Single Blog Title

This is a single blog caption

5 Tips Mengambil Foto Keren dengan Kamera Smartphone

     Pernah mengalami kondisi ingin dapat hasil foto yang bagus tapi alat pendukung yang kita miliki hanya handphone saja? Tenang dan jangan insecure Jackalian! Karena menerapkan teknik fotografi melalui smartphone juga bisa tetap oke selagi kamu menerapkan skill yang mumpuni. Apalagi kalau Jackalian sedang berlibur dan rasanya cukup ribet kalau harus membawa kamera professional kemana-mana. 

Ini dia tips mengambil foto agar tetap keren dengan kamera smartphone-mu,

Utamakan Fokus pada Objek

Saat kamu menggunakan fitur zoom karena kesan nya ingin terlihat lebih detail pada objek, mending kurangin deh! Kamu lebih baik fokus dengan mendekati Objek karena kalau fitur zoom dampaknya resolusi akan cenderung menurun. Jadi, cara mengutamakan fokus pada objek adalah mendekatinya dengan cara manual agar foto lebih maksimal.

Perhatikan Komposisi Gambar

Pernah dengar kalimat Bagaimana Cara Foto Bercerita? Salah satunya dengan memperhatikan komposisi gambar. Kamu dapat menggunakan teknik fotografi yang disebut rule of third, yang artinya kamu dapat membagi bidang foto menjadi tiga bagian secara vertikal dan horizontal.

Biasanya terdapat fitur gridlines smartphone, ini bisa kamu gunakan di handphone kamu, kemudian tempatkan objek foto yang ingin difokuskan pada pertemuan garis atau sepanjang garis tengah. Karena teknik tersebut membantu kamu untuk mengambil foto yang proporsional.

Perhatikan Shutter Speed

Tips selanjutnya adalah dengan mengatur Shutter Speed. Teknik ini juga cukup berguna untuk kamu yang ingin mengambil foto dengan cahaya yang diserap oleh kamera. Untuk beberapa smartphone yang tidak terdapat fitur Shutter Speed bisa download aplikasi nya terlebih dahulu.

Setelah fitur tersebut diaktifkan, kamu dapat memiliki kecepatan kamera misalnya 3 detik, 5 detik. Karena semakin lama kecepatan dari shutter speed akan semakin menyerap banyak cahaya dan jika semakin cepat maka akan semakin sedikit menyerap cahaya.

Menggunakan fitur HDR pada Waktu yang Tepat

Sebagai orang yang menyukai fotografi mungkin kamu tidak asing dengan HDR, karena fitur ini terpampang jelas saat kamu membuka kamera. HDR atau High Dynamic Range dapat kamu gunakan untuk mengatur tingkat pencahayaan dengan lebih dinamis. Ini akan sama dengan shutter speed namun yang membedakan adalah pengaturan cahaya sesuai dengan kebutuhan kondisi di sekitar objek. Jadi, HDR ini akan membantu kamu menghasilkan foto yang tampak lebih terang atau cerah.

Stabilkan Tangan Kamu

Selain memanfaatkan fitur-fitur diatas, yang perlu diperhatikan sebagai kunci utamanya adalah menstabilkan tangan kamu. Karena kalau tanganmu bergetar dan bergoyang, maka hasilnya juga akan cenderung blur atau tidak jelas. Mungkin kamu bisa menyiasatinya dengan Tripod kamera HP. Sehingga kamu bisa memotret objek dengan maksimal tanpa hasil foto yang goyang sedikitpun.

Setelah kamu pelajari beberapa tips pengambilan foto diatas, saatnya untuk merencanakan kembali tour holiday mu untuk bisa mengumpulkan memori dari hasil fotomu dan tetap up-to-date dengan informasi menarik dari Jackal Holidays Tour ya! Karena kami selalu mengatur perjalanan wisata yang pastinya menyenangkan sesuai kebutuhan Jackalian. Tetap patuhi protokol kesehatan juga ya!

Oleh : Selvi Esha Putri

Keyword : foto aesthetic, tips foto, tips foto menarik, tour wisata, paket wisata, sewa Bus Bandung, sewa Bus Pariwisata, tips foto Android, sewa bus tour, paket holidays, tips fotografi, tips foto keren, tips liburan, sewa mobil murah, sewa mobil Bandung, sewa travel bandung, sewa travel murah

Image Source : Unsplash

Leave a Reply

9 + 15 =

Need Help? Chat with us