Single Blog Title

This is a single blog caption

5 Fakta Menarik Perayaan Nyepi Bagi Masyarakat Hindu di Bali

Hari Raya Nyepi adalah salah satu hari besar yang dinantikan oleh masyarakat Hindu, khususnya masyarakat Bali. Berbeda dengan perayaan hari besar yang semarak, Hari Raya Nyepi justru memberikan sensasi yang unik untuk Pulau Dewata. 

Bahkan sebelum adanya Covid-19, saat pelaksanaan Nyepi, Bali yang ramai akan mendadak diam dan tenang dalam sehari penuh. Berbeda jauh dengan kebanyakan perayaan upacara adat di Bali yang meriah dengan beragam tradisi. Kamu tidak akan melihat warga yang beraktivitas, padamnya layanan seluler, dan fakta-fakta unik lain yang akan kita bahas kali ini. 

  1. Hanya dilaksanakan di Indonesia 

Hari Raya Nyepi merupakan salah hari besar keagamaan Hindu Bali yang berasal dari India. Dirayakan setahun sekali, Nyepi ternyata hanya dilakukan di Indonesia saja untuk merayakan Tahun Baru Saka.

Melalui Nyepi, masyarakat Hindu Bali memaknai pergantian tarikh Saka sebagai bagian dari introspeksi diri. Sekaligus, merayakan persatuan, kebangkitan, dan juga pembaharuan.

  1. Memperingati momen persatuan suku dan agama yang berbeda

Bertepatan dengan Tahun Baru Saka, Nyepi menjadi momentum untuk mengenang keberhasilan Raja Kaniskha I yang memimpin suku Saka dalam memenangkan pertikaian antar suku bangsa di India. 

  1. Tidak ada layanan internet, siaran televisi, dan radio

Mengikuti himbauan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), untuk memperingati Hari Raya Nyepi, operator telekomunikasi dan seluler akan memadamkan jaringan internet di Bali.

Meski begitu, tempat-tempat vital seperti rumah sakit, kantor polisi dan militer, pemadam kebakaran, BPBD, BMKG, BASARNAS, dan bandara masuk ke dalam kawasan yang dikecualikan. Selain internet, siaran radio dan televisi sudah juga dimatikan sementara untuk memperingati Hari Raya Nyepi.

  1. Hari Nyepi mereduksi emisi dari Gas Karbon Dioksida (H2O) sebanyak 20.000 ton dalam sehari
  1. World Silent Day” yang di rayakan setiap tgl 21 Maret terinspirasi oleh Hari Raya Nyepi, dan di-acc oleh PBB.

Nah apa kamu tertarik untuk merasakan hari Raya Nyepi langsung di Bali? Ajak sahabat dan keluarga untuk berkunjung ke Bali bareng Jackal Holidays Pariwisata. Hubungi kami melalui WhatsApp, ya! 

Oleh : Safira Fildzah

Keyword: Hari raya nyepi, fakta unik bali, fakta unik nyepi, hari raya, bali,  bus pariwisata nyaman, sewa mobil liburan, sewa bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus murah, sewa mobil bandung, rental mobil bandung, sewa mobil harian, sewa mobil murah, sewa mobil lepas kunci, rental mobil murah, rental mobil aman

(foto : https://www.freepik.com/free-photo/bali-pagoda-indonesia_4694027.htm)

Leave a Reply

14 − four =

Need Help? Chat with us