Single Blog Title

This is a single blog caption

Cara Merawat Bus Dengan Tepat

Oleh : Karina Eka Putri

Bus menjadi salah satu pilihan transportasi umum darat selain kereta api untuk melakukan perjalanan. Oleh karena itu kesiapan teknis dan kondisi bus perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah saat perjalanan. 

Menjaga bus dalam keadaan baik, tidak hanya dengan memberikan kenyamanan pada penumpang. Namun, bisa memperpanjang usia bus. Berikut ini adalah cara merawat bus, agar bus tetap dalam performa terbaik.

1. Lakukan Pemeriksaan Mesin

Lakukan pengecekan mesin secara berkala dan tentunya sebelum melakukan perjalanan dengan sangat teliti. Dengarkan suara mesin apakah ada bunyi-bunyi aneh, periksa v-belt serta cek tangki oli karena sangat berpengaruh pada kinerja mesin.

2. Cek Pelumas

Selain untuk mencegah terjadi masalah keausan pada mesin, tanpa ada sistem pelumasan yang baik, komponen-komponen yang ada di dalam mesin pasti tidak akan bekerja maksimal. Pastikan semua komponen mendapat pelumas yang tepat, mulai dari mesin, transmisi hingga suspensi karena sering terjadi gesekan antar komponen.

3. Periksa Transmisi dan Gardan

Transmisi dan gardan adalah salah satu komponen penting yang masih termasuk bagian dari sistem penggerak kendaraan sehingga keberadaan dan perawatannya sangatlah diperlukan. Pengecekan di bagian ini meliputi pemeriksaan propeller shaft, gardan, dll, agar bus dapat beroperasi maksimal.

4. Periksa Understeel

Pemeriksaan bagian ini sangat penting karena berhubungan dengan keselamatan. Di bagian ini banyak sekali komponen-komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan, meliputi ketebalan kampas rem, sistem rem, suspensi, dan spooring.

5. Sistem Pendingin

Sistem pendinginan tak kalah penting karena sangat diperlukan sekali agar tidak terjadi overheat, lakukan pengecekan kondisi air pendingin dan radiator.

6. Bersihkan Filter Udara

Untuk menjaga agar kondisi mesin selalu fit maka perlu dilakukan pembersihan filter udara dari debu dan kotoran yang dapat menghambat kinerja mesin.

7. Cek Kondisi Ban

Pemeriksaan kondisi Ban, jika karet ban sudah halus (gundul) maka sangat berbahaya jika di jalan yang licin misalnya ketika turun hujan. Oleh karena itu pastikan ban tidak gundul agar saat dilakukan pengereman agar bus tidak tergelincir.

8. Periksa Sistem Kelistrikan

Bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) biasanya melakukan perjalanan di malam hari, karena itu sangat membutuhkan penerangan yang cukup. Lakukan pengecekan sistem kelistrikan guna memastikan lampu-lampu dalam kondisi baik.

Yuk sewa bus dari Jackal Holidays, Kami selalu memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pelanggan agar suasana liburan makin seru dan mudah bersama keluarga. Kamu bisa sewa bus murah di Bandung dengan memilih Jackal holidays Pariwisata yang sudah 32 tahun berpengalaman dengan armada yang mewah dan murah! Tak hanya bus pariwisata, Jackal Holidays menyediakan mini bus seperti Toyota Hiace, Isuzu Long elf, Mitsubishi Coaster dan Toyota Vellfire. Tunggu apalagi? Yuk, liburan aman dan nyaman bersama Jackal Holidays.

Bus aman, sewa bus aman, cara merawat bus, cara merawat kendaraan, cara merawat mobil, tempat wisata keluarga, sewa hiace, sewa bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus murah, sewa mobil bandung, rental mobil bandung, sewa mobil harian, sewa mobil murah, sewa mobil lepas kunci, rental mobil murah, rental mobil aman.

Leave a Reply

8 + three =

Need Help? Chat with us