Single Blog Title

This is a single blog caption

Mengenal Pariwisata Halal Indonesia Melalui Festival Internasional

Indonesia merupakan negara kepulauan, memiliki wilayah yang terbentang luas dari sabang hingga merauke, dimana terdapat sekitar 17.000 pulau yang menjadi wilayah kedaulatannya. Indonesia memiliki berbagai macam suku dan budaya yang tersebar di seluruh penjuru negeri, sehingga memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, terdapat banyak tempat-tempat wisata yang tersebar di berbagai penjuru negeri, mulai dari wisata alam, wisata kebudayaan, hingga wisata halal. Saat ini, wisata Indonesia sudah mulai terkenal hingga Mancanegara. Kebanyakan tempat wisata yang menjadi primadona yaitu wisata alam dan wisata kuliner yang dimiliki oleh Indonesia. Namun, ternyata wisata halal Indonesia pun menjadi potensi besar yang tersembunyi. Dengan begitu, pemerintah Indonesia terus mengembangkan dan berinovasi agar wisata halal di Indonesia menjadi primadona wisata yang dikenal di seluruh dunia. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berencana untuk membuat kegiatan “Global Islamic Tourism and Creative Economy Festival (Pariwisata Islam Global dan Festival Ekonomi Kreatif) sebagai bentuk untuk mengembangkan serta mengenalkan wisata halal di Indonesia kepada dunia internasional. 

Wisata Halal

Wisata halal atau sering juga disebut sebagai wisata religi melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang mempunyai sejarah, nilai, dan budaya yang berkaitan dengan keagamaan. Dengan melakukan wisata halal, wisatawan dapat berjalan-jalan melihat dan menikmati keindahan bangunan-bangunan ataupun keunikan dari arsitektur masjid, menikmati kuliner halal yang lezat, hingga mengamati dan bercengkrama langsung dengan masyarakat sekitar dan mempelajari budaya serta kebiasaan yang mereka lakukan. Tentunya, di berbagai daerah memiliki kebiasaan dan budaya yang berbeda-beda meskipun berpedoman dengan agama yang sama.

Global Islamic Tourism and Creative Economy Festival

Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara khusus meminta agar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) untuk segera mengembangkan dan mengenalkan potensi pariwisata halal Indonesia ke Mancanegara. Permintaan ini langsung disambut baik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dan langsung merencanakan pelaksanaan event bertaraf internasional di Tanah Rencong, Aceh dalam rangka meningkatkan wisata halal di Indonesia. Festival ini rencananya akan diadakan pada tahun 2023 atau tahun 2024, untuk menarik semua perhatian dunia internasional kepada wisata halal di Indonesia, khususnya di Aceh ini.

(Masjid Raya Baiturrahman, Aceh)

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) merupakan daerah pertama di Indonesia yang dimasuki oleh agama islam. Kesultanan Aceh mengalami puncak kejayaan sehingga pengaruh agama dan kebudayaan islam melekat sangat besar dalam kehidupan masyarakat, sehingga Aceh mendapatkan julukan sebagai “Seuramoe Mekkah” atau “Serambi Mekkah. Maka dari itu, sampai sekarang Aceh menjadi salah satu tempat wisata islam yang terkenal.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan pariwisata halal di Indonesia yaitu, memperbaiki fasilitas pendukung beribadah seperti mushola, penyediaan makanan yang halal, hingga pelayanan yang ramah muslim lainnya.

Banyaknya destinasi wisata halal menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan Aceh dari dekat. Pada tahun 2016, Aceh berhasil menarik perhatian publik dengan mendapatkan penghargaan sebagai World’s best Airport for Halal Travellers dan World’s Best Halal Cultural Destination dari World Halal Tourism Award.

Wisatawan, tertarik melakukan wisata halal? Yuk liburan bareng Jackal Holidays Pariwisata!

Kunjungi instagram @jackalholidayspariwisata untuk mengetahui informasi menarik lainnya ya. Happy Holidays!

Keywords: Wisata Religi, Wisata Halal, Bangunan Bersejarah, Destinasi Wisata, Wisata Aceh, Masjid Raya Baiturrahman, Bus Pariwisata, Sewa Mobil Bandung, Sewa Bus Bandung, Rekomendasi Wisata, Tempat Kekinian, Liburan Seru, Jackal Holidays Pariwisata, Aceh, Festival Islam, Menparekraf, Ekonomi Kreatif, Wonderful Indonesia

Oleh: Nadhifta Anindya

Leave a Reply

one × four =

Need Help? Chat with us