Single Blog Title

This is a single blog caption

Kram Kaki Dalam Perjalanan? Begini Cara Mengatasinya!

Beberapa dari Jackalian, mungkin pernah ada yang mengalami kram kaki pada saat duduk di dalam mobil, bus atau transportasi saat perjalanan jauh? Biasanya yang terjadi berupa kram otot dan pegal linu dan terjadi di area tungkai kaki (seluruh bagian kaki dari pangkal atas sampai bawah). Kram otot kaki merupakan kondisi saat kaki tiba-tiba menegang dan jadinya membuat kamu tidak bisa rileks.

Biasanya, aktivitas yang kita lakukan dalam perjalanan tentu tidak banyak dan menyebabkan kaki berdiam diri selama berjam-jam. Lalu apa saja sih gejala kram otot di kaki? Biasanya penggunaan otot yang berlebihan, dehidrasi atau kekurangan cairan atau otot yang tegang karena kaki bertahan di satu posisi dalam waktu lama.

Nah, saat kamu sedang merasakan hal diatas kamu dapat menyingkirkan nya dengan memijat sendiri. Berdasarkan Buku Saku 1, Petunjuk Praktis Toga dan Akupresur, untuk meredakan kram otot atau pegal linu pada bagian tungkai bawah dapat dilakukan memberi tekanan pada bagian paha. Bukan hanya itu saja, karena relaksasi adalah kunci utama cara menghilangkan kram di kaki Berikut beberapa tips mengatasi kram kaki dalam perjalanan versi Jackal Holidays!

  1. Foot Supination Stretch

Foot supination ini cara mengatasi kram kaki dengan posisi duduk, kemudian lutut dilipat 90 derajat dan telapak kaki diletakkan di lantai. Secara perlahan-lahan telapak kaki kiri sedikit diangkat dan dihadapkan ke arah kaki yang lain sehingga dapat merasakan regangan pada ankle bagian luar. Tahan selama 3 detik dan lakukan gerakan tersebut sebanyak 3 kali dan sama untuk kaki kanan.

  1. Foot Pronation Stretch

Masih dalam posisi duduk, lutut dilipat 90 derajat dan kedua telapak kaki menginjak lantai. Ankle kiri diangkat sedikit dari lantai sehingga dalam posisi menggantung. Secara perlahan ankle tersebut digerakkan sehingga telapak kaki diusahakan menghadap ke arah luar dan merasakan regangan pada ankle bagian dalam bersama tungkai bawah bagian dalam.

  1. Foot Dorsiflexion Stretch

Untuk posisi ini, kedua lutut dilipat 90 derajat sehingga kedua telapak kaki menginjak lantai. Lutut kiri diluruskan dengan posisi ankle dalam keadan netral (tidak menghadap ke atas maupun ke bawah). Secara perlahan telapak kaki ditarik ke arah lutut sehingga merasakan regangan pada daerah dengkul bagian belakang betis. tahan selama 5 detik kemudian rileks.

Fungsi ketiga gerakan tersebut memberikan peregangan pada dengkul dan betis sehingga mencegah ketegangan pada ankle ataupun tungkai bawah dan kaki di saat perjalanan jauh. Selain melakukan tips diatas, yang harus diperhatikan juga salah satunya adalah memilih armada yang nyaman dan aman untuk menemi kamu mudik atau bepergian jauh, untuk itu kamu bisa pakai Jackal Holidays Pariwisata dengan penawaran fasilitas yang membuat kamu nyaman selama perjalanan dan sehingga kamu dapat tidur nyenyak selama perjalanan harganya pun terjangkau! Jadi kamu bisa hubungi kami melalui website atau DM ya.

Oleh : Selvi Esha Putri

Keyword : Jackal holidays, harga sewa bus pariwisata 2021, bus pariwisata bandung, jackal, cuci sepatu terdekat, kenek bus, bus jackal holiday, jackal holiday bus, ciri ciri bus, alami kram kaki, cara mengatasi kram, penyebab kram kaki

Leave a Reply

five × one =

Need Help? Chat with us