Single Blog Title

This is a single blog caption

Makan Khas Provinsi Riau yang Enak dan Wajib Kamu Coba

     Provinsi riau terkenal sebagai daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia.  Selain menghasilkan minyak dari bawah tanah, daerah ini juga terkenal dengan produksi minyak kelapa sawit. Dimana diperkirakan sekitar 2.3 juta hektar lahan merupakan lahan kelapa sawit. Selain itu, Riau memiliki banyak potensi wisata yang indah dan asri. Mulai dari wisata alam, wisata belanja, hingga tempat bersejarah. Namun, tahukah kalian bukan hanya karena itu saja yang membuat Riau menjadi salah satu daerah yang sering dikunjungi wisatawan, kulinernya yang lezat menjadi alasan lain untuk berkunjung jung. Tertarik mencicipi makanan khas Riau? Yuk simak daftar makanan khas Riau yang lezat dan patut dicoba.

1. Ikan Cuka

Olahan ikan cuka dibuat ikan tenggiri yang berkuah dan terbuat dari rempah-rempah khas Indonesia seperti, cabai merah iris,cabai giling, lada, pala, jahe, serai, dan bumbu penyedap.

2. Mie Lendir

Mie merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat beragam macamnya. Mulai Dari bakmi, mie bakso, mie goreng, sampai mie kwetiau. Lain halnya dengan mie khas daerah lain, mie lendir memiliki tampilan yang berbeda dan unik. Mie yang terasa gurih dan nikmat ini terbuat dari kuah kacang yang memiliki tekstur kuah kental dan berlendir. Mie yang dipakai mie kuning yang dicampur dengan telur rebus, cabe rawit, dan tauge.

3. Lakse Kuah

Hidangan khas Riau lainnya yang menggunakan mie namun memiliki bahan dasar yang berbeda dengan mie pada umumnya. Mie pada umumnya terbuat dari telur dan tepung terigu namun, mie yang satu ini terbuat dari tepung sagu. Dipadukan dengan kuah santan santan yang terbuat dari ketumbar dan adas manis. Lakse Kuah ini sangat nikmat disajikan dengan ikan tongkol atau ikan teri dan ikan laut lainnya yang ditumbuk halus.

4. Gulai Belacan

Makanan bersantan lainnya khas Riau yang wajib kamu nikmati saat berkunjung yaitu Gulai Belacan. Olahan udang berkuah santan yang kental dan terbuat dari rempah-rempah seperti kemiri, lada dan asam jawa.

5. Gulai Ikan Patin

Kuliner khas Riau yang paling terkenal dan diminati wisatawan salah satunya Gulai Ikan Patin. Hidangan ini disajikan dengan gulai kuah kental berisi ikan patin dengan potongan besar yang dijamin membuat kamu kenyang. Sajian gulai ikan patin akan lebih nikmat jika dipadukan dengan kecombrang. Atau, wisatawan dapat meminta pucuk daun ubi rebus sebagai hidangan pelengkap.

6. Sup Tunjang

Jenis makanan berkuah lain yang banyak diminati dan lezat yaitu sup tunjang. Hidangan ini terbuat dari tunjang yang dijadikan kaldu. Tunjang sendiri merupakan sebutan untuk tulang kaki sapi. Salah satu keunikan dari hidangan ini yaitu biasanya banyak ditemukan sisa daging yang menempel pada bagian tulang kaki sapi. Tunjang direndam dengan campuran rempah-rempah.Rasa yang dihasilkan dari tunjang yang dimasak yaitu empuk dan lembut. 

7. Kacang Pukul

Jika hidangan lainnya berupa makanan asin dan berat, selanjutnya ada makanan penutup khas Riau yang dijamin membuatmu ketagihan. Kacang pukul berbahan dasar kacang tanah yang digiling kemudian dicampur gula dan bahan lainnya. Kemudian campuran kacang dikemas dalam bentuk kecil.

8. Lempok Durian

Salah satu makanan manis yang terkenal dari Riau adalah lempok durian. Jika kalian pernah mencicipi dodol mungkin kalian tidak akan asing lagi dengan kudapan yang satu ini. Terbuat dari durian yang dicampur gula merah pada saat pembuatannya, rasa legit dan manis dari gula merah sangat terasa jika wisatawan mencicipinya. Perbedaan umum dodol dan lempok durian yaitu tidak adanya ketan dan kelapa yang dicampurkan pada saat proses pembuatan. Jadi, lempok durian murni terbuat dari durian dan gula merah.

Nah, itu dia informasi seputar Kuliner Lezat Khas Riau yang wajib kamu coba!

Salah satu bus pariwisata yang terpercaya dan memiliki fasilitas lengkap yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menyewa bus adalah Jackal Holidays Pariwisata. Berdiri sejak tahun 1988, Jackal Holidays berkomitmen untuk membuat kamu nyaman selama perjalanan. Banyak pilihan armada yang dapat kamu gunakan mulai dari mini bus, medium bus, hingga big bus. 

Tertarik untuk menggunakan bus dari Jackal Holidays untuk berwisata? Kamu bisa kunjungi menu fleets untuk melihat berbagai bus terbaik atau konsultasikan kebutuhanmu dengan klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah. Kita tunggu kamu untuk berwisata dengan Jackal Holidays!

Oleh: Nada faza

Keywords: pengemudi bus, bus pariwisata, sewa bus pariwisata, harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata, sewa bus, sewa bus murah, kernet bus, sopir bus, sewa bus pariwisata bandung, sewa bus bandung, rental mobil, rental mobil murah, kuliner khas riau, Riau, kuliner, ikan, santan

Sumber: Kompasiana.com

Leave a Reply

three × two =

Need Help? Chat with us