Single Blog Title

This is a single blog caption

7 Tempat Wisata Candi Paling Eksotis di Indonesia

Dari sekian banyak tempat wisata di Indonesia, berkunjung dan berwisata sejarah melihat berbagai candi sering kali menjadi pilihan terbaik untuk berlibur. Bukan hanya Candi Borobudur dan Candi Prambanan saja yang bisa dieksplorasi, masih terdapat candi-candi peninggalan Hindu maupun Budha yang tersebar di penjuru nusantara ini memiliki berbagai keunikan dan cerita sejarah yang tak kalah menarik. Penasaran ada candi apa lagi yang bisa dikunjungi? 

  1. Candi Muara Takus

Foto : BARRY KUSUMA (kompas.com)

Candi yang berlokasi Riau, Sumatera ini dipercaya dibangun pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya. Jika pada umumnya candi dibangun menggunakan bahan andestis, Candi Muara Takus sedikit berbeda karena dibangun menggunakan batuan sungai, pasir, batu bata. Adapun terkait penamaan Candi Muara Takus terdapat dua pendapat. Pertama adalah nama candi ini diambil dari nama sungai kecil yang bermuara di Sungai Kampar. Sungai kecil tersebut namanya adalah Sungai Takus. Sedangkan pendapat kedua mengatakan bahwa penamaan Muara Takus diambil dari dua kata, yaitu Muara yang berarti tempat akhir dari aliran sungai, dan Takus diambil dari bahasa China yaitu Takuse. Ta dalam bahasa China berarti besar sedangkan ku berarti tua atau kuil. Maka secara keseluruhan, Muara Takus memiliki makna sebuah kuil atau candi tua yang besar dan berada di muara sungai. Apabila dilihat dari bantuk dan struktur Candi Muara Takus yang berupa stupa, candi ini diperkirakan digunakan sebagai tempat peribadatan dan ritual dari umat Budha saat itu, terutama Budha Mahayana.

  1. Candi Sukuh

Foto: Google Photo Ashar Bagus Riyadi

Candi Sukuh merupakan candi peninggalan prasejarah yang ada di daerah Karanganyar dan sudah dikenal oleh masyarakat luas sejak lama. Sekilas, candi ini mirip dendan Candi Chichen Itza suku Maya di Meksiko. Candi Sukuh memiliki tiga teras dan setiap teras anda akan disuguhi keunikan yang berbeda. Pada teras pertama merupakan gerbang utama untuk masuk candi kemudian dilanjutkan ke teras ke dua terdapat gapura yang sudah rusak dan tidak utuh lagi. Di samping kanan dan samping kiri gapura tersebut terdapat patung dwarapala yang merupakan patung penjaga gapura tersebut. Berjalan menuju teras ketiga maka anda bisa melihat terdapat pelataran yang lumayan besar tempat Candi Sukuh berada. Teras ke tiga ini merupakan teras terakhir dan yang paling utama.

  1. Candi Gunung Sari

Foto: Wikimedia

Candi beraliran Hindu Siwa yang berlokasi di Magelang ini merupakan tempat ditemukannya prasasti Canggal. Candi Gunung Sari diduga merupakan peninggalan abad ke-6 hingga ke-8 yang membuatnya menjadi candi tertua di tanah Jawa, lebih tua dari Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Keasrian sekitar candi ini membuat daya tarik tersendiri. Sesampainya di candi Gunung Sari kalian akan melihat pemandangan dari atas ketinggian. Batu-batu di candi Gunung Sari ini merupakan hasil dari dari temuan di berbagai lokasi selain yang ada di puncak bukit. Ada pula batu yang ditemukan di jalan menuju ke puncak. Dari strukturnya di duga kuat gerbang utama candi masih terpendam tanah.

  1. Candi Brahu

Foto: Instagram/@djawabatik

Candi Brahu merupakan tempat pemujaan Agama Budha, hal ini dapat dilihat dari gaya bangunan sisa profil atas stupa pada sudut timurlaut atap serta di dukung temuan arca-arca Budha. Di dalam bilik candi hanya terdapat susunan bata yang menyerupai sebuah altar.Di sekitar Candi Brahu ditemukan benda kuna terbuat emas dan perak, berupa enam arca Budha dan lempengan perak dengan tulisan kuna. Benda-benda ini sekarang disimpan di Museum Nasional Jakarta,maka kemungkinan besar Candi Brahu merupakan candi berlatar belakang Agama Budha. Pada tahun 1963, sekitar 45 m ke arah barat daya Candi Brahu (Desa Bejijong) telah ditemukan empat buah lempengan tembaga (Prasasti) bertuliskan huruf kuna, diduga dari abad X. 

  1. Candi Jabung

Foto: https://idsejarah.net/

Candi Jabung yang terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, adalah salah satu destinasi wisata yang tak pernah surut dari pengunjung sampai saat ini. Hal yang menarik adalah material bangunan candi berupa batu bata merah berkualitas tinggi yang kemudian diukir dalam bentuk relief. Struktur bangunan candi yang hanya dari bata merah ini mampu bertahan ratusan tahun. Candi utama ini terbuat dari batu merah dengan ukuran panjang 13,11 meter, lebar 9,58 meter dan tinggi 15,58 meter. Ditinjau dari sudut arsitektur Candi Jabung sangat menarik, karena bagian tubuhnya berbentuk bulat (silinder) yang berdiri di atas bagian kaki Candi bertingkat tiga berbentuk persegi. Sedangkan bagian atapnya berbentuk stupa. Letak pintu bilik Candi berada disebelah barat, maka Candi Jabung menghadap ke barat.

Itulan beberapa rekomendasi candi di Indonesia yang bisa jadi destinasi traveling kamu selanjutnya. Tertarik untuk lanjung jelajahi keragaman candi yang ada di Indonesia? Kamu bisa lho bepergian bersama-sama keluarga atau rekan kerja dengan menggunakan Jackal Holidays Pariwisata. . Berdiri sejak tahun 1988, Jackal Holidays berkomitmen untuk membuat kamu nyaman selama perjalanan. Banyak pilihan armada yang dapat kamu gunakan mulai dari mini bus, medium bus, hingga big bus dengan fasilitas yang super lengkap. 

Tertarik untuk liburan dengan Jackal Holidays Pariwisata? Yuk hubungi kami sekarang dengan klik tombol whatsapp yang ada di sudut kanan website ini!

Penulis: Mutiara Rizky Setiawan

Keyword: sewa bus pariwisata bandung, sewa bus pariwisata bandung pangandaran, sewa bus pariwisata bandung jogja, sewa bus pariwisata per hari, nyewa bus pariwisata, promo sewa bus pariwisata, sewa bus pariwisata cimahi, list harga sewa bus pariwisata, sewa bus pariwisata di bandung, sewa bus pariwisata jakarta bandung, tempat wisata sejarah, wisata candi di Indonesia, candi Jabung, Candi Brahu, Candi Gunung Sari, Candi Sukuh, Candi Muara Takus. 

Leave a Reply

17 − 1 =

Need Help? Chat with us