal holiday bandung,harga sewa bus pariwisata bandung pangandaran 2021. Harga sewa bus murah, sewa bus Bali, wisata Bali, Wisata Jakarta

Foto:  https://bisniswisata.co.id/

Leave a Reply

two + six =

Need Help? Chat with us