Single Blog Title

This is a single blog caption

5 Rekomendasi Glamping di Jawa Barat

Oleh : Karina Eka Putri

Bermalam di alam bebas tentunya memberikan sensasi yang berbeda dengan bermalam di hotel. Saat hendak menginap di alam bebas, rasanya malas harus repot mempersiapkan tenda dan hal lainnya. Sedangkan menginap di hotel kita hanya perlu membawa diri dan segala sesuatunya dipersiapkan oleh pihak hotel. Tapi bagaimana jika kita ingin menginap di alam bebas tapi gak repot? Bisa, glamping solusinya.

Glamping adalah gabungan dari dua kata yaitu “glamor” dan “camping”. Kamu bisa menikmati keindahan alam dengan fasilitas yang modern, atau dengan kata lain, kamu bisa berkemah dengan fasilitas yang biasa kamu temukan di hotel mewah. Jadi, kamu gak perlu mendirikan tenda, mencari sumber air, mencari sumber makanan atau yang lainnya karena biasanya kebutuhan inti sudah tersedia saat glamping. Hmm menarik ya! 

Di Jawa Barat, ada banyak sekali pilihan tempat untuk kamu mencoba wisata yang satu ini. Beberapa penginapan ada yang bentuknya seperti tenda, dan ada juga yang bentuknya seperti villa. Nah, dimana saja tempat glamping Jawa Barat? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

  1. Tanakita, Sukabumi
instagram @deejase

Berlokasi di Jl. Kadudampit KM 09, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Tanakita adalah camping ground yang cukup terkenal. Menawarkan konsep glamping yang nyaman, kebanyakan pengunjung berasal dari kalangan turis lokal yang ingin menikmati hawa dingin. 

Di Tanakita, wisatawan bisa mencoba sensasi glamping dengan fasilitas yang lengkap mulai dari kasur, sambungan listrik, kasur, toilet, kamar mandi, toilet, makanan yang telah disediakan, dan berbagai fasilitas lainnya. Dari tempat ini kamu bisa menikmati pemandangan wilayah Sukabumi dan juga Bogor.

Tidak hanya berkemah, kamu dan sekeluarga juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti trekking di tengah hutan, mencoba wahana permainan ketinggian (highrope), jalan ke air terjun, menikmati dan menjelajah Danau Situ Gunung dengan perahu karet, pergi ke desa sekitar, dan masih banyak lagi. Untuk bisa menikmati glamping di Tanakita, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 550.000 per orang per malam.

Biaya tersebut sudah termasuk makan tiga kali dan camilan selama menginap, trekking bersama pemandu ke air terjun, dan meluncur dengan flying fox.

  1. Dusun Bambu Resort, Lembang Bandung
instagram @ariswbr

Bagi yang menggemari arsitektur yang unik, bermalam disini pasti menyenangkan, karena eksterior dan interiornya dari bahan bambu yang bergaya minimalis, menjadi enak dipandang mata.

Fasilitas yang diberikan cottage ini memang menyuguhkan nuansa alam dan pedesaan yang menenangkan. Jika kamu ingin glamping kamu bisa sewa room tenda yang harganya berkisar Rp 2.000.000 per malam. Kamu juga akan dimanjakan dengan fasilitas private garden, BBQ, dapur, ruang tamu, hingga bonfire.

  1. Legok Kondang Lodge, Ciwidey Bandung
instagram @jalanjalan.bdg

Tenda-tenda yang besar dan beralaskan lantai kayu dengan kapasitas yang beragam, mulai 4, 6, 8, hingga 10 orang. Tipe standard, family, deluxe, luxury, dan suites tent. Semua tenda memiliki fasilitas yang hampir sama, yaitu tempat tidur lengkap dengan bantal dan selimut, kamar mandi dengan air hangat, api unggun, sarapan, serta kopi dan teh yang selalu tersedia sepanjang hari. Yang membedakan adalah saluran televisi dan pemandangannya.

Di sana banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga, duduk-duduk bersantai di pinggir kolam, memetik stroberi, menangkap ikan, bermain paintball, trekking, rafting menyusuri sungai. Dan, mumpung sudah sampai di sana, sekalian saja berkunjung ke tempat wisata Kawah Putih dengan mobil dan pemandu yang sudah disediakan. Untuk makan siang dan malam ada tambahan biaya. Pilihannya ala buffet atau barbeque (daging sapi, seafood, dan jagung bakar). Setelah makan malam, anak bisa menerbangkan lampion atau duduk-duduk di dekat api unggun, agar badan lebih hangat ketika udara semakin dingin.

  1. Maribaya Glamping Tent, Lembang Bandung
instagram @maribayaglampingtent

Berlokasi di Lembang, sesuai dengan namanya kamar yang disuguhkan pada glamping kali ini berbentuk tenda putih dengan kapasitas dua hingga enam orang. 

Selain hanya barbekyu sambil menikmati pemandangan gunung, kamu juga bisa menikmati fasilitas pemandian. Didalamnya terdapat dua kolam whirpool dengan air yang hangat. Berendam di whirpool tentunya banyak memberikan manfaat positif untuk badan, memberikan rasa rileks dan menyegarkan. 

Wisatawan yang menginap di Maribaya Glamping Tent bisa berendam di Maribaya Natural Hot Spring. Salah satu kolam berendam VIP yang hanya bisa menampung 20 pengunjung.

  1. Rancabali Lakeside, Ciwidey Bandung
instagram @garaefanap

Di Rancabali Lakeside, Ciwidey, Bandung Selatan, wisatawan bisa merasakan menginap di tengah perkebunan teh dengan pemandangan utama danau Situ Patenggang.

Di tempat ini, wisatawan yang datang bisa memilih tipe penginapan seperti Lakeside Tent, Family Tent, dan tenda Dome Camping Ground Family Adventure.

Selain berkemah, wisatawan bisa menikmati aktivitas berkeliling naik perahu di Situ Patenggang, makan di Restoran berbentuk Kapal Pinisi dan bersantai bersama anak di Taman Kelinci pasti menjadi favorit bersama anak.

Untuk harganya, tipe Family Tent dengan kapasitas 8-10 orang, kamu akan dikenakan biaya Rp 2.760.000 per tenda untuk hari kerja, tambahan 15 persen dari harga weekday untuk akhir pekan, dan 20 persen dari harga weekday untuk high season.

Untuk tipe Tenda Dome Camping Ground Family Adventure dengan kapasitas 4-5 orang, wisatawan dikenakan biaya Rp 1.200.000 per tenda.

Udah siap untuk glamping? Yuk segera rencanakan dan siap meluncur ke lokasi. Pergi rombongan bersama teman atau keluarga lebih asyik dengan diskon sewa bus pariwisata dari Jackal Holidays Pariwisata, sewa minibus atau minivan bahkan alphard juga ada lho. 

Klik Disini untuk sewa bus murah

Leave a Reply

two × 2 =

Need Help? Chat with us