Single Blog Title

This is a single blog caption

Bus Klasik Koleksi Antik Mercedes-Benz Indonesia

    Salah satu jenis transportasi yang umum digunakan merupakan armada bus. Bus memiliki sejarah yang cukup panjang bahkan sempat menjadi pilihan transportasi yang utama ada saaat tahun 80-90an. Armada bus klasik yang digunakan kini diminati pedagang mobil bekas dan komunitas dari bus klasik itu sendiri.

     Mercedes-Benz merupakan salah satu merk bus yang banyak dijadikan transportasi di Indonesia. Pada awalnya Mercedes-benz model Victoria Phaeton dimiliki oleh Pakubuwono X yang merupakan raja dari kesultanan surakarta. Pada saat itu mobil tersebut menjadi kendaraan paing mewah dan teknologi paling maju bahkan mobil tersebut sering mnedapatkan julukan kereta setan. Julukan kereta setan tersebut muncul dikarenakan pada saat itu kendaraan yang sering dipakai oleh masyarakat pada umumnya yaitu kereta yang ditarik oleh kuda. sehingga, ketika adanya kendaraan yang dapat berjalan sendiri tanpa ditarik seekor kuda menjadi sesuatu yang baru dan tabu dikalangan masyarakat. 

     Salah satu jenis bus klasik yang menjadi koleksi bernilai adalah Mercedes-Benz 508D. Bus yang diproduksi tahun 1985 ini terlihat dalam kondisi baik dan utuh. Meurut pemilik,  bus Mercedes-Benz 508D tersebut didapatkan dari lelang salah satu perusahaan. Bus tersebut pada awalnya dipakai untuk transportasi atlet KONI, kemudian bus tersebut dipakai untuk antar-jemput karyawan salah satu perusahaan swasta.  Selain untuk menjadi koleksi bus klasik juga daat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain seperti foodtruck atau menjadi salah satu item pameran koleksi bus klasik.

     Salah satu pameran bus klasik yang pernah digelar yaitu  perhelatan pameran bus, truk, dan industri komponen otomotif atau IIBT 2016. Pada pameran tersebut ada 6 bus klasik yang dipamerkan. Salah satu jenis bus yang dipamerkan yaitu bus malam Lorena yang memiliki sasis produksi tahun 1973 dan merupakan bus pertama yang dimiliki Perusahaan Otobus GT Surbakti. 

      Bus lainnya yaitu Mercedes-Benz OF-1113 dengan mesin buatan tahun 1973 milik Perum Pengangkutan Jakarta (PDD). Bus tersebut hanya tersisa 2 buah dan dirawat oleh mekanik dari PDD. Adapula bus Mercedes-Benz OH306 OH1518 yang diproduksi pada tahun 1990 dan sempat menjadi bus untuk kunjungan anggota DPR-RI. Bus klasik lain yang sempat dijadikan operasional negara yaitu Mercedes-Benz OH408 OH-1518 yang diproduksi oleh Volgren Australia dan dijadikan bus kota PPD. Bus tahun 1990 lainnya yang dipamerkan yaitu Mercedes-Benz 508i yang cukup familiar dengan wisatawan yang sering berpergian naik pesawat.

Nah, itu dia informasi dari Bus Klasik Mercedes-Benz. Semoga bermanfaat!

Salah satu bus pariwisata yang terpercaya dan memiliki fasilitas lengkap yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menyewa bus adalah Jackal Holidays Pariwisata. Berdiri sejak tahun 1988, Jackal Holidays berkomitmen untuk membuat kamu nyaman selama perjalanan. Banyak pilihan armada yang dapat kamu gunakan mulai dari mini bus, medium bus, hingga big bus. 

Tertarik untuk menggunakan bus dari Jackal Holidays untuk berwisata? Kamu bisa kunjungi menu fleets untuk melihat berbagai bus terbaik atau konsultasikan kebutuhanmu dengan klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah. Kita tunggu kamu untuk berwisata dengan Jackal Holidays!

Oleh: Nada Faza

Keywords: pengemudi bus, bus pariwisata, sewa bus pariwisata, harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata, sewa bus, sewa bus murah, kernet bus, sopir bus, sewa bus pariwisata bandung, sewa bus bandung, rental mobil, rental mobil murah, mercedes, Mercedes-benz, bus klasik, koleksi bus

Sumber: Kumparan.com

Leave a Reply

10 − 1 =

Need Help? Chat with us