Single Blog Title

This is a single blog caption

Kuliner Khas Provinsi Jawa Tengah yang Harus Kamu Coba!

Selain terkenal dengan orang-orangnya yang ramah, Jawa Tengah juga terkenal dengan banyaknya pilihan makanan yang punya ciri khas rasa, loh. Di artikel ini kita mau kasih tahu, makanan apa saja yang harus kamu coba kalau main ke daerah Jawa Tengah!

Tahu Petis

https://nusadaily.com/food/ini-9-warung-tahu-petis-terenak-di-semarang.html

Makanan ini berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis atau saus yang berwarna hitam dan kental, yang terbuat dari udang yang ada di tengah-tengah bagian tahu. Tahu ini memiliki rasa yang tidak asing dan goreng sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan dan hanya dibumbui dengan larutan garam dan juga bawang putih, Dan untuk petis memiliki rasa yang sedikit asing yang dapat menggugah selera maka ditambah dengan cabai rawit. Memiliki keunikan dari rasa petis yang memiliki bahan dasar udang yang beraroma harum dan enak. Semarang yang merupakan kota besar yang ada Di Jawa Tengah  yang memiliki banyak tempat wisata dan juga jajanan tahu petis yang enak.

Tempe Mendoan

https://akurat.co/gayahidup/id-1201791-read-resep-tempe-mendoan-ala-warkop-cocok-temani-santai-di-rumah-saja

Makanan yang satu ini sangat terkenal sekali di daerah Banyumas dan Purwokerto lho. Hampir di daerah Jawa Tengah ada makanan yang satu ini. Siapa yang tidak kenal dengan camilan yang satu ini? Mendoan masuk dalam salah satu gorengan paling terkenal di Indonesia.

Namun, sebenarnya, gorengan legendaris ini berasal dari Jawa Tengah. Ya, awalnya, makanan khas Jawa Tengah ini banyak ditemukan di daerah Purwokerto dan Banyumas.

Di daerah tersebut, mendoan memang disebut dengan nama yang berbeda, salah satunya adalah tempe kemul.

Jika kamu berkunjung ke daerah ini, maka akan banyak penjual mendoan yang menjajakan dagangannya. Bahkan, ada produksi tempe khusus untuk mendoan yang siap pakai. Sangat menarik, bukan?

Nasi Gandul

https://jatengprov.go.id/beritadaerah/maknyusnya-nasi-gandul-khas-pati/

Pernahkah kamu mendengar menu nasi yang satu ini? Ya, nasi gandul adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang menawarkan rasa yang khas. Berasal dari Pati, nasi gandul bisa menjadi menu makan siang atau makan malam yang sangat nikmat, terlebih untuk kamu yang suka dengan kuliner pedas.

Apa yang menarik dari menu nasi ini adalah rasa gurih yang begitu kental hadir dalam setiap butir nasi yang kamu makan. Selain itu, menu ini dilengkapi dengan daging sapi, telur dan disiram dengan kuah pedas yang akan menambah selera.

Dawet Ireng

https://lifestyle.okezone.com/read/2020/05/04/298/2208955/buka-puasa-enaknya-dengan-es-dawet-hitam-khas-purworejo-ini-resepnya

Kalau Kamu berada di Purworejo, ada baiknya jika kamu mampir ke warung dan merasakan dawet ireng. Ya, dawet iring adalah salah satu sajian khas dari Jawa Tengah. Seperti namanya, apa yang menarik dari minuman dawet ini adalah warnanya yang hitam.

Warna hitam dari dawet ini berasal dari bahan alami yang digunakan, yakni abu jerami. Bahan tersebut ditambahkan pada saat proses pembuatan cendol. Rasa dawet ini begitu nikmat dan manis. Menikmati dawet ireng di siang hari yang panas pasti akan sangat menyegarkan.

Brekecek

https://www.sumber.com/sumber-nesia/jawa-tengah/kuliner/brekecek

Brekecek adalah masakan tradisional berbahan dasar kepala ikan yang khas dari Cilacap, Jawa tengah. Makanan ini sangat unik dan memiliki cita rasa yang khas, sehingga digemari oleh masyarakat Cilacap dan para wisatawan yang datang kesana. Brekecek ini juga merupakan salah satu icon kuliner dari Cilacap yang sangat terkenal.

Selain rasanya yang khas, nama makanan satu ini juga sangat unik sehingga membuat orang yang tidak tahu menjadi penasaran dan ingin mencicipinya. Nama Brekecek sendiri diambil dari kata “Brek” yang artinya “dijatuhkan/ diletakan”  dan “kecek” yang berarti “dikecek/ dicampur”. Dalam proses pembuatannya, kepala ikan yang digunakan adalah ikan jahan. Ikan tersebut kemudian dipotong – potong lalu dimasak dan di kecek/di campur dengan bumbu khusus sehingga bumbunya meresap.

Nasi Grombyang

https://travelingyuk.com/nasi-grombyang-pak-h-warso/115644

Nasi Grombyang adalah sejenis nasi campur yang merupakan makanan khas dari masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Nama makanan ini berasal dari bentuk penyajiannya, yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan bergoyang-goyang.

