Single Blog Title

This is a single blog caption

Traveling Bareng Si Kecil? Gak Perlu Repot Lagi!

Beberapa ibu mungkin merasa repot saat melakukan traveling bareng si kecil. Biasanya hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, mungkin saja anak tidak nyaman, merasa bosan, ataupun faktor kesehatan si kecil yang tidak begitu fit selama perjalanan. Berikut mimin rangkum tips-tips agar liburan dengan si kecil menyenangkan dan tidak merepotkan. Simak dan baca artikel ini sampai akhir ya!

  1. Pilih Jam Keberangkatan Sesuai Jam Tidur Anak

Memilih jam perjalanan yang tepat akan membuat perjalanan dengan anak lebih nyaman. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kegelisahan anak selama di perjalanan. Anak pasti akan mengantuk saat waktu tidurnya sudah tiba, biarkan anak tidur sesuai dengan jadwalnya agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga selama liburan. Selain memastikan anak memiliki waktu yang cukup untuk tidur, ibu juga perlu memperhatikan waktu kapan anak harus bangun dan makan. 

  1. Bawa Cemilan dan Mainan Favorit Anak

Jika anak tidak tidur selama perjalanan, ibu bisa mengalihkan perhatiannya dengan memberikan cemilan atau mainan favorit agar perhatiannya teralihkan. Ibu juga bisa membawa buku, mempersiapkan playlist lagu atau video yang bisa diputar selama dalam perjalanan agar anak tidak merasa bosan. 

  1. Siapkan Semua Perlengkapan dan Kebutuhan Anak

Saat melakukan perjalanan tentunya ibu harus menyiapkan semua perlengkapan dan kebutuhan anak, mulai dari stroller yang mudah dilipat, sterilizer untuk menjaga kebersihan, car seat agar anak bisa duduk dengan nyaman, cooler bag untuk menyimpan kebutuhan susu atau asi, nursing cover untuk kenyamanan ibu saat menyusui, alas ganti popok, hingga termos untuk menyimpan air panas.

  1. Gunakan Diaper Bag Dengan Banyak Sekat

Agar perlengkapan dan kebutuhan anak tidak tertinggal, lebih baik menggunakan diaper bag yang memiliki banyak kompartemen besar dan bersekat. Diaper bag bisa digunakan untuk menyimpan semua perlengkapan seperti baju ganti, popok, tisu, alas popok, botol susu, hingga mainan yang perlu untuk dibawa. Saat ini sudah banyak diaper bag yang bagus dan stylish lho!

  1. Bawa Lebih Banyak Popok dan Baju Ganti

Selama melakukan perjalanan, selalu sediakan popok dan baju ganti yang lebih banyak untuk berjaga-jaga apabila dibutuhkan. Jika sewaktu-waktu baju anak basah terkena sisa-sisa makanan atau terkena muntah, ibu bisa langsung mengganti popok atau pakaiannya agar anak tetap merasa nyaman dan tetap bersih.

  1. Siapkan Alat Kebersihan

Kebersihan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Barang-barang yang wajib dibawa yaitu tisu basah, tisu kering, dan hand sanitizer. Ketiga alat tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan agar anak tetap nyaman. Menjaga kebersihan juga bisa menunjang kesehatan anak lho!

  1. Bawa Obat-Obatan

Obat-obatan merupakan salah satu barang yang wajib dibawa. Dalam keadaan darurat ibu bisa mengantisipasi dengan memberikan obat kepada anak ataupun anggota keluarga lainnya. Obat yang paling penting dipersiapkan yaitu paracetamol untuk menurunkan demam, dan penyeda nyeri.

Hal-hal yang disebutkan diatas bisa menjadi referensi ibu-ibu untuk mempersiapkan kebutuhan anak saat melakukan perjalanan. Jika kebutuhan anak sudah terpenuhi, maka anak akan merasa nyaman dan tidak rewel meskipun harus menempuh perjalanan jarak jauh. Saat ini juga ibu harus tetap memperhatikan kebersihan, tidak hanya kebersihan anak, namun juga kebersihan keluarga dan kendaraan selama liburan agar tetap bersih dan terhindar dari berbagai macam bakteri yang bisa menyebabkan sakit.

Bagaimana, sudah siap berlibur? Yuk jalan-jalan bareng Jackal Holidays Pariwisata! Happy Holidays!

Kunjungi akun instagram @jackalholidayspariwisata untuk baca informasi menarik lainnya!

Keywords: Tips Traveling, Tips Liburan, Liburan Anti Ribet, Liburan Sekolah, Liburan di Bandung, Bus Pariwisata, Sewa Mobil Bandung, Rental Mobil Bandung, Rekomendasi Wisata, Tempat Berlibur, Wisata Bandung, Kuliner Bandung

Oleh: Nadhifta Anindya

Leave a Reply

six + 10 =

Need Help? Chat with us