Single Blog Title

This is a single blog caption

10 Besar Kota Wisata Terbaik di Indonesia! Ada Kotamu?

Indonesia terkenal dengan perkembangan wisata yang selalu bertambah setiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena potensi yang dimiliki setiap kota di Indonesia punya keindahannya masing-masing. Tak heran, Indonesia kini sudah memiliki lebih dari 900 tempat wisata yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Dari jumlah total tempat wisata yang tercatat, terdapat 10 kota dengan tempat wisata terbaik favorit turis lokal maupun turis mancanegara. Kira-kira kota mana saja yang termasuk dalam daftar tersebut? Apakah ada kota tinggalmu saat ini? Intip saja list-nya di bawah!

  1. Surabaya
sumber : instagram @helmi_topan

Kota pahlawan ini menerima penghargaan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 yang sukses menyaingi dan menjadi kota wisata terbaik, dibandingkan kota besar lainnya di Indonesia! Pasalnya, Surabaya bisa dibilang selalu menjadi yang terdepan dalam membangun kota yang nyaman dan layak untuk dikunjungi wisatawan lokal, hingga global. 

Berbagai destinasi wisata unik yang ditawarkan Surabaya membuat turis yang berkunjung tak segan menyebut kota ini sebagai ‘rumah’-nya, meski baru beberapa hari saja. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata buatan, semuanya bisa kamu kunjungi di Surabaya dengan masing-masing nuansa hiburan dan keindahan yang menarik.

  1. Denpasar
sumber : instagram @arifdankerdeck

Menjadi kota wisata berkelas internasional, bisa dibilang, Denpasar adalah kota andalan bagi turis kelas global untuk menghabiskan waktu liburannya di Indonesia. Bukan tanpa alasan, pulau Bali merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang masih kental akan budaya dan pesona alam yang terjaga dan asri. Tak heran, keindahan ini membuat Denpasar dan kota-kota lainnya di Bali tak pernah sepi pengunjung.

Selain terkenal dengan pesona alamnya, Denpasar sendiri merupakan pusat kegiatan bisnis, pemerintahan, juga destinasi wisata yang selalu berkembang, loh. Siapa sangka? Di sini kamu bisa menikmati keindahan berbarengan dengan keunikan yang ditawarkan, seperti wisata Ikan Hiu, wisata di Pusat Konservasi Kura-Kura dan Penyu, hingga wisata budaya dengan mengunjungi desa-desa yang istimewa.

  1. Bandung
sewa-bus-murah
sumber : instagram @riefbagja

Dikenal dengan kota kreatif, Bandung tak pernah tidur untuk mengembangkan dan meningkatkan sektor pariwisata dalam berbagai segmentasi seperti wisata kuliner, wisata belanja, juga destinasi wisata lainnya yang beragam. Letak kota yang berdekatan dengan Jakarta juga menjadikan Bandung sebagai destinasi wisata favorit warga ibu kota. Tentu bukan tanpa alasan, Bandung merupakan kota di Jawa Barat yang berlokasi di dataran tinggi, sehingga suasana di kota kembang pun lebih sejuk dan nyaman dibandingkan kota-kota lain di Jawa Barat.

Jika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Bandung, cobalah untuk berkunjung ke area Bandung Utara atau Bandung Selatan. Salah satu rekomendasi tempat wisata di Bandung Utara yang terkenal yang bisa kamu kunjungi adalah Farmhouse, Lembang. Di sana, kamu bisa menikmati keseruan kuliner dan pemandangan yang indah. Sementara rekomendasi tempat wisata di Bandung Selatan yang bisa kamu kunjungi adalah Danau Situ Patenggang yang murni menawarkan keindahan alam dan kecantikan danau.

  1. Semarang
sumber : instagram @fahmidwi24

Dijuluki sebagai Venetie Van Java, yang artinya keindahan Kota Semarang sama seperti keindahan yang dimiliki Kota Venesia di Italia. Tentu sebutan ini didasarkan dengan fakta menariknya. Semarang ternyata mempunyai sungai mengalir di tengah kota yang mempercantik pemandangan kota, sama seperti yang dimiliki di Venesia. 

Meski Semarang termasuk kota yang rawan terkena banjir, kota Semarang tak pernah patah semangat untuk membangun sektor pariwisata dengan serius, loh. Faktanya, kini Kota Semarang terbagi menjadi dua wilayah yakni Semarang Atas dan Semarang Bawah. Semarang Atas letaknya lebih tinggi, sehingga biasanya tidak terkena luapan air laut. Sementara Semarang Bawah berlokasi di dataran yang lebih rendah, yang membuat wilayah inilah yang rawan akan kebanjiran.

  1. Batam
sumber : instagram @ayubsetyobudi

Kota Batam termasuk jadi salah satu kota dengan lokasi paling strategis dan unik. Kenapa tidak? Dekat dengan Singapura membuat Kota Batam mempunyai kultur yang hampir sama dengan negara sebelah tersebut, dari segi kuliner, hingga tatanan suasana kota wisatanya. Meski begitu, Batam tetap dikenal dengan destinasi wisatanya yang beragam.

Dikenal dengan kota dengan bentuk kepulauan, membuat Batam memiliki karakteristik unik yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata buatan, wisata kuliner, hingga wisata belanja – semuanya bisa kamu temukan hanya dengan mengunjungi Batam!

