Single Blog Title

This is a single blog caption

Apa Sih Perbedaan Bus Bermesin Depan dan Belakang?

Meskipun sekilas terlihat serupa, bus dapat dibagi atas dua letak posisi mesinnya, yaitu di depan dan di belakang. Masing-masing tipe memiliki ciri khas dan fungsi sendiri. Bus dengan mesin yang terletak di depan paling sering ditemui sebagai transportasi angkutan kota, sedangkan yang letak mesinnya di belakang seringkali ditemukan pada bus jarak jauh atau AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). 

Perbedaan yang pertama adalah bahwa bus dengan mesin di depan lebih ideal untuk menjadi bus ekonomi. Mirip dengan mobil bermesin depan, tenaga dan torsi bus ini lebih terasa di putaran awal. Karena fungsinya pada jarak pendek hingga menengah, serta sesekali berhenti untuk mengambil dan menurunkan penumpang, disarankan untuk menggunakan bus dengan mesin depan. Sedangkan bus bermesin belakang ideal untuk  perjalanan jauh atau perjalanan yang cenderung konstan dalam kecepatan. Selain itu, karena letak mesin yang jauh dari kabin, udara panas tidak mudah masuk ke dalam kabin, sehingga  mewujudkan kenyamanan yang dibutuhkan penumpang.

Perbedaan secara fisiknya bisa dilihat pada gundukan di bagian kabin depan yang ada di bus bermesin depan. Biasanya pada bus jadul, gundukan ini digunakan sebagai tempat duduk  penumpang. Gundukan tersebut merupakan ruang jantung mekanis  bus. Posisi jok pengemudinya lebih rendah, atau setara dengan gundukan tadi. Bentuk ini juga terkadang membuat jalan masuk para penumpang semakin sempit. Berbeda dengan bus mesin belakang. Tangganya lebih pendek, dan lorong untuk dilewati penumpang juga cukup lebar untuk lewat penumpang. Kendala terbesar adalah kursi lipat yang berada di tengah kabin depan bus.

Terakhir, pada moncong bus bermesin belakang tidak terdapat kisi-kisi udara atau grille seperti mobil pada umumnya, dan hanya terdapat panel bodi tertutup yang seringnya memisahkan mika lampu, karena itu terlihat lebih rapih. Grille pada bus dengan mesin di belakang terdapat di samping buritan bus, yang biasanya berbentuk panel besi berlubang sebagai lubang angin. Sedangkan pada bus bermesin di depan kebalikannya, grille terletak pada bagian moncong bus, yang membuat bagian belakang dari bus tersebut terlihat polos.

Sekian perbedaan bus bermesin depan dan belakang. Menarik, bukan? Bagi kamu yang tertarik untuk menyewa armada untuk bepergian, langsung hubungi admin Jackal Holidays Pariwisata yang tertera di website, ya!

Oleh : Yarra Fakhiratunnisa Aini

Keyword: harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata 2021, harga sewa bus pariwisata bandung, harga sewa bus pariwisata bandung pangandaran, harga harga sewa bus pariwisata bandung jogja, harga sewa bus pariwisata jackal holiday bandung,harga sewa bus pariwisata bandung pangandaran 2021, rental mobil bandung, perbedaan bus, bus mesin depan, bus mesin belakang

Leave a Reply

fourteen − 3 =

Need Help? Chat with us