Single Blog Title

This is a single blog caption

Kenali 3 Perbedaan Bus Mesin Depan dan Belakang

Secara umum, bus terbagi atas dua macam letak posisi mesin, yaitu depan dan belakang. Sekilas memang terlihat seperti tidak ada perbedaan, tapi tiap tipe memiliki ciri khas masing-masing. 

Biasanya, bus dengan mesin depan sering ditemukan sebagai angkutan kota. Itu sebabnya setiap kali duduk di bagian depan, suara mesinnya terdengar jelas. Berbeda dengan bus mesin belakang, tipe ini biasanya ditemukan untuk angkutan jarak jauh. Oleh karena itu ketika melangkahkan kaki masuk atau duduk di bagian depan bus akan terasa senyap. 

Selain hal tersebut, ada beberapa perbedaan lain dari dua tipe tersebut. Mulai dari detail fisik hingga tugasnya. Yuk, kita bahas sama-sama!

  1. Bus mesin depan ideal untuk bus ekonomi

Tipe bus dengan mesin di depan biasa digunakan untuk bus perkotaan tipe ekonomi atau AC ekonomi. Karena tugasnya untuk jarak pendek hingga menengah, akan cocok menggunakan mesin depan yang secara output tenaga dan torsi lebih terasa di putaran awal. 

Sementara bus bermesin belakang ideal untuk rute perjalanan jauh atau rute bus Antar Kota Antar Provinsi yang lajunya cenderung kontstan. Selain itu tipe ini akan terasa nyaman untuk penumpang karena hawa panas tidak mudah masuk ke kabin. 

  1. Bus mesin depan punya gundukan di kabin depan 

Secara fisik, bus mesin depan memiliki pijakan kaki yang tinggi, kemudian terdapat gundukan besar pada bagian depan kabin bus. Gundukan ini adalah ruang jantung mekanis dari bus. Ini sebabnya posisi jok pengemudi lebih rendah atau selevel dengan gundukan tadi. 

Berbeda dengan mesin belakang, tangganya cenderung punya step yang lebih mudah diraih. Gang untuk lewat penumpangnya juga terbilang lebar dan leluasa. 

  1. Bus mesin belakang tidak punya grille 

Dari eksteriornya, bus mesin belakang pada bagian moncongnya tidak terdapat grille seperti halnya mobil pada umumnya. Hanya terdapat panel bodi tertutup yang biasanya memisahkan mika lampu. Makanya secara tampilan lebih ‘bersih’.

Adapun grille atau kisi-kisi udara bus bermesin belakang dipindah ke samping buritan bus. Umumnya berupa panel besi yang berlubang sebagai lubang angin.

Nah, itu adalah beberapa perbedaan dari bus bermesin depan dan belakang. Kalau Wisatawan lebih nyaman naik bus dengan tipe yang mana, nih? 

Penulis : Safira Fildzah

Keyword: Bus pariwisata, bus mesin depan, bus mesin belakang, bus nyaman, bus antar kota antar propinsi, bus dalam kota,  sewa bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus murah, sewa mobil bandung, rental mobil bandung, sewa mobil harian, sewa mobil murah, sewa mobil lepas kunci, rental mobil murah, rental mobil aman.

Leave a Reply

nineteen + 4 =

Need Help? Chat with us