  1. Yogyakarta
sumber : instagram @jogja.istimewa

Dikenal dengan kota yang masih menerapkan sistem kerajaan, keindahan Kota Yogyakarta selalu berhasil menarik hati para pengunjungnya. Biasanya, Yogyakarta menjadi destinasi liburan singkat maupun panjang terbaik bagi beberapa masyarakat. Tak hanya itu, kota ini pun tak jarang dijadikan sebagai destinasi andalan bagi beberapa sekolah untuk melakukan study tour karena banyaknya peninggalan budaya dan seni yang berharga.

Selain menawarkan berbagai tempat wisata, Yogyakarta atau biasa disebut Jogja, punya alternatif menarik bagi wisatawan yang mencari cafe atau tempat nongkrong kekinian dengan konsep yang beragam. Mulai dari cafe untuk nongkrong cantik di siang hari, hingga cafe yang menawarkan suasana santai di malam hari.

  1. Padang

Siapa yang tak kenal dengan berbagai kuliner khas Kota Padang? Selain dikenal dengan kulinernya yang legendaris, Padang memiliki segudang tempat wisata yang ciamik! Begitu banyak pilihan wisata yang bisa kamu kunjungi dan nikmati saat menyusuri kota seperti bermain di garis pantai yang menawan, hingga bermain paralayang di bukit yang fenomenal bernama Bukit Nobita.

Jika kamu penasaran kenapa bukit ini dinamakan Bukit Nobita, cobalah untuk mengunjunginya sendiri saat sedang di Padang. Kamu akan takjub dengan suasana dan pemandangan yang ditawarkan, karena memiliki kesamaan yang pas dengan pemandangan yang ada di film Doraemon, loh!

  1. Makassar
sumber : instagram @rickykukeko

Makassar atau dikenal juga dengan julukan Ujung Pandang merupakan kota wisata ke-8 dari 10 yang menjadi destinasi terbaik di Indonesia untuk liburan. Faktanya, meski tak se-terkenal kota besar lainnya, Makassar punya segudang keunikan dan keindahannya tersendiri saat kamu menjelajahinya secara keseluruhan. Destinasi wisata yang beragam bisa kamu temukan mulai dari tempat wisata berskala lokal, hingga tempat wisata dengan cita rasa internasional.

Tak hanya itu, Makassar juga diketahui memiliki tata letak yang strategis sehingga kota ini tak pernah sepi pengunjung saat momen liburan tiba, loh. Seperti salah satu destinasi wisata alam Makassar yang menjadi favorit wisatawan, Pulau Gusung. Kamu bisa menikmati keindahan pemandangan lautan biru, ditemani dengan putihnya pasir pantai.

  1. Balikpapan
sumber : instagram @adheefau1008

Kota terbesar di Kalimantan ini menjadi salah satu kota terbaik, ternyaman, dan terbersih di sektor wisata. Terbukti saat Balikpapan memboyong kurang lebih 18 penghargaan Adipura karena lingkungan dan kebersihannya yang tetap terjaga. Pernah menyandang sebagai The World’s Most Lovable City pada tahun 2015 yang memiliki arti bahwa Balikpapan adalah kota yang layak huni dan paling nyaman.

Tak hanya penghargaan yang beragam, Balikpapan juga memiliki berbagai pilihan wisata alam yang menawan mulai dari pantai eksotis, wisata kuliner pinggir sungai yang romantis, hingga wisata penangkaran buaya yang memacu adrenalin!

  1. Palembang
sumber : instagram @linggarama

Sudah memiliki status sebagai ‘kota’ sejak 16 Juni 688 M, membuat Palembang menjadi kota tertua di Indonesia! Namun keindahan yang diberikan tak pernah berhenti untuk selalu membuat para pengunjungnya takjub. Salah satu keindahan terbaru yang ditawarkan adalah saat Palembang dijadikan tuan rumah pada acara besar Asian Games 2018, kota ini tak segan untuk merubah penampilannya menjadi lebih indah dan istimewa!

Jika Kota Semarang adalah Venesia versi Jawa Barat, maka Palembang adalah Venesia versi Timur. Pemandangan yang ditawarkan ternyata memiliki keindahan yang sama dengan Kota Venesia di Italia. Bukan tanpa sebab, semua ini berkat Sungai Musi yang mengalir mengelilingi kota, loh.

Jadi, apakah kota asalmu masuk dalam list Kota Wisata Terbaik di Indonesia? Masuk ataupun tidak, kamu tetap bisa menikmati keindahannya dengan mengunjungi kota-kota di atas, kok! Jika jalur darat terlalu memakan biaya besar, kamu bisa menggunakan jalur darat dengan sewa bus dari Jackal Holidays Shuttle

Spesial buat kamu yang berada di Bandung, sewa bus pariwisata lebih murah dan mudah dijangkau saat memilih Jackal Holidays Pariwisata sebagai partner liburan. Liburan semakin nyaman saat pakai Jackal Holidays dengan klik tombol di bawah untuk cek harga sewa bus pariwisata!

Click Me

Kota wisata terbaik di Indonesia, ide destinasi wisata di Indonesia, kota terbaik untuk liburan di Indonesia, tempat wisata di Surabaya, tempat wisata di Denpasar, tempat wisata di Bandung, tempat wisata di Semarang, tempat wisata di Batam, tempat wisata di Yogyakarta, tempat wisata di Padang, tempat wisata di Makassar, tempat wisata di Balikpapan, tempat wisata di Palembang

Leave a Reply

13 − four =

Need Help? Chat with us