Single Blog Title

This is a single blog caption

Pentingnya Alat Penunjang Keselamatan di Dalam Bus Pariwisata!

Wisatawan tentu saja menginginkan perjalanan wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan bukan? Oleh sebab itu, ada beberapa persiapan perjalanan yang harus kamu cek dan pastikan keberadaannya lho! Ada banyak faktor keselamatan selama perjalanan yang wajib kamu ketahui. Kondisi kendaraan yang prima tentu menjadi perhatian yang sangat utama. Jika wisatawan menggunakan kendaraan yang prima, tentu saja keamanan saat perjalanan akan menjadi lebih terjamin. Selain itu, alat penunjang keselamatan di dalam kendaraan juga sangat penting lho! Wisatawan sebelum memulai perjalanan harus mengetahui kondisi dan cek keberadaan alat penunjang keselamatan di dalam bus pariwisata. Alat penunjang keselamatan berupa palu pemukul kaca, alat pemadam api ringan (APAR), hingga pintu darurat yang tersedia untuk wisatawan gunakan saat dalam kondisi darurat. Terkadang ada hal-hal yang tidak terduga dan tidak diinginkan terjadi saat dalam perjalanan, oleh sebab itu untuk meminimalisir dampak yang parah, setiap bus pariwisata harus dilengkapi dengan alat penunjang keselamatan. Wisatawan setidaknya harus mengetahui dimana alat tersebut tersimpan dan bagaimana cara menggunakannya. Yuk simak dan baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui lebih lanjut.

Baca Juga: Liburan Naik Bus ke Bali Emang Nyaman? Simak Penjelasannya!

Pentingnya Alat Penunjang Keselamatan di Dalam Bus Pariwisata

Setiap menggunakan bus pariwisata, wisatawan harus memastikan di dalamnya terdapat alat penunjang keselamatan. Ada beberapa alat penunjang keselamatan yang akan membantu wisatawan dalam melakukan upaya penyelamatan jika terjadi sesuatu yang tidak terduga dan tidak diinginkan selama perjalanan. Alat pemecah kaca dan alat pemadam api ringan (APAR) adalah dua alat yang wajib ada di dalam bus pariwisata.

Jika kedua alat ini tidak ada di dalam bus, maka penumpang bisa terjebak di dalam bus dengan kondisi yang sangat parah. Saat dalam kondisi darurat, penumpang harus cepat-cepat keluar dari dalam bus agar tidak terjadi hal yang lebih buruk lagi seperti bus terbakar ataupun hal bahaya lainnya.

Fungsi Alat Pemecah Kaca di Dalam Bus Pariwisata

Wisatawan harus mengetahui dimana letak alat pemecah kaya disimpan. Pastikan di dalam bus pariwisata setidaknya memiliki satu alat pemecah kaca. Biasanya alat pemecah kaca diletakan di posisi dekat jendela pada beberapa titik di dalam kabin bus. Alat pemecah kaca biasanya memiliki warna yang mencolok agar mudah terlihat oleh penumpang. Umumnya alat pemecah kaca ini berwarna merah ataupun oranye.

Ada beberapa bus pariwisata yang memiliki warna interior kabin bus yang mencolok. Oleh karena itu, bisa saja alat pemecah kaca diberi warna yang berbeda sehingga para penumpang mudah melihatnya. Bentuk alat pemecah kaca sangat simple dan ringkas, para penumpang bisa memegangnya dengan satu tangan.

Alat pemecah kaca akan sangat berguna apabila para penumpang terjebak dan tidak bisa keluar dari dalam kabin bus. Apabila pintu utama maupun pintu darurat kabin bus tidak bisa dibuka, maka penumpang bisa keluar dengan memecahkan kaca. Tidak perlu menggunakan tenaga yang besar, penumpang hanya cukup melayangkan pukulan kecil menggunakan alat pemukul kaca, maka kaca bus akan segera retak. Jika sudah retak, penumpang bisa mendorong kaca menggunakan tas ataupun benda lainnya ke arah luar. Ingat, jangan mendorong kaca menggunakan tangan kosong ya! Karena hal tersebut sangat berbahaya dan dapat melukai tangan.

Baca Juga: Pintu Darurat Bus Ada di Sisi Kanan, Ini Alasannya!

Fungsi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Dalam Bus Pariwisata

Alat pemadam api ringan (APAR) di dalam bus atau disebut juga dengan Fire Extinguisher merupakan barang yang wajib ada di dalam kabin bus. Wisatawan sebelum berangkat menggunakan bus pariwisata, sebaiknya menanyakan dimana letak alat pemadam api ringan (APAR) ini berada kepada crew yang sedang bertugas. Pastikan juga wisatawan melihatnya langsung ya!

Biasanya alat ini ditaruh di bagian kabin bus yang mudah terlihat oleh para penumpang. Biasanya alat ini berbentuk tabung kecil dan berwarna merah mencolok. Jika sudah memastikan kebenarannya, wisatawan harus mengetahui bagaimana cara menggunakannya.

Pertama-tama, wisatawan harus menarik kunci pengaman atau segel yang berada di atas tabung. Kedua, pegang bagian ujung selang dan arahkan ujung selang ke sumber api. Ketiga, wisatawan bisa menekan tuas yang berada di atas tabung menggunakan satu tangan dan tangan lainnya memegang selang. Keempat, kibaskan ujung selang pada sumber api secara perlahan sampai api berhasil dipadamkan.

Nah itu dia hal-hal penting yang wajib wisatawan ketahui sebelum berangkat perjalanan menggunakan bus pariwisata. Jika wisatawan mengalami hal darurat, pastikan jangan panik dan selalu dalam kondisi yang tenang ya wisatawan!

Yuk lihat langsung armada di Kantor Jackal Holidays Pariwisata Jl. Soekarno Hatta No. 593, Kota Bandung. Jackal Holidays Pariwisata siap menemani dan membuat setiap perjalanan wisatawan menjadi lebih menyenangkan! Happy Holidays!

Keywords: Kondisi Darurat, Kecelakaan Lalu Lintas, Alat Pemadam Api, Alat Pemukul Kaca, Alat Darurat, Alat Keselamatan, Bus Pariwisata Bandung, Jackal Holidays Pariwisata, Rental Mobil Yogyakarta, Sewa Bus Pariwisata, Kirim Paket Cepat, Pintu Darurat, Terjebak Dalam Bus, Fungsi APAR, Fungsi Pemukul Kaca, Keamanan Berkendara, Bus Fasilitas Lengkap, Alat Darurat di Bus

Oleh: Nadhifta Anindya

Leave a Reply

18 − one =

Need Help? Chat with us