Single Blog Title

This is a single blog caption

Sejarah, Asal Usul, Rute dan Tarif Bandros Bandung

Oleh : Karina Eka Putri

sumberfoto : instagram explore.jawa.barat / @budiandika74

Bandros dikenal sebagai bus wisata bertingkat di Kota bandung. Diawali dengan rencana dari Walikota Bandung Ridwan Kamil ketika dirinya baru terpilih menjadi Wali kota pada tahun 2013 lalu untuk meningkatkan sektor pariwisata. Pemerintah Kota Bandung juga mengadakan sayembara terbuka untuk memberi nama bus wisata tersebut melalui jejaring sosial Twitter. Sayembara ini akhirnya dimenangkan oleh Erry pamungkas. Erry memakai kata “Bandros” sebagai singkatan dari Bandung Tour on The Bus. Selain itu, nama Bandros sendiri merupakan nama salah satu makanan khas bandung. Akhirnya pada tanggal 31 Desember 2013, bertepatan dengan malam tahun baru 2014, Wali kota Ridwan Kamil resmi meluncurkan bus wisata Bandros.

Awal rencananya, bus itu akan berada di setiap hotel guna mengantar para wisatawan ke tempat-tempat wisata yang ada di kota Bandung. Tapi sekarang Bandros memiliki beberapa rute, diantaranya : 

  • Rute Biru akan berkeliling dari Alun-alun Bandung, menuju Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun-alun Regol, Kawasan Buah Batu dan kembali ke Alun Alun.
  • Rute Kuning bermula dari Taman Dewi Sartika, Gasibu, Pusdai, Taman Superhero, Taman Foto, Gedung Merdeka, Alun-alun Bandung, Braga dan kembali ke Taman Dewi Sartika.
  • Rute Ungu akan melalui jalan-jalan di rute Taman Lansia, Gasibu, menuju Taman Cikapayang, Alun-alun Ujungberung, Museum Geologi, Pusdai dan kembali ke Taman Lansia.
  • Rute Hijau yang akan membawa wisatawan melewati Chinatown, start di Alun Alun menuju Pasir Kaliki, Alun-alun Cicendo, Karang Setra, UPI, GOR Padjajaran dan kembali ke Alun Alun.
  • Rute Merah Muda yang akan melewati Gasibu, start di Taman Lansia menuju Taman Pasupati (Taman Jomblo), Teras Cikapayang, Teras Cihampelas, dan kembali ke Taman Lansia.

Jadwal operasional Bandros sendiri adalah pukul 08:00 – 16:00 WIB. Bus satu ini beroperasi setiap hari dari Senin hingga Minggu. Kamu bisa memulai perjalanan dengan membeli tiket terlebih dahulu.

Tarif bus bandros relatif murah, hanya Rp20.000 untuk one trip dan Rp40.000 untuk multiple trip dengan rute rata-rata di atas 20 km.

Mau sewa bandros atau mau sewa bus dari Jackal Holidays agar bisa keliling Kota bandung, lebih private dan aman karena Jackal Holidays selalu memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pelanggan agar suasana liburan makin seru dan mudah bersama keluarga. Kamu bisa sewa bus murah di Bandung dengan memilih Jackal holidays Pariwisata yang sudah 32 tahun berpengalaman dengan armada yang mewah dan murah! Tak hanya bus pariwisata, Jackal Holidays menyediakan mini bus seperti Toyota Hiace, Isuzu Long elf, Mitsubishi Coaster dan Toyota Vellfire. Tunggu apalagi? Yuk, liburan aman dan nyaman bersama Jackal Holidays.

Sewa bandros, Tarif bandros, halte bandros, jam operasional bandros, bandros bandung, harga tiket bandros, Bus aman, sewa bus aman, tempat wisata keluarga, sewa hiace, sewa bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus murah, sewa mobil bandung, rental mobil bandung, sewa mobil harian, sewa mobil murah, sewa mobil lepas kunci, rental mobil murah, rental mobil aman.

Leave a Reply

12 + twelve =

Need Help? Chat with us