Single Blog Title

This is a single blog caption

Rekomendasi Wisata Candi di Pulau Jawa yang Bisa Dikunjungi

Indonesia memiliki beragam destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata kuliner, hingga wisata budaya. Sebagai salah satu negara yang kaya akan peninggalan sejarah, tak heran jika di beberapa wilayah sudah pasti memiliki wisata budaya untuk dikunjungi, salah satu wisata budaya kali ini adalah candi.

Candi menjadi salah satu destinasi menarik jika ingin berwisata sambil belajar, juga sambil menikmati keindahan alam. Selain Candi Borobudur dan Candi Prambanan, kali ini kami ingin merangkum 5 wisata budaya candi menarik di pulau jawa yang bisa jadi rekomendasi kamu saat ingin berwisata budaya!

  1. Candi Mendut
sumber instagram : mastique87

Candi Mendut adalah sebuah candi bercorak Buddha yang terletak di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tak jauh dari Candi Borobudur. Candi Mendut dibangun oleh raja pertama dari wangsa Syailendra pada tahun 824 M, seperti pada isi Prasasti Karangtengah (824 M), yang menyebutkan bahwa Raja Indra telah membuat bangunan suci bernama Wenuwana. Wenuwana (hutan bambu) merupakan sebutan lain dari Candi Mendut.

Candi Mendut memiliki denah dasar berbentuk segi empat dengan tinggi bangunan seluruhnya 26,40 m. Tubuh candi ini berdiri di atas batu setinggi kurang lebih 2 m. Di permukaan batu terdapat selasar yang cukup lebar yang dilengkapi dengan langkan. Selain itu, dinding kaki candi terlihat dihiasi dengan 31 buah panel yang memuat berbagai relief, pahatan bunga, dan sulur-suluran yang indah.

  1. Candi Plaosan
sumber instagram : galery.rik

Candi Plaosan adalah sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini berlokasi kurang lebih satu kilometer ke arah timur laut dari Candi Prambanan.

Berdasarkan catatan sejarah yang ada, Kompleks Candi Plaosan dibangun pada pertengahan abad ke-9. Kompleks candi ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Mengunjungi kedua candi ini akan menjadi perjalanan yang menyenangkan karena selain bangunan candinya yang cantik, lokasinya yang berada di tengah areal persawahan juga menjanjikan pemandangan eksotisme tersendiri. Masing-masing kelompok candi memiliki halaman yang cukup luas dan dilapisi rumput hijau. Tak heran jika para pengunjung kadang gemar untuk duduk manis menikmati pemandangan. 

  1. Candi Ratu Boko
sumber instagram : christanta_

Candi Ratu Boko konon sudah mulai digunakan dari abad ke-8. Kompleks bagunan ini juga erat dikaitkan dengan kisah Candi Prambanan, yakni legenda Roro Jonggrang. Selain mempelajari sejarah dan budaya peninggalannya, kamu tentu saja bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan.

Pemandangan yang dimiliki Candi Ratu Boko ini identik dengan hamparan rumput yang luas. Suasana yang nyaman, sejuk, dan pemandangan indah menjadi daya tarik utama tempat ini. Pemandangan yang sering sekali menjadi incaran para pengunjung adalah sunset-nya yang indah. Tak heran jika banyak pemburu foto yang meramaikan tempat ini di sore hari. 

Selain itu, pada saat tertentu, candi ini gemar menggelar pagelaran khas Jawa seperti seni musik dan gamelan. 

  1. Candi Gedongsongo
sumber instagram : negrikece

Terletak di lereng Gunung Ungaran, Candi Gedongsongo menyajikan panorama yang sayang sekali untuk dilewatkan. Selain bisa menikmati kemegahan candi yang terdiri dari susunan batuan candi, kamu juga dapat menikmati sensasi berkuda dan menikmati keindahan alam yang mempesona. Selain berkuda, banyak aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di Candi Gedongsongo seperti wisata sejarah dan arsitektur, trekking, berendam di pemandian air panas, camping, hingga berpiknik di hutan pinus.

Arsitektur bangunan candi ini memiliki ciri khas arsitektur candi langgam Jawa Tengah yakni memiliki atap berundak-undak, berhiaskan kala makara di gawang dan relung pintu, terletak di tengah halaman, dan mempunyai ruang utama di tengah bangunan. Kompleks candi ini dinamakan Gedongsongo karena dulunya terdiri dari 9 kompleks bangunan. Namun jika sekarang kamu kesana, pasti kamu akan hanya melihat 5 kompleks candi saja. 

  1. Candi Ijo
sumber instagram : s_c_adi

Satu arah dengan Tebing Breksi, Candi Ijo merupakan salah satu candi yang gemar dikunjungi wisatawan di wilayah Klaten selain Candi Prambanan dan Ratu Boko. Dijuluki sebagai candi tertinggi di Yogyakarta, Candi Ijo ini terletak di ketinggian 410 meter di atas permukaan laut. Tak heran, banyak wisatawan yang menuju kesini untuk hunting foto.

Selain menyajikan pemandangan rerumputan yang hijau, wisatawan yang berkunjung biasanya sengaja datang ke Candi Ijo hanya sekedar untuk menikmati sunset yang tak kalah memukau dari sunset di Candi Ratu Boko. Menikmati sunset di Candi Ijo ini akan sangat memuaskanmu, mengingat letaknya yang berada di ketinggian sehingga kamu bisa melihat sunset di antara pemandangan kota Yogyakarta yang indah.

Nah, jika kamu sudah menentukan wisata candi mana yang ingin kamu kunjungi, jangan lupa juga tentukan transportasi terbaik untuk menuju ke destinasi tersebut. Nggak perlu pusing dalam memilih alat transportasi yang nyaman dan aman kalau memilih Jackal Holidays Pariwisata sebagai travel andalanmu! 

Sewa bus pariwisata sesuai kebutuhan mulai dari minibus, medium bus, hingga big bus untuk kapasitas 40 orang yang bisa kamu dapatkan bersama Jackal Holidays Pariwisata! Sudah saatnya melakukan perjalanan tanpa kekhawatiran dan ciptakan perjalanan yang aman dan nyaman bersama Jackal!

Cari Tahu Tarif Sewa Bus Termurah

Leave a Reply

six − 3 =

Need Help? Chat with us