Single Blog Title

This is a single blog caption

Ingin Foto Liburan Kamu Lebih Menarik? Ikuti Tips Berikut Ini!

Liburan gak lengkap rasanya kalau gak punya foto-foto yang instagramable buat di upload ke media sosial, bukan begitu? Wisatawan bisa memotret pemandangan, kegiatan yang sedang dilakukan, hingga foto-foto selfie bersama orang tersayang. Karena itu, banyak wisatawan yang tak pernah ketinggalan untuk membawa kamera saat melakukan perjalanan wisata. Kamera yang digunakannya juga bisa sangat beragam, mulai dari kamera pocket, kamera mirrorless, kamera handphone, bahkan sampai ada yang niat membawa kamera profesional lengkap dengan lensanya. Tapi wisatawan tau tidak sih faktor lain yang bisa membuat hasil foto menjadi lebih bagus dan menarik? Foto yang bagus tidak hanya bergantung dari kamera yang digunakannya saja loh, tetapi juga dipengaruhi orang kemampuan orang yang mengambil foto dan teknik yang digunakaan. Wisatawan bisa menciptakan foto yang menakjubkan hanya dengan kamera ponsel. Mau tau bagaimana cara membuat hasil foto kamu jadi lebih bagus dan menarik? Baca artikel ini sampai akhir ya!

Baca Juga: Tips Membawa Kamera Saat Travelling Agar Tetap Aman

  1. Ambil Gambar dari Sudut Pandang yang Unik

Wisatawan bisa memperhatikan objek foto dengan seksama dan cari sudut pandang yang unik untuk mengambil foto. Jika biasanya mengambil foto dari posisi kita berdiri atau duduk, cobalah mengambil foto dengan posisi kamera yang lebih rendah atau lebih tinggi. Menentukan sudut pandang foto yang tepat memang sedikit sulit, namun ketika kamu sudah menemukan sudut pandang yang tepat maka hasil foto kamu akan jauh lebih menarik dan terlihat sangat unik.

  1. Perhatikan Komposisi Foto

Mungkin sebagian besar orang tidak mengetahui ada beberapa komposisi yang bisa membuat hasil foto jadi lebih menarik. Ada beberapa aturan tidak tertulis tentang peletakan objek dalam frame foto. Pertama, aturan Rule of Thirds yang meletakan objek dalam foto pada sepertiga frame. Kedua, aturan Golden Ratio yang menempatkan objek pada perbandingan 1.6 dala frame. Ketiga, aturan ini meletakan objek tepat di tengah-tengah frame foto. Ketiga aturan ini tidak ada yang benar dan tidak ada pula yang salah, wisatawan bisa menggunakan aturan yang mana saja untuk membuat hasil foto menjadi lebih menarik.

  1. Membuat Objek Foto Lebih Sederhana

Demi membuat hasil foto yang menakjubkan tidak perlu dengan teknik yang ribet ataupun objek foto yang banyak. Cukup fokus dengan satu objek yang ingin kamu ambil gambarnya, kemudian potret menggunakan kamera kamu. Biasanya hasil spontan dari sebuah foto malah akan membuat sesuatu yang menakjubkan dan unik.

  1. Menggunakan Bingkai Alami dalam Foto

Perhatikan sekelilingmu dan temukan objek foto dengan bingkai alami yang menarik pandangan. Bingkai alami ini bertujuan untuk menambah kesan ruang dalam foto yang kamu ambil. Banyak bingkai alami yang dapat kamu gunakan, misalnya dinding, jendela, dahan pohon, dedaunan, gapura, dan lain sebagainya.

  1. Membuat Skala dari Objek yang Digunakan

Wisatawan bisa membuat foto terlihat mempunyai volume dan ruang dengan menggabungkan berbagai objek satu dan objek lainnya. Misalnya wisatawan ingin memotret air terjun, bisa ditambahkan orang ataupun objek lainnya yang mendukung agar makna dari hasil fotomu tersampaikan.

  1. Mengambil Foto Saat Golden Hour

Keindahan alam memang sangat menakjubkan untuk dinikmati. Wisatawan juga bisa memotret foto saat golden hour dimana langit menghasilkan warna yang sangat indah dibanding biasanya yang hanya berwarna biru. Golden hour ini biasanya terjadi saat matahari terbit dan saat matahari terbenam. 

  1. Mengambil Foto Panorama

Sudah banyak kamera yang bisa menggunakan mode panorama saat mengambil gambar. Teknik foto ini akan membuat hasil foto kamu menjadi lebih luas dengan berbagai macam objek foto yang berada di dalam satu frame foto.

  1. Menggunakan Grid Foto

Garis bantu saat mengambil foto akan memudahkan kamu untuk meluruskan hasil foto yang dihasilkan. Dengan bantuan grid juga, hasil foto kamu akan jauh terlihat rapi dan sangat presisi.

  1. Temukan Tempat Hidden Gem

Jika berkunjung ketempat wisata pasti wisatawan sudah mengetahui tempat mana yang wajib diambil gambarnya. Namun, wisatawan bisa membuat foto kamu menjadi unik dengan mengambil spot-spot foto di tempat tersebut yang tidak banyak orang tau. Dengan begitu foto kamu akan menjadi unik dan berbeda dengan hasil foto orang lain.

Baca Juga: Potensi Wisata Unik, Ini Dia Arti Hidden Gem!

Nah itu dia beberapa tips untuk membuat hasil foto kamu menjadi lebih bagus dan menarik. Sudah siap pergi liburan? Yuk liburan bareng Jackal Holidays Pariwisata! Happy Holidays!

Jangan lupa follow akun instagram @jackalholidayspariwisata untuk melihat informasi menarik lainnya ya wisatawan!

Keywords: Teknik Foto, Tips Kamera, Foto Instagramable, Kamera Mahal, Kamera Terbaik, Kamera Unik, Foto Unik, Foto Sejuta Umat, Liburan Seru, Destinasi Wisata, Wisata Bali, Wisata Yogyakarta, Candi Borobudur, Instagram Story, Jackal Holidays Pariwisata, Jackal Holidays Shuttle, Traveloka, Travel Bandung Jakarta, Kirim Paket Cepat, Tempat Hidden Gem, Rekomendasi Kamera, Rekomendasi Tempat Foto, Tips Liburan

Oleh: Nadhifta Anindya

Leave a Reply

12 + 9 =

Need Help? Chat with us