Single Blog Title

This is a single blog caption

Cegah Insiden Kecelakaan, TransJakarta Siapkan Bus Academy

Dilansir dari Pikiran Rakyat, bahwa periode Januari-Maret 2022, kecelakaan bus TransJakarta sudah mencapai 207 kasus. Guna meminimalisir terjadinya angka kecelakaan yang meningkat, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) terus berupaya menghadirkan layanan terbaik melalui peningkatan kualitas dalam segala aspek, termasuk Sumber Daya Manusia. Salah satunya melalui rencana dengan membuka sekolah kompetensi melalui “Bus Academy” untuk menambah keahlian para pengemudi armada TransJakarta.

Menurut Direktur Utama TransJakarta, menjelaskan bahwa mengemudikan bus berukuran besar dengan lalu lintas yang padat di Jakarta membutuhkan keahlian khusus yang berbeda ketika mengendarai kendaraan biasa. Tak hanya mengemudikan bus besar di jalur biasa, para pengemudi bus TransJakarta juga harus mahir berkendara di jalur khusus bus dengan luasan yang sudah ditentukan di setiap halte atau pemberhentian, begitupun dibutuhkan keahlian khusus untuk mengemudikan BRT (Bus Rapid Test).

Lalu apa saja yang akan pramudi dapatkan jika mengikuti program tersebut? Baik milik swakelola maupun mitra operator nantinya akan dibekali hal-hal penting sebagai berikut:

  1. Pramudi akan mempelajari terkait pengoperasionalan bus seperti pengetahuan dan teknik mengemudi dalam menjaga keselamatan, antisipatif dan ekonomis baik dalam koridor TransJakarta maupun saat beroperasi di kondisi mixed-traffic.
  2. Pramudi juga akan diberikan pendidikan karakter agar dapat mengendara dengan lebih baik lagi, taat pada aturan berlalu lintas, dan melayani pelanggan dengan prima.

Tujuan dan harapan dari adanya program Bus Academy ini, tentu dapat agar dapat menjadi standard of excellence dalam mewujudkan profesi pengemudi yang berkompeten agar dapat memberikan pelayanan transportasi publik yang tentunya aman dan nyaman. Selain itu juga bisa dapat menjadi pioneer sekolah pengemudi yang dapat mencetak lulusan pengemudi yang kompeten dan berdaya saing tinggi, dan menjadi tempat pengembangan kompetensi, kurikulum, silabus juga modul pembelajaran untuk peningkatan kompetensi pengemudi TransJakarta. 

Jadi, kehadiran Bus Academy dari TransJakarta merupakan bentuk konsistensi perusahaan dalam meningkatkan aspek keamanan dan keselamatan operasi kepada pelanggan setia. Sekaligus sebagai tindak lanjut dari rekomendasi yang diberikan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). 

Oleh : Selvi Esha Putri

Keyword: Bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus pariwisata murah, sewa bus pariwisata bandung, bus pariwisata bandung pangandaran, bus pariwisata mewah, bus pariwisata jakarta, jackal holidays bandung, jackal holidays tours and travel bandung, jackal holidays bandara soekarno hatta, jackal holidays soekarno hatta, pengemudi jackal, bus academy

Leave a Reply

seventeen + 8 =

Need Help? Chat with us