Ramuan dari kuliner ini sendiri pun terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah, disajikan dalam mangkuk kecil dan dilengkapi dengan sate kerbau. Ciri khas lainnya dari nasi grombyang terletak pada tempat jualannya yang berupa kuali besar, tempat nasi ditutupi dengan kain merah, serta penerangan remang-remang lampu teplok. Pembeli menikmati hidangan dengan duduk di kursi kecil pendek.

Garang Asem

Namanya garang asem, makanan khas Grobogan, Jawa Tengah, yang kini sudah menyebar ke berbagai daerah karena cita rasanya yang unik. Garang asem merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah, tepatnya di Grobogan. Makanan ini berbahan dasar daging ayam yang disertai bumbu rempah-rempah. Garang asem disajikan sebagai lauk pendamping nasi. Keunikan garang asem terletak pada cita rasanya yang asam bercampur pedas. Rasa inilah yang menjadi asal-asal nama makanan ini menjadi garang asem.

Getuk Goreng

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbyogyakarta/getuk-goreng-sokaraja-2/

Getuk Goreng adalah makanan tradisional jenis getuk yang digoreng. Getuk sendiri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang dibumbui gula merah atau gula kelapa. Getuk Goreng ini merupakan jajanan khas dari daerah Sokaraja, Banyumas. Makanan satu ini sangat terkenal, sehingga Getuk Goreng ini sering dijadikan oleh – oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banyumas.

Menurut sejarahnya, makanan unik ini awalnya ditemukan secara tidak sengaja oleh Sanpirngad seorang penjual nasi keliling di daerah Sokaraja pada sekitar tahun 1918. Pada saat itu dia berjualan, namun getuk yang dijual tidak laku. Sehingga dia mulai mencari ide agar getuk tersebut masih bisa dikonsumsi lagi. Lalu dia mencoba menggoreng sisa getuk tersebut dan menjualnya lagi. Dan ternyata dari Getuk Goreng tersebut dia mendapat respon positif dari masyarakat. Ternyata Getuk Goreng yang dijual sangat diminati oleh masyarakat yang membeli. gimana kamu udah coba getuk goreng belum ?

Nasi Liwet

https://www.inews.id/travel/kuliner/resep-nasi-liwet

Nasi liwet adalah makanan khas Kota Solo berupa nasi gurih yang mirip nasi uduk. Disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

Nasi Liwet merupakan menu yang wajib dicoba bila datang ke Kota Solo. Nasi liwet dibuat dari beras yang dimasak dengan santan dan kaldu ayam. Nasi liwet biasa dihidangkan bersama sayur pepaya yang dimasak pedas, ditambah aneka lauk seperti telur rebus, daging ayam yang disuwir, kumut (dari bahan santan yang dikentalkan), hati/ampela ayam yang direbus dan tahu serta tempe bacem.

Mangut Beong

http://www.semangat45.co/read-news/pedasnya-mangut-beong-khas-magelang-yang-bikin-kamu-ketagihan

Masyarakat yang mudik melalui Kabupaten Magelang tidak ada salahnya singgah sebentar untuk beristirahat dan mencicipi hidangan khas Kabupaten Magelang yang terkenal, yakni Mangut Beong. Mangut Beong, satu di antara kuliner khas dari Kabupaten Magelang.

Mangut Beong ini sejatinya adalah masakan mangut seperti pada umumnya, tetapi yang membuatnya beda adalah ikan yang dimasak adalah ikan Beong. Ikan yang bernama latin Mystus Nemurus ini konon hanya dapat ditemukan di Kabupaten Magelang. Ikan Beong, orang-orang lokal menyebutnya, memiliki patil dan kumis seperti ikan Lele, warnanya hitam, sementara ekornya mirip dengan ikan bandeng. Tak banyak warung makan yang menjual masakan Mangut Beong ini. Hal ini dikarenakan populasi ikan Beong sebagai bahan utama masakan semakin menurun beberapa tahun belakangan.

Mie Ongklok

Mie Ongklok Longkrang, Via Instagram shintajulianaaa

Mie Ongklok adalah hidangan mie kuah yang khas dari Wonosobo, Jawa tengah. Mie Ongklok ini terbuat dari mie  yang direbus bersama dengan sayuran kemudian disiram dengan kuah kental dengan bumbu khusus yang sering di sebut “loh”, sehingga memiliki cita rasa yang khas pada Mie Ongklok ini. Mie Ongklok ini sangat terkenal, sehingga menjadi salah satu makanan tradisional khas dari Wonosobo, Jawa tengah.

Mie ini disebut Mie Ongklok karena menggunakan “Ongklok” dalam proses pembuatannya. Ongklok merupakan alat berbentuk keranjang kecil terbuat dari anyaman bambu yang digunakan untuk merebus mie tersebut. Dalam proses pembuatannya, mie, sayur kol, dan potongan kucai di masukan ke dalam ongklok. Kemudian dicelup – celup secara berulang – ulang kedalam air mendidih hingga matang. Setelah matang kemudian disajikan ke dalam mangkuk dan disiram kuah kental yang dibuat dengan bumbu khusus.

Leave a Reply

seventeen − 1 =

Need Help? Chat with us