Single Blog Title

This is a single blog caption

Mengapa Wajib Menggunakan Kain Saat Berkunjung ke Candi di Indonesia?

Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan salah satunya yaitu candi. Candi merupakan tempat ibadah bersejarah dari peninggalan masa lampau. Biasanya candi selain digunakan sebagai tempat ibadah juga digunakan sebagai istana, tempat pemandian, gapura, dan lain sebagainya. Tempat beribadah agama Hindu ini mempunyai arsitektur yang unik berkaitan dengan nilai budaya dan sejarah yang sangat kental. Indonesia memiliki 34 candi Hindu yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satu candi yang berada di Indonesia sampai dinobatkan menjadi candi Hindu terbesar di dunia lho! Candi tersebut yaitu Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah.

Namun ada aturan yang harus wisatawan ikuti sebelum masuk dan menikmati keindahan candi-candi yang ada di Indonesia lho! Salah satu aturan yang harus ditaati yaitu wisatawan wajib menggunakan pakaian sopan dan menggunakan kain saat memasuki wilayah candi.

Seperti ketika mengunjungi Candi Prambanan, wisatawan akan disambut oleh petugas candi yang akan memberikan kain atau sarung bermotif batik sebelum wisatawan memasuki area candi. Alasan utamanya karena untuk menghormati Candi Prambanan yang digunakan sebagai tempat beribadah.

Alasan lainnya mengapa diwajibkan menggunakan kain atau sarung saat mengunjungi candi di Indonesia karena banyaknya turis atau wisatawan mancanegara yang menggunakan pakaian minim saat berkunjung ke candi. Maka dari itu, kain atau sarung diberikan untuk menutupi sebagian dari pakaian para wisatawan dan menghormati tempat beribadah agama Hindu.

Kain atau sarung yang tersedia biasanya merupakan kain batik khas Indonesia. Batik Indonesia memiliki karakteristik nilai budaya yang sangat kuat. Motif kain batik memiliki arti dan filosofi yang berbeda-beda disetiap daerahnya. Proses pembuatan kain batik saat ini ada yang masih menggunakan cara tradisional dengan dilukis menggunakan tangan, adapun batik cetak menggunakan alat khusus.

Baca Juga: Pesona Indah Wisata Alam Kota Bandung

Setelah wisatawan keluar dari area candi, petugas akan mengambil kain atau sarung yang digunakan untuk dikembalikan. Namun tidak perlu khawatir, jika wisatawan suka dengan kain ataupun sarung Indonesia bisa membelinya di penjual kain di sekitar sana.

Beberapa candi di Indonesia mempunyai beberapa keunikannya masing-masing. Ada candi yang digunakan hanya sebagai tempat beribadah, dan ada juga candi yang digunakan sebagai makam para raja. Beberapa candi di Indonesia sudah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO.

Pesona wisata Indonesia memang memikat hati bukan? Wisatawan yang berkunjung ke Indonesia akan disuguhkan dengan keindahan alam, keberagaman budaya, hingga kultur masyarakat Indonesia yang sangat kental. Berbeda daerah yang wisatawan kunjungi, pasti berbeda pula keunikan masing-masing daerah yang dapat dirasakan dan dinikmati. Keanekaragaman inilah yang akhirnya menjadi daya tarik pariwisata Indonesia. Tidak hanya wisatawan mancanegara saja yang bisa menikmati warisan budaya Indonesia, namun antusias masyarakat Indonesia pun sangat tinggi untuk mendatangi daerah-daerah di penjuru negeri Indonesia.

Wisatawan ingin merasakan kekentalan budaya dan keberagaman wisata yang ada di Indonesia? Yuk jalan-jalan bareng Jackal Holidays Pariwisata!

Banyak banget pilihan armada yang bisa kamu gunakan loh.. mulai dari minivan, medium bus, hingga big bus yang memiliki fasilitas mewah dan nyaman. Kunjungi instagram @jackalholidayspariwisata untuk melihat informasi menarik lainnya ya! Happy Holidays!

Baca Juga: Cari Kuliner Halal di Bali? Ikuti Tips Berikut Ini!

Keywords: Pesona Indonesia, Pariwisata Indonesia, Keindahan Alam Indonesia, Bali, Wisata Kekinian, Wisata Budaya, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Menggunakan Kain di Candi, Aturan Masuk Candi, Bus Pariwisata, Jackal Holidays Shuttle, Jackal Holidays Pariwisata, Jalan-Jalan Seri,  Backpacker, Wisata Low Budget, Sewa Mobil, Rental Mobil, Batik Indonesia, Tour and Travel, Travel Jakarta Bandung, Warisan Budaya

Oleh: Nadhifta Anindya

Leave a Reply

1 + 5 =

Need Help? Chat with us