Single Blog Title

This is a single blog caption

Tips dan Trick Mengemas Makanan Beku untuk Hampers Lebaran

     Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang ditunggu khususnya untuk bertemu sanak saudara dikampung halaman. Namun, terkadang tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mudik. Salah satu cara agar wisatawan dapat menjaga kekeluargaan dan tetap berbagi kebahagiaan saat hari raya yaitu dengan mengirim parsel atau hampers. Ketika bulan puasa berakhir, banyak dari masyarakat yang mengirim parsel dan sering kali membawa makanan untuk dikampung halaman. Dikarenakan jam perjalanan dan kualitas makanan yang perlu dijaga seringkali wisatawan lebih memilih mengirim makanan frozen/beku. Frozen food dapat dikirim untuk dalam kota maupun jarak jauh luar kota bahkan antar pulau. Makanan yang dibekukan perlu dipastikan kualitasnya agar sampai ke tempat yang diinginkan dengan kualitas yang sama saat pengiriman baik dari segi bentuk maupun rasa. 

     Salah satu hal yang harus diperhatikan saat mengemas frozen food yaitu perkiraan durasi pengiriman dan kadaluarsa makanan yang akan dikirim. Sebaiknya wisatawan mennggunakan jasa pengiriman tercepat dan jasa pengiriman yang sudah sering digunakan agar terjamin kecepatan pengirimannya. Pengemasan dilakukan dengan hati-hati dan teliti agar lapisan kemasan tidak robek atau rusak diperjalanan, hindari menggunakan bahan yang tidak tahan air dan mudah rusak seperti kertas dan plastik yang tipis. Jangan lupa menggunakan plastik wrap yang dililit mengitari keseluruhan paket agar ketika frozen food mencir, tidak bocor dan merusak kemasan. Selain itu wisatawan juga dapat membungkus menggunakan alumunium foil pada bagian dalam agar suhu makanan yang dikirim tidak mudah berubah. Alumunium sering digunakan sebgai pembungkus makanan dikarenakan dapat menjadi penahan bagi cahaya dan oksigen. Selain itu juga alumunium dapat memantulkan energi pada makanan sehingga suhu, kelembapan, dan rasa dari makanan bisa terjaga.

     Pilihan lain agar makanan lebih kuat dan tahan lama jika wisatwan sering mengirim makanan beku dengan frekuensi yang tinggi bisa membeli mesin vakum sendiri. Kemasan hampa udara dapat membuat makanan lebih tahan dari guncangan dan mengurangi resiko makanan hancur selain itu saat makanan tertimpa makanan lain, kemasan vakum akan lebih tahan. Makanan yang dibungkus dengan mesin vakum kebersihannya lebih terjamin dikarenakan tidak adanya udara dan atau zat lain yang masuk ke dalam makanan. Kemasan kedap udara atau vakum juga menghemat ruang dan membuat dimensi paket lebih kecil dan menghemat biaya pengiriman. dan yang terakhir kemasan vakum memudahkan penerima membuka makanan dan menghindari rusaknya makanan saat paket dibuka dengan gunting atau benda tajam lainnya.

     Lapisan terluar dari makanan beku/ frozen food dapat menggunakan kotak kardus yang tebal dan diusahakan baru agar paket lebih kokoh saat ditumpuk dengan paket yang lainnya dipenyortiran. Jika terdapat ruang kosong pada kotak kardus wisatawan bisa mengisinya dengan potongan kardus/ bubble wrap apalagi jika tidak menggunakan mesin vakum sebaiknya bungkusan kotak kardus tidak dibiarkan ada ruang kosong. Jika wisatawan mengirim makanan yang mudah hancur sebaiknya menempelkan tanda “fragile” pada kardus dan memberi info kepada petugas sebelum mengirimkan paket. Gunakan perekat yang kuat saat menggunakan kardus hindari menggunakan perekat yang berbahan kertas agar perekat tidak sobek saat perjalanan. Yang terakhir sebelum paket makanan dikirim cek kembali paket dan pilihan jasa yang dipilih apakah sudah benar memesan jasa yang paling cepat atau jasa reguler. 

Nah, itu dia informasi dari cara pengiriman makanan beku sebagai hampers lebaran. Semoga bermanfaat!

Salah satu bus pariwisata yang terpercaya dan memiliki fasilitas lengkap yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menyewa bus adalah Jackal Holidays Pariwisata. Berdiri sejak tahun 1988, Jackal Holidays berkomitmen untuk membuat kamu nyaman selama perjalanan. Banyak pilihan armada yang dapat kamu gunakan mulai dari mini bus, medium bus, hingga big bus. 

Tertarik untuk menggunakan bus dari Jackal Holidays untuk berwisata? Kamu bisa kunjungi menu fleets untuk melihat berbagai bus terbaik atau konsultasikan kebutuhanmu dengan klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah. Kita tunggu kamu untuk berwisata dengan Jackal Holidays!

Penulis: Nada Faza

Keywords: pengemudi bus, bus pariwisata, sewa bus pariwisata, harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata, sewa bus, sewa bus murah, kernet bus, sopir bus, sewa bus pariwisata bandung, sewa bus bandung, rental mobil, rental mobil murah, hampers lebaran, parsel lebaran, makanan beku, frozen food.

Sumber : Dikemas.com

Leave a Reply

eleven + 7 =

Need Help? Chat with us