Single Blog Title

This is a single blog caption

Pintu Darurat Bus Ada di Sisi Kanan, Ini Alasannya!

Umumnya bus pariwisata bisa menampung banyak penumpang dalams sekali perjalanan. Bus merupakan salah satu moda transportasi darat yang digemari oleh para wisatawan untuk melakukan perjalanan. Namun, beberapa waktu kebelakang ini sering sekali terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus pariwisata. Kecelakaan yang sering terjadi yaitu bus terguling, terbakar, bahkan tabrakan di jalan raya. Hal ini tentunya menjadi perhatian banyak para wisatawan yang senang melakukan perjalanan menggunakan bus pariwisata. Dalam kondisi darurat ini, maka pintu darurat sangat berguna untuk penumpang keluar dari dalam bus dan menyelamatkan diri. Banyak pula yang menanyakan bagaimana faktor keamanan bus pariwisata. Faktor keamanan menjadi faktor yang penting untuk diperhatikan. Bus pariwisata yang baik, harus menyediakan berbagai macam alat untuk menunjang keamanan para penumpang. Biasanya di dalam bus pariwisata sudah disediakan pemukul kaca untuk memecahkan kaca bus dalam keadaan darurat apabila pintu tidak bisa dibuka. Selain itu harus tersedia APAR (Alat Pemadam Api Ringan) jika bus dalam keadaan darurat dan ada kobaran api yang menjalar. Nah, ternyata bus juga memiliki pintu darurat lho!

Wisatawan pasti suka sekali berlibur menggunakan bus pariwisata, selain nyaman, melakukan perjalanan dengan bus pariwisata juga bisa memuat banyak orang. Melakukan perjalanan jauh baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum pasti ada resiko yang akan kita hadapi. Salah satu resiko saat kita berkendara yaitu kecelakaan. Keadaan darurat seperti kecelakaan memang tidak bisa kita hindari, namun tentunya kita bisa mengantisipasi kejadian tersebut dengan berhati-hati saat berkendara. Selain itu, kita juga bisa menyiapkan peralatan yang bisa membantu kita jika dalam keadaan darurat. Peralatan darurat yang biasa tersedia di dalam bus yaitu, pemukul kaca, APAR (Alat Pemadam Api Ringan), hingga pintu darurat.

Pintu masuk dan keluar bus didesain berada di sebelah kiri bagian depan, tengah, atau belakang. Hal ini dikarenakan posisi setir bus yang berada di sebelah kanan. Namun, berbeda halnya untuk pintu darurat bus. Pintu darurat bus berada di sebelah kanan dan terletak di belakang. Apa alasannya ya?

Menurut Deddy Hermawan, Development Design Karoseri New Armada menyebutkan alasan posisi pintu darurat berada di sisi kanan belakang bus karena area tersebut paling buntu terhadap akses pintu keluar. Dalam keadaan darurat, penumpang bus yang duduk di kursi belakang bisa membuka pintu keluar darurat agar mudah untuk cepat keluar dari dalam bus dan tidak terhambat oleh penumpang lainnya. 

Jadi, dengan adanya tambahan pintu darurat, saat terjadi kecelakaan penumpang bisa lebih cepat untuk keluar dari dalam bus. Akses penumpang untuk keluar dari dalam bus akan lebih banyak, berada di depan, tengah, dan belakang di sisi kanan dan sisi kiri bus.

Selain pintu darurat yang berada di sisi kanan belakang bus, biasanya terdapat juga pintu darurat di bagian atas bus. Akses pintu darurat yang berada di atas bus untuk memudahkan penumpang keluar dari dalam bus jika terjadi kecelakaan dan posisi bus terguling.

Itu dia alasan mengapa pintu darurat bus diletakkan pada sisi kanan belakang bus. Selanjutnya kita bahas apalagi ya wisatawan?

Oh Iya, jangan lupa cek akun instagram @jackalhlidayspariwisata untuk melihat informasi menarik lainnya. Teman liburan nyaman, ya Jackal Holidays Pariwisata pilihannya. Yuk jalan-jalan bareng Jackal Holidays Pariwisata. Happy Holidays!

Keywords: Bus Pariwisata, Wisata Bandung, Pesona Indonesia, Pintu Darurat Bus, Kecelakaan Lalu Lintas, Penumpang Bus, Rekomendasi Wisata, Rental Mobil Bandung, Sewa Bus Pariwisata, Sewa Mobil Bandung, Jackal Holidays Pariwisata

Oleh: Nadhifta Anindya

Leave a Reply

fifteen + 19 =

Need Help? Chat with us