Single Blog Title

This is a single blog caption

Destinasi Wisata Budaya Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17.000 pulau, selain itu Indonesia juga terdiri dari 300 suku yang tersebar di berbagai daerah. Misalnya saja suku Sunda, Jawa, Dayak, Melayu, dan yang lainnya. Di dalam keberagaman suku tersebut juga terdapat bahasa daerah yang memiliki ciri khas tersendiri. 

Di dalam pariwisata berbasis budaya, terdapat 12 unsur kebudayaan yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata budaya Indonesia. Berikut ini unsur-unsur kebudayaan yang dapat menarik wisatawan untuk datang berkunjung.

  1. Bahasa (language)
  2. Masyarakat (traditions)
  3. Kerajinan tangan (handicraft)
  4. Makanan dan kebiasaan makan (foods and eating habits)
  5. Musik dan kesenian (art and music)
  6. Sejarah suatu tempat (history of the region)
  7. Cara Kerja dan Teknologi (work and technology)
  8. Agama (religion)
  9. Bentuk dan karakteristik arsitektur di daerah wisata (architectural characteristic in the area)
  10. Tata cara berpakaian penduduk setempat (dress and clothes)
  11. Sistem pendidikan (educational system)
  12. Aktivitas pada waktu senggang (leisure activities)

Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi :

https://www.templepurohit.com/hindu-temple/prambanan-temple/
  1. Candi Prambanan 

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia dan dibangun pada abad ke 9 masehi. Lokasi dari Candi Prambanan ini berada di perbatasan dari 2 kabupaten yakni Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Terlepas dari itu semua, untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat ini aksesnya cukup mudah. Karena sudah dapat dijangkau oleh transportasi umum.

https://www.tiket.com/to-do/sharing-open-trip-desa-adat-penglipuran-by-fayn-bali
  1. Desa Panglipuran

Destinasi wisata budaya berikutnya terletak di Kabupaten Bangli, Bali. Desa Penglipuran terkenal akan masyarakatnya yang masih menjalankan serta melestarikan budaya Bali di dalam kehidupan mereka. Desa adat ini banyak didatangi wisatawan baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara karena bangunan rumahnya yang menarik. Apabila Anda pergi ke Bali, jangan lupa untuk datang berkunjung ke Desa Penglipuran ini ya.

https://mpotimes.id/uniknya-desa-wae-rebo-masuk-daftar-warisan-budaya-dunia-unesco
  1. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo ini terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa adat ini berada di ketinggian 1200 mdpl, akses jalan menuju ke desa ini tidaklah mudah. Meskipun demikian, jerih payah Anda untuk sampai ke desa adat ini akan tergantikan dengan keindahan alamnya yang eksotis. Salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan ialah bentuk arsitektur dari rumah adat Mbaru Niang ini.

https://www.celebes.co/desa-kete-kesu-tana-toraja
  1. Tana Toraja

Salah satu destinasi wisata budaya di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi ialah Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Rumah adat Tongkonan di Desa Pallawa dan Desa Kete Kesu termasuk daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Tana Toraja. Selain itu kebudayaan penduduknya yang kental juga menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Bahkan upacara pemakaman penduduknya yang unik juga menjadi daya tarik wisatawan.

https://eticon.co.id/destinasi-wisata-budaya/
  1. Desa Adat Ratenggaro

Desa Adat Ratenggaro ini terletak di Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Kampung adat ini berjarak sekitar 56 km dari ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya yakni Tambolaka. Untuk menuju ke kawasan ini, wisatawan bisa menyewa kendaraan atau menggunakan jasa travel dari Tambolaka. Karena memang belum ada akomodasi umum yang bisa digunakan wisatawan untuk berkunjung ke Desa Adat Ratenggaro.

Dari Tambolaka, Anda akan menempuh waktu sekitar 1,5 jam hingga 2 jam melalui jalur darat yang beraspal. Namun jangan khawatir, akses menuju ke desa adat ini dipelihara dengan baik jadi kondisi jalannya juga baik. Di kampung adat ini Anda akan melihat sejarah peninggalan dari manusia di zaman megalitikum. Di sini terdapat 304 kubur batu megalitikum yang umurnya sudah mencapai ribuan tahun.

Berikut adalah 5 referensi tempat wisata untuk mengenal budaya Indonesia lebih dalam, Mari bersama-sama bersatu untuk melestarikan warisan budaya Indonesia agar tidak rusak dan tetap terjaga sebagaimana mestinya. Dengan menjaga dan melestarikan kebudayaan dapat berpengaruh terhadap perkembangan pariwisata di Indonesia, baik di masa ini maupun di masa yang akan datang.

Untuk wisatawan dari luar Bandung yang akan berkunjung ke Bandung bersama keluarga ataupun bersama rekan kantor dan memerlukan armada bisa menggunakan Jackal Holidays Pariwisata lho!  Jackal Holidays Pariwisata ini bukan transportasi sembarangan, karena Air Conditioner, 3 LCD TV, Karaoke, Audio, Video, USB Port, Reclining Seat, Wifi, Cool Box, Bantal Selimut, Luggage Rack. Jadi selama di perjalanan Wisatawan tidak akan merasa bosan ataupun mati gaya deh..

Wisatawan juga bisa sewa bus di Jackal Holidays Pariwisata untuk bepergian kemanapun lho!

Untuk informasi lebih lanjut, wisatawan bisa menghubungi kontak kami ya!

Keyword: harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata 2021, harga sewa bus pariwisata bandung, harga sewa bus pariwisata bandung pangandaran,harga harga sewa bus pariwisata bandung jogja, harga sewa bus pariwisata jackal holiday bandung,harga sewa bus pariwisata bandung pangandaran 2021, rental mobil bandung, fungsi palu merah di kendaraan umum, fungsi palu merah, fasilitas kendaraan umum, tempat wisata budaya, tempat wisata bersejarah, tempat wisata indah indonesia, tempat wisata unik

Prambanan Temple

Leave a Reply

eighteen + fourteen =

Need Help? Chat with us