Single Blog Title

This is a single blog caption

Fakta Menarik Sejarah Huruf Plat Nomor di Indonesia

Kendaraan yang kita gunakan pastinya memiliki Plat Nomor Kendaraan pada depan atau belakang. Plat nomor artinya sebagai identitas dari kendaraan yang kita miliki dan memiliki arti dari masing-masing daerah. Tapi, Jackalian tahu tidak bagaimana asal-usul penamaan plat nomor yang ada di Indonesia?

Merangkum dari iradiofm.com, sejarah plat nomor di Indonesia berawal pada saat pasukan Inggris berhasil merebut Batavia dari tangan Belanda tahun 1811. Pada saat itu Inggris membawa sekitar 15.600 tentara dan terdiri atas 26 batalyon ketika itu. Dari setiap batalyon, diberilah kode penamaan huruf dari A sampai Z.

Setiap batalyon dari A sampai Z yang dapat dikatakan berhasil menaklukkan daerah-daerah di Indonesia, akan ditandai dengan memberikan kode huruf batalyon di plat nomor kendaraan setiap masing-masing daerah yang dikuasai.

Seperti yang kita ketahui, daerah Batavia atau saat ini dikenal dengan Kota Jakarta, plat nomor yang digunakan yaitu huruf B. Fakta dari penggunaan plat nomor tersebut ternyata dahulu Jakarta berhasil dikuasai oleh batalyon B. Begitupun seperti di Surabaya yang menggunakan plat nomor kendaraan bertanda L, yang artinya Kota Surabaya ditaklukkan oleh batalyon L.

Lalu, bagaimana dengan sebuah wilayah yang terdapat plat nomor dengan dua jenis huruf? Misalnya seperti Yogyakarta yaitu AB, hal tersebut dikarenakan Yogyakarta ketika itu ditaklukkan oleh batalyon A dan B.

Ketika Belanda sudah kembali merebut wilayah Hindia dari genggaman Inggris pada tahun 1816, aturan penggunaan plat nomor kendaraan tersebut tetap berlaku hingga digunakan bahkan sampai saat ini. Fakta menariknya adalah ketika itu berkembang dan juga diterapkan diberbagai negara Eropa untuk penggunaan plat nomor kendaraan.

Nah, gimana nih Jackalian sudah tahu kan sekarang kalo ternyata plat nomor yang ada pada kendaraan itu memiliki asal-usul yang menarik dari berbagai wilayah. Semoga penjelasan singkat mengenai asal usul penamaan plat nomor kendaraan diatas bisa menambah wawasan Jackalian ya!

Oleh : Selvi Esha Putri

source picture : garasi.id

Keyword : Bus pariwisata, sewa bus pariwisata, sejarah plat nomor, harga sewa bus, sewa bus murah, bus nyaman murah, sewa bus liburan, sewa bus jackal, sewa mobil, bus pariwisata bandung, sewa mobil bandung, rental mobil bandung, arti plat nomor, plat nomor indonesia

Leave a Reply

nine + 12 =

Need Help? Chat with us