Single Blog Title

This is a single blog caption

Tugas Kernet Bus Selama Perjalanan

Ketika menaiki bus antar kota atau antar provinsi, jika diperhatikan, pengemudi bus tidak sendirian ketika sedang mengemudikan bus. Biasanya supir ditemani oleh satu asisten pengemudi atau disebut kernet. Namun, tidak hanya pada bus antar kota antar provinsi saja, bus lain seperti bus pariwisata atau bus dalam kota juga pengemudi ditemani oleh kernet. Lalu muncul pertanyaan, apa saja tugas kernet bus ketika dalam perjalanan? Yuk, simak beberapa tugas kernet dibawah ini. 

  1. Melayani Penumpang

Tugas utama dari kernet yaitu melayani penumpang. Dari mulai mengecek daftar penumpang, hingga membantu membawa barang bawaan penumpang sekaligus menata dan merapikan barang-barang tersebut ke dalam bagasi. Bisa dibilang, kernet bertugas seperti pramugara/pramugari. 

  1. Melakukan Pengecekan Kendaraan

Adapun tugas kernet untuk membantu mengecek kendaraan dan perbaikan ketika unit standby. Saat para penumpang turun dari bus, kernet akan melakukan pengecekan kendaraan secara berkala serta menjaga kebersihan interior dan eksterior. Kernet akan mengontrol bus pariwisata saat dalam pemberhentian atau saat parkir istirahat. Kernet juga harus siap mengantisipasi kerusakan-kerusakan kecil yang mungkin terjadi seperti ban bocor, AC tidak menyala, dan lain sebagainya. 

  1. Menjadi Co-Driver

Selain melayani penumpang dan melakukan pengecekan kendaraan, kernet juga bertugas sebagai co-driver. Kernet harus bisa memperhatikan kondisi jalan, memberi aba-aba saat melewati jalan yang padat atau sempit, hingga membantu sopir saat hendak parkir untuk mengantisipasi blind spot.

  1. Sebagai Operator

Saat dalam perjalan yang cukup jauh, tentunya penumpang menginginkan hiburan. Saat itu, kernet dapat membantu mengoperasikan DVD player dan TV untuk penumpang.

Tidak semua kernet bisa menjadi sopir pengganti. Ada beberapa perusahaan bus pariwisata yang memperbolehkan kernet untuk menggantikan sopir mengemudi, ada beberapa yang tidak memperbolehkan. Hal ini dikarenakan pengemudi harus memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup untuk mengendarai bus. Jika kernet punya pengalaman yang cukup lama untuk mengendarai bus, maka bisa diusulkan untuk menggantikan sopir mengendarai bus. 

Nah, itu dia beberapa tugas kernet yang harus diketahui. Meskipun keberadaannya kadang dianggap tidak terlalu penting, ternyata kernet bus mempunyai beban tugas yang berat ya. Semoga informasi ini membuat kamu tidak meremehkan pekerjaan yang satu ini.

Salah satu bus pariwisata yang terpercaya dan memiliki fasilitas lengkap yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menyewa bus adalah Jackal Holidays Pariwisata. Berdiri sejak tahun 1988, Jackal Holidays berkomitmen untuk membuat kamu nyaman selama perjalanan. Banyak pilihan armada yang dapat kamu gunakan mulai dari mini bus, medium bus, hingga big bus. 

Tertarik untuk menggunakan bus dari Jackal Holidays untuk berwisata? Kamu bisa kunjungi menu fleets untuk melihat berbagai bus terbaik atau konsultasikan kebutuhanmu dengan klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah. Kita tunggu kamu untuk berwisata dengan Jackal Holidays!

Penulis: Athaya Eka Suri

Keywords: pengemudi bus, bus pariwisata, sewa bus pariwisata, harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata, sewa bus, sewa bus murah, kernet bus, sopir bus, sewa bus pariwisata bandung, sewa bus bandung, rental mobil, rental mobil murah, tugas kernet bus, sewa mobil harian, rental mobil bandung

Leave a Reply

fifteen + four =

Need Help? Chat with us