Single Blog Title

This is a single blog caption

5 Wisata Bawah Laut

Snorkeling maupun diving merupakan pilihan wisata yang populer jika berliburan ke sebuah pulau. Karena keindahan alam bawah laut, sangat sayang jika dilewatkan.

Di Indonesia ada banyak sekali wisata alam bawah laut yang sangat indah. Tentunya tempat-tempat ini tak hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi menjadi salah satu tujuan wisata dunia juga.

Penasaran? Yuk lihat beberapa tempat wisata bawah laut Indonesia.

  1. Taman Wisata Laut Wakatobi
jufrihanuddi

Taman Nasional Wakatobi memiliki 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertebing  curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter.

Di samping keindahan aneka ragam terumbu karang, tersaji indah 93 jenis ikan konsumsi perdagangan dan ikan hias.

  1. Taman Wisata Laut Karimunjawa
karimunjawapiknik

Taman Wisata Laut Karimunjawa memiliki 242 jenis ikan hias dan 133 genera fauna akuatik. Secara garis besar fauna yang ada di Kepulauan Karimunjawa terdiri atas 2 kelompok, yaitu kelompok daratan dan kelompok perairan. 

Kelompok perairan meliputi terumbu karang, spons, karang lunak, akar bahar, kerang merah, penyu, dan ikan hias. Sebagian besar pantai di Karimunjawa berpasir putih. 

Kegiatan menyelam cocok dilakukan di Tanjung Gelam yang terletak di Karimunjawa, Pulau Menjangan Kecil, dan Pulau Cemara Kecil. Sementara itu, kegiatan berenang di pantai dan berjemur cocok dilakukan di Pulau Menjangan Besar dan Pulau Cemara Kecil.

  1. Taman Wisata Laut Selat Pantar
seribulangkah.ntt

Keindahan pemandangan Selat Pantar tidak kalah menarik dibandingkan dengan taman laut seperti Bunaken, Raja Ampat, dan lainnya. 

Wisata bawah laut ini sering dikunjungi para diver profesional karena terdapat tanaman atau terumbu karang yang menurut mereka langka.

Selat Alor terletak di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selat Alor memiliki kekayaan alam yang sangat mempesona dan indah, bahkan sampai dibandingkan dengan taman laut Karibia.

Para diver bisa berinteraksi dengan ikan hiu yang amat bersahabat. Salah satu spot terindah ada di Half Moonbay, Peter’s Prize, Crocodile Rook, dan Shark Close yang menjadi favorit.

  1. Taman Wisata Laut Taka Bonerate
meniksuyani

Taman Nasional Takabonerate terletak di daerah Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Ditetapkannya Taman Nasional ini pada tahun 2001.

Sejak Tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate telah dicalonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.

Taman nasional ini memiliki atol, suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna sebagian atau seluruhnya, terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Marshal dan Suvadiva di Moldova.

Luas atol mencapai 220.000 hektar dengan terumbu karang yang tersebar luas mencapai 500 km2. 

Terdapat sekitar 295 jenis ikan karang dan berbagai jenis ikan konsumsi. 244 jenis moluska, aneka jenis penyu, dan terumbu karang yang sudah teridentifikasi sebanyak 261 jenis dari 17 famili. 

Sebagian besar jenis-jenis karang tersebut telah membentuk terumbu karang atol (barrier reef) dan terumbu tepi (fringing reef). Semuanya merupakan terumbu karang yang indah dan relatif masih utuh.

  1. Taman Wisata Laut Pulau Menjangan
ferry_mozard

Pulau Menjangan salah satu taman wisata yang terdapat di Kawasan Taman Nasional Bali Barat menawarkan tempat snorkeling dan diving terbaik di Bali.

Terdapat banyak jenis terumbu karang yang mengelilingi Pulau Menjangan. Termasuk jenis-jenis spesies yang hidup berdampingan dengan terumbu karang yang sangat mempesona.

Menjangan memiliki wall diving terbaik dengan visibility yang baik dan penuh warna sekaligus kaya akan biota laut. Pulau Menjangan dikelilingi terumbu karang dan formasi batuan yang kompleks. 

Formasi batuan tersebut membentuk sejumlah gua-gua besar dan kecil yang menjadi habitat bagi terumbu karang, karang lunak, Kerapu, dan Belut Moray. 

Di gua-gua kecil juga terdapat Kakap dan Batfish yang terlihat hilir mudik. Dasar lautnya juga kaya akan Barrel Sponge dan Sea Fan yang berukuran sangat besar. 

Kedalaman laut dan aliran arus yang tenang menjadikan Menjangan tempat hidup ikan Tuna, gerombolan Jackfish, Angelfish, dan beragam jenis penyu, hingga hiu karang.

Sewa Bus Murah Disini!

Tips Mudik, persiapan mudik, barang bawaan mudik, harga tiket masuk, tempat hits jawa tengah, tempat wisata keluarga, sewa hiace, sewa bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus murah, sewa mobil bandung, rental mobil bandung, sewa mobil harian, sewa mobil murah, sewa mobil lepas kunci, rental mobil murah, rental mobil aman.

Leave a Reply

fifteen + 15 =

Need Help? Chat with us