Single Blog Title

This is a single blog caption

Harga Bus Bisa 2 Miliar? Temukan Fakta Unik Bus di Indonesia Lainnya!

Kendaraan bus terkenal dengan bentuknya yang besar dan megah, termasuk bus di Indonesia. Di negara kita sendiri, bus terkenal dengan desain eksteriornya yang elegan dan interiornya yang mewah. Untuk mencapai bus dengan desain masa kini yang mewah, ada perubahan yang menarik setiap tahunnya.

Kini, bus berukuran besar dengan dek tinggi sudah menggunakan dua kaca atau double glass sebagai transformasi terbaru yang sedang digemari banyak Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia. Tak hanya fakta tentang keunggulan terbarunya yang memiliki double glass, bus juga punya fakta lain yang nggak kalah menarik untuk kamu ketahui! Apa sajakah fakta unik dan menarik tentang bus di Indonesia? 

  1. Mesin Bus Tetap Dinyalakan Saat Isi Solar

Berbeda dengan mobil pada umumnya, supir biasanya akan membiarkan mesin nyala dengan alasan agar AC bus tetap bekerja demi kenyamanan penumpang. Di samping itu, alasan mesin bus tetap menyala saat isi solar dikarenakan agar performa mesin berumur panjang. Mematikan atau menghidupkan mesin bus butuh prosedur khusus agar komponen turbo tidak mudah rusak.

  1. Mesin Tetap Menyala Saat Parkir

Sama alasannya seperti saat isi solar, mesin bus tetap dinyalakan untuk kenyamanan penumpang. Selain itu, alasan lainnya adalah mudah mematikan atau menyalakan mesin ketika parkir hanya akan membuat mesin turun performa atau mudah rusak. 

Sopir bus biasanya akan tetap menyalakan mesin jika hanya melakukan pemberhentian singkat. Perlu diketahui, proses mematikan atau menghidupkan mesin bus butuh waktu yang relatif lama demi menjaga performa mesin agar tetap awet.

  1. Pembuatan Bus Memakan Waktu Lebih dari 2 Bulan

Sebelum bus bisa beroperasi, ternyata waktu yang dibutuhkan cukup lama untuk membuat satu badan bus. Untuk mendapatkan bus baru tidak semudah membeli mobil di dealer pada umumnya. 

Bus harus dibuat sesuai dengan pesanan. Pembeli bus harus memesan ke produsen atau distributor, yang kemudian melanjutkan produksinya ke karoseri. Saat sudah di karoseri, semua proses pembuatan bodi, interior, pengecatan bodi, sampai pemasangan fitur dan fasilitas bus akan dilakukan sesuai dengan request PO.

  1. Harga Bus Hingga Rp 2 Miliar 

Selain pembuatannya yang memakan waktu cukup lama, untuk memiliki satu unit bus dengan fasilitas lengkap bisa memakan biaya hingga Rp 2 miliar!

Biasanya harga tersebut sudah termasuk fasilitas berkelas seperti memiliki toilet, USB Port, leg rest, dan smoking area. Ini baru harga pemula, jika PO menginginkan bus yang lebih besar tentu harganya pun lebih mengocek kantong.

  1. Kaca Depan Bus Menggunakan Tameng

Fakta terakhir yang tak kalah menarik adalah bus besar saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan dua kaca atau double glass untuk memaksimalkan perlindungan. Seperti salah satu bus di Jackal Holidays Pariwisata yang sudah menggunakan double glass pada kaca bagian depannya.

Selain itu, big bus Jackal Holidays juga memiliki fasilitas lengkap yang memadai seperti USB Port, bantal & guling, smoking area, 3 LCD TV, audio dan video, juga karaoke kit untuk menambahkan keseruan selama melakukan perjalanan bersama Jackal Holidays! Buat kamu yang sedang mencari sewa bus murah dengan fasilitas lengkap untuk kebutuhan liburan atau bepergian, klik di sini dan ketahui harga promo terbaik!

Tanya Langsung ke CS Kami

fakta unik bus di Indonesia, fakta menarik tentang bus, fakta unik mengenai bus, sewa bus murah, sewa bus murah di Bandung, sewa bus pariwisata murah, bus pariwisata bandung, sewa bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus pariwisata bandung, sewa bus murah bandung, bus murah bandung

Leave a Reply

13 − four =

Need Help? Chat with us