Single Blog Title

This is a single blog caption

Makanan Penutup Hits Khas Jogja

Makanan penutup atau dessert selain rasanya enak dan manis juga memiliki dampak yang baik untuk tubuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan,  gula dari makanan manis yang masuk ke dalam tubuh dapat diubah menjadi energi agar tubuh tidak lemas dan dapat beraktivitas dengan maksimal. Menurut beberapa studi, makanan manis dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan makanan manis membuat otak melepaskan hormon serotonin yang dapat membantu menstabilkan suasana hati. Makanan manis juga dapat meningkatkan hormon dopamin. Sehingga, jika dikonsumsi ketika wisatawan sedang badmood atau bersedih akan memperbaiki mood.   

Setiap daerah di Indonesia memiliki  makanan penutup yang beragam. Termasuk salah satu kota wisata Jogjakarta. Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi diantaranya Tugu Jogja, Malioboro, candi Borobudur, dan salah satu hidden gems Heha Sky View. Ketika berwisata tentu kita juga tidak boleh melupakan kebutuhan nutrisi  tubuh kita. Penasaran apa saja destinasi makanan penutup khas Yogyakarta? Yuk simak penuturan berikut!

1. Tiwul Ayu

Makanan khas Gunungkidul Yogyakarta yang satu ini terbuat dari tepung gaplek yang dikukus dan dicampur gula jawa. Kemudian campuran tersebut dikukus dan dicampur gula merah. Selain rasa original, tiwul ayu juga dapat dicampur dengan beberapa topping kekinian seperti coklat dan keju. 

2. Bakpia Jogja

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan kudapan yang satu ini bukan?. Kue berisi kacang ijo yang dihaluskan da diberi gula dibungkus adonan tepung yang tidak terlalu tebal. Kemudian bakpia di bakar sampai kulit kecoklatan dan matang. Bakpia jogja memiliki rasa yang beragam dari mulai ras coklat, keju, durian, hingga rasa kekinian seperti green tea.

3. Geplak

Geplak merupakan camilan manis berbentuk bulat dengan warna menarik seperti merah muda dan kuning yang berasal dari Bantul. Camilan  ini biasanya berbentuk bulat dengan warna-warna menarik seperti merah muda, hijau, putih maupun coklat. Karena rasanya yang memang manis kue tradisional ini sudah sangat terkenal sehingga sampai saat ini kue manis dan imut ini sudah diusahakan di luar kota Bantul.Geplak terbuat dari campuran gula tebu dan kelapa. Tekstur geplak kering di luar namun lembut di dalam. 

4. Geblek

Camilan geblek memiliki cita rasa yang tidak manis namun gurih. Geblek sendiri terbuat dari pati dan memiliki tekstur yang mirip dengan cireng dan cimol namun dengan bentuk yang berbeda. Geblek memiliki bentuk mirip seperti angka delapan dan lebih enak jika disajikan bersama dengan tempe benguk. 

5. Klepon

Klepon terbuat dari tepung ketan yang berisi enten. Isi dari klepon terdiri dari parutan kelapa yang dimasak dicampur dengan gula jawa. Klepon memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut dengan rasa gurih di luar yang berasal dari parutan kelapa kering yang menyelimuti bagian klepon paling luar.

Nah, itu dia informasi Seputar makanan penutup khas Jogjakarta . Semoga bermanfaat!

Salah satu bus pariwisata yang terpercaya dan memiliki fasilitas lengkap yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menyewa bus adalah Jackal Holidays Pariwisata. Berdiri sejak tahun 1988, Jackal Holidays berkomitmen untuk membuat kamu nyaman selama perjalanan. Banyak pilihan armada yang dapat kamu gunakan mulai dari mini bus, medium bus, hingga big bus. 

Tertarik untuk menggunakan bus dari Jackal Holidays untuk berwisata? Kamu bisa kunjungi menu fleets untuk melihat berbagai bus terbaik atau konsultasikan kebutuhanmu dengan klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah. Kita tunggu kamu untuk berwisata dengan Jackal Holidays!

Oleh : Nada Faza

Keywords: pengemudi bus, bus pariwisata, sewa bus pariwisata, harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata, sewa bus, sewa bus murah, kernet bus, sopir bus, sewa bus pariwisata bandung, sewa bus bandung, rental mobil, rental mobil murah, liburan, serang, kuliner jogja, dessert jogja, makanan jogja, liburan jogja, jogjakarta.

Sumber: Mojok.co

Leave a Reply

twelve + 2 =

Need Help? Chat with us