Single Blog Title

This is a single blog caption

12 Wisata Kota Malang yang kamu harus kunjungi.

Jawa Timur mempunyai beberapa kota yang terkenal sebagai kota wisata, salah satunya adalah kota  Malang. Malang terkenal dengan beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan mulai dari wisata edukasi, wisata alam, wisata sejarah, wisata seni dan budaya sampai wisata religi yang tak kalah menariknya. Adanya Tol Cipali yang menghubungkan antar provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, kota Malang sekarang ini menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari daerah lain, kamu bisa mudahnya pergi menggunakan mobil pribadi, bus pariwisata, dll.

Di artikel ini kita akan ngebahas wisata terbaru dan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke kota Malang.

  1. Museum Tubuh
https://wisatakaka.com/wisata-edukasi-museum-tubuh-bagong-adventure/

The Bagong Adventure Museum Tubuh adalah museum tubuh manusia pertama di Indonesia dan terbesar di Asia saat ini. Museum Tubuh berlokasi satu area dengan Jawa Timur Park 1 di Jl. Kartika No. 2 Kota Wisata Batu. The Bagong Adventure Museum Tubuh merupakan tempat wisata edukasi yang menampilkan anatomi tubuh manusia. Berdiri di atas lahan 1 hektar, museum berbentuk relief tubuh manusia dengan karakter Bagong, yang terdiri dari 6 lantai.

Pembelajaran anatomi tubuh manusia di Museum Tubuh The Bagong Adventure ini dilengkapi dengan fasilitas multimedia yang modern guna mendukung zona di dalamnya. Mulai dari zona gigi, zona telinga, zona hidung, zona otak, zona mata, zona pembuluh darah, zona jantung, dan masih banyak zona lainnya.

Kamu bisa apa aja kalo mengunjungi Museum Tubuh?

Pengunjung Museum Tubuh bisa mendapatkan check up secara gratis dengan tenaga medis di ruang pemeriksaan yang ada di dalam Museum Tubuh. Pemeriksaan gratis yang akan didapatkan pengunjung antara lain pemeriksaan mata, cek lemak tubuh, cek osteoporosis, cek kolesterol, cek asam urat, dan cek gula darah. Semua ini bisa didapatkan gratis bagi pengunjung museum tubuh.

  1. Wisata Petik Apel

Apel Malang, mungkin kamu sering mendengar buah yang terkenal di Indonesia ini, apakah betul apel Malang itu berasal dari kota Malang? Betul kamu bisa berwisata untuk memetik langsung buah apel yang terkenal itu di beberapa tempat di kota Malang.

Salah satu tempat Wisata petik apel Batu Malang yang bisa kamu kunjungi adalah Agrowisata Petik Apel Kelompok Tani Makmur Abadi. Di sini kamu akan menikmati sensasi memetik apel yang masih segar langsung dari pohonnya. Ya, kamu bisa memetik buah apel sebanyak mungkin, tanpa dibatasi.

Tempat pemetikan buah apel ini terletak di Jalan Pangeran Diponegoro No. 24, Tulungrejo, Batu. Kamu bisa memakainya sepuas hati dengan hanya membayar biaya yang sangat murah, yaitu sekitar Rp 25.000 rupiah hingga 30.000 rupiah sekali masuknya.

https://www.topwisata.info/2019/03/agro-wisata-petik-apel-ktma-batu-malang.html
  1. Jatim Park

Jatim Park dibagi jadi 3 tematik park saat ini kamu bisa memilih untuk berkunjung ke Jatim Park di Batu, Malang. Yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3.

Apa saja beda nya? Pada jatim Park 1 mengusung konsep edukatif-mekanik, fisika dan perkembangan ilmu pengetahuan dengan wahana lebih dari 50 item. Di tempat ini, kamu akan disuguhkan beberapa diorama fisika dan biologi, museum pengetahuan dan taman edukasi di bidang sejarah, mitologi dan budaya. Contoh wahana yang ada di jatim Park 1 seperti sky swinger, air bone shot, flying tornado, rumah hantu, model coaster, taman agro, dll.

JTP 2 memilih konsep dunia satwa yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan seputar dunia binatang kepada masyarakat. Hal ini sangat tampak dari berbagai wahana yang disediakan mulai dari museum satwa, pertunjukan hewan dan taman secret zoo. Akan tetapi JTP 2 juga menyediakan wahana hiburan seperti rumah hantu dan coaster. Total wahana bermainnya sekitar 30 lebih dengan didominasi konsep flora dan fauna.

JTP 3 berkonsep wisata yang menyediakan wahana untuk keseruan berswafoto. Di tempat ini disediakan berbagai macam spot foto menarik mulai dari patung lilin para orang-orang terkenal di dunia, zona ala korea, Amsterdam hingga layaknya kehidupan dinosaurus di zona Jurassic Park / dino Park.

https://www.datawisata.com/jatim-park-1-malang
  1. Museum Angkut

Museum angkut sendiri menjadi salah satu museum transportasi modern pertama yang ada di Indonesia. Museum ini sendiri memiliki unsur seni dan budaya serta sekaligus mengusung konsep edukasi serta hiburan bagi para pengunjung. Pertama kali dibuka pada tahun 2014, rupanya museum ini telah menyedot banyak sekali perhatian dari wisatawan setiap tahunnya.

Bagaimana tidak? Destinasi wisata ini ini mengusung konsep yang cukup brilian sebab wisata ini juga tercatat menjadi museum transportasi pertama yang ada di Asia. kamu dan juga keluarga akan menemukan banyak sekali transportasi transportasi dari dalam negeri dan juga dari luar negeri yang tidak akan kamu jumpai di manapun.

https://travelspromo.com/promo-tempat-wisata/tiket-masuk-museum-angkut-malang/
  1. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular (BNS) Kota Batu bisa menjadi pilihan wisata ketika berkunjung ke Kota Malang dan sekitarnya. Berlokasi Oro-Oro Ombