Single Blog Title

This is a single blog caption

8 Kuliner Khas Papua yang Unik dan Wajib Dicoba

Oleh: Mutiara Rizky

Papua sebagai daerah paling timur di Indonesia dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa dan budayanya yang unik. Saat ini Papua juga dipilih sebagai lokasi Pekan Olahraga Nasional 2021 (PON XX). Terdapat banyak hal yang dapat dieksplorasi di Papua, salah satunya kuliner khas yang jarang ditemui di daerah lain. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Papua yang bisa kamu masukan daftar makanan yang wajib kamu coba!

  1. Udang Selingkuh

Foto: instagram @aidan_darwinds

Udang selingkuh merupakan hidangan yang sering dijumpai di Wamena. Hewan ini sendiri memiliki habitat di Sungai Baliem. Nama udang selingkuh sendiri diberikan karena melihat capit udang yang mirip seperti kepiting. Ukuran capit udang ini sangat besar hampir setara dengan capit yang dimiliki kepiting. Warga setempat menamainya dengan Udang Selingkuh karena asumsi adanya perselingkuhan antara udang dan kepiting. Biasanya Udang Selingkuh dimasak dengan cara yang sederhana seperti direbus atau digoreng.

  1. Sate Ulat Sagu

Foto: travelingyuk.com

Sate ulat sagu diambil dari batang pohon sagu dan dimasak dengan cara dibakar.Meskipun terlihat menjijikkan, tapi makanan ini kaya akan protein yang cukup tinggi dan cocok dimakan oleh penderita diabetes.Dalam budaya Papua, ulat sagu ini menjadi unsur penting dalam ritual perayaan oleh Suku Asmat. Sebuah ritual makanan disiapkan oleh Suku Kamoro dalam pemberian nama anak laki-laki mereka. Ritual makanan ini terdiri dari campuran tepung sagu dengan siput atau kerang jenis tertentu dan ulat sagu yang dibungkus dalam kemasan daun sagu berukuran panjang. travelingyuk.comtravelingyuk.com

  1. Sambal Colo-colo

Foto: tastemade

Siapa di sini penggemar sambal? Kamu wajib coba sambal Colo-Colo ini!  Asal dari sambal ini sebenarnya berasal dari kota Ambon dan Manado. Namun menariknya, sambal ini begitu familiar di Papua dan banyak yang mencarinya di sini. Rasa pedasnya sungguh khas, serta memiliki sedikit rasa asam dari kandungan jeruk nipis membuat sambal ini begitu segar dan cocok dimakan dengan makanan bakar. Tertarik untuk mencoba sambal Colo-Colo atau berminat membuatnya di rumah?

  1.  Kue Lontar

Foto: merdeka.com

Jika melihat foto di atas, pasti hal yang terlintas pertama kali adalah kue Pie.Nama kue lontar sendiri diketahui berasal dari bahasa Belanda londart. Arti dari londart sendiri adalah kue yang berbentuk bulat. Kue Lontar punya rasa yang manis seperti Pie Susu Bali, yang membedakan hanyalah ukurannya yang jauh lebih besar dengan isi yang lembut. 

  1.  Sagu Lempeng

Foto: tribunnewawiki

Sagu Lempeng merupakan kue yang sangat umum ditemukan di daratan Papua, bahkan dapat kamu cari di setiap sisi kota. Warga sekitar biasa menikmati ini bersama secangkir teh atau kopi hangat sambil bersantai di sore hari. Tapi jangan kaget ya jika gigitan pertama terasa sangat keras, karena inilah yang menjadi ciri khas Sagu Lempeng!

  1. Aunu Senebre

Foto: resepayahibu.blogspot.com

Kuliner satu ini terbuat dari bahan pokok, yaitu nasi dan ikan teri. Bumbu yang digunakan pun tidak terlalu banyak. Cara mengolahnya: nasi dan ikan teri digoreng, lalu dicampur dengan daun talas dan kelapa. Kemudian proses terakhirnya dikukus.  Rasa kuliner satu ini sangat gurih dan lezat. Teksturnya kering. Biasanya kuliner satu ini dimakan bersama dengan papeda.

  1. Kue Bagea

Foto: idntimes

Kue sagu bagea merupakan makan tradisional khas Indonesia timur, meliputi wilayah Papua-Papua Barat, Sulawesi, Maluku, dan juga Maluku Utara. Kue berwarna coklat ini terutama tersebar di daerah berpenduduk yang makanan pokoknya sagu, yaitu Maluku dan Papua. Kue sagu bagea cocok dinikmati kala menikmati sore hari bersama keluarga ataupun dijadikan oleh-oleh.

  1. Sarang Semut

Foto: liputan6

Sesuai namanya, bentuk makanan khas Papua ini mirip dengan sarang semut yang biasa ditemukan di sela-sela bebatuan. Sarang semut merupakan sebuah tanaman yang banyak diburu oleh wisatawan karena kandungannya yang sangat menyehatkan. Bisa dibilang, makanan ini berupa obat yang dapat mengobati beberapa penyakit.

Diantara 8 kuliner khas Papua di atas, mana yang paling ingin kamu coba?

Keyword: Papua, kuliner unik, makanan unik, makanan adat, makanan papua dari sagu, makanan papua adalah, makanan adat papua, makanan asli papua, makanan khas papua, makanan tradisional papua dan maluku, makan tradisional papua, PON XX, PON XX Papua.

———————————————————–

Leave a Reply

thirteen + 18 =

Need Help? Chat with us