Single Blog Title

This is a single blog caption

Mengapa Pada Bus Tidak Ada Sabuk Pengaman?

Jika kita perhatikan, di banyak bangku penumpang bus yang tidak disediakan sabuk pengaman. Lalu muncul banyak pertanyaan apakah aman jika penumpang tidak mengenakan sabuk pengaman? Bagaimana faktor keselamatan penumpang? Bagaimana peraturan yang seharusnya?

Pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 ayat 6 disebutkan bahwa pengemudi dan penumpang wajib menggunakan sabuk pengaman saat berada di dalam kendaraan. Oleh karena peraturan tersebut, maka sudah seharusnya seluruh kendaraan menyediakan sabuk pengaman untuk keselamatan sopir dan para penumpangnya.

Sabuk pengaman digunakan untuk menunjang keselamatan misalnya pada saat kendaraan mengalami kecelakaan lalu lintas. Kemudian, disebutkan pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) angkutan penumpang nomor 2 poin g10 dinyatakan bahwa kendaraan minimal harus memasang 2 titik sabuk pengaman pada bangku sopir dan bangku sebelahnya.

Lalu mengapa di bus tidak disediakan sabuk pengaman di kursi penumpang? Ternyata hal ini bertujuan untuk memudahkan mobilitas para penumpang saat terjadi hal darurat. Saat bus mengalami kecelakaan, para penumpang harus bergerak secepatnya keluar dari dalam bus. Berbeda halnya dengan kendaraan lainnya dimana penumpang mempunyai akses pintu keluar masing-masing, saat keadaan darurat para penumpang bus harus keluar bergantian dengan penumpang lain. Sehingga jika para penumpang bus menggunakan sabuk pengaman, membuat penumpang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk keluar dari dalam bus.

Penyebab lainnya pun dikarenakan kecepatan bus lebih lambat dibandingkan dengan kendaraan lainnya. Kecepatan maksimal bus adalah 50 km/jam, sedangkan kecepatan maksimal 80 km/jam. Jika terjadi benturan, jika kecepatan bus tidak melebihi kecepatan maksimal maka penumpang tidak akan terhempas jauh ke depan. Penggunaan sabuk pengaman bertujuan untuk menahan badan agar tidak terhempas jauh saat terkena benturan.

Itulah alasan mengapa beberapa bus tidak menyediakan sabuk pengaman di kursi penumpang. Mau liburan nyaman dengan fasilitas yang lengkap? Yuk liburan bareng Jackal Holidays Pariwisata! Happy Holidays!

Keywords : Tempat Wisata, Sabuk Pengaman, Kendaraan, Bus, Pergi Liburan, Liburan Menyenangkan, Destinasi Wisata, Sewa Bus Nyaman, Wisata Edukatif, Naik Bus, Bus Yogyakarta, Bus Bandung, Armada Nyaman, Bus Lengkap, Kursi Bus Empuk, Wisata Bandung, Harga Bus, Sewa Bus Pariwisata, Jackal Holidays Pariwisata, Jackal Holidays Shuttle, Sewa Bus Murah

Oleh : Nadhifta Anindya

Leave a Reply

four + nineteen =

Need Help? Chat with us