Single Blog Title

This is a single blog caption

5 Event Tahunan Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi!

Membahas soal Jogja, sudah pernah ke Yogyakarta? Kota yang nggak pernah habis keunikannya, kesenian nya bahkan yang nggak kalah seru festival tahunannya. Kalau kamu berencana ingin ke Yogyakarta tahun ini, pastikan festival tahunan berikut masuk dalam list-mu ya!

  1. Grebeg Syawal

Grebeg Syawal sebuah event yang dilakukan oleh Kraton Jogja sebagai bentuk rasa syukur Sultan atas hadirnya Idul Fitri, setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Dalam acara tersebut kamu akan menemukan sebuah gunungan yang diarak dalam sebuah Pagelaran Keraton Yogyakarta menuju halaman Masjid Agung di Kauman dengan maksud untuk mendoakan kebaikan, kesejahteraan, kemakmuran, dan kebahagiaan oleh para ulama keraton. Grebeg Syawal bisa kamu kunjungi bulan Mei nanti ya!

  1. Pasar Kangen

Event ini cocok untuk kamu yang senang eksplorasi kuliner, kebayang nggak? Dalam satu acara kamu dapat menemukan beragam jajanan khas Yogyakarta yang tidak hanya tradisional saja, tetapi juga unik dan langka. Bukan hanya makanan saja, di pasar ini kamu juga dapat berburu barang jadul dan etnik. Karena rutin digelar setiap tahun, kamu bisa bernostalgia dengan jajanan lokal di bulan Juli ya!

  1. ARTJOG

Penikmat seni kontemporer nggak boleh kelewatan sama event satu ini! Karena kesuksesan event ini selalu terlihat setiap tahunnya dengan menarik pengunjung yang selalu ramai dan menyajikan ruang pameran yang unik dan artistik. ARTJOG juga dianggap sebagai barometer seni kontemporer di Indonesia karena di acara ini kamu dapat bertemu dengan pelaku seni dari berbagai kalangan dalam negeri dan luar negeri, dari mulai karya performance art dan seni instalasi. Event ini biasanya diadakan berlangsung selama sebulan penuh dalam kisaran periode bulan Mei, Juni atau Juli. 

  1. Ratu Boko Festival

Kalau kamu ingin menghadiri sebuah event sekaligus berwisata ke sebuah candi, Ratu Boko Festival jawabannya! Ratu Boko Festival merupakan festival seni dan budaya yang meliputi kesenian tradisional musik, dan melukis di Ratu Boko dengan balutan alam dan arsitektur masa lampau. Wisatawan yang berkunjung pada festival ini juga tidak kalah ramai, bahkan hingga wisatawan mancanegara selalu meningkat jumlah kehadirannya. Siap-siap di bulan September ya!

  1. Ngayogjazz

Festival ini menghadirkan performance dengan nuansa musik tradisional dikombinasikan dengan musik Jazz dan digelar di desa-desa Yogyakarta, selalu diikuti dengan berbagai komunitas dan musisi muda. Kamu juga dapat menikmati penampilan seni dan tradisi yang biasa disebut “open jam session”.  Event unggulan di bulan November ini menjadi sebuah festival jazz pada biasanya.

Dari kelima event tahunan diatas, kira-kira event apa yang paling ingin kamu kunjungi? Mulai dari lokasi dan waktu penyelenggaraan jangan lupa kamu pertimbangkan ya. Tetap selalu patuhi protokol kesehatan agar perjalanan wisatamu tetap aman dan seru! Apalagi keseruannya barengan dengan bus Jackal Holidays Pariwisata!

Oleh : Selvi Esha Putri

Keyword: Yogyakarta, event jogja, artjog 2022, ngayogjazz, kuliner jogja, wisata jogja, event gratis, bus pariwisata nyaman, sewa bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus murah, sewa mobil bandung, rental mobil bandung, sewa mobil murah, sewa mobil lepas kunci, rental mobil murah, rental mobil aman

source: Unsplash

Leave a Reply

15 + one =

Need Help? Chat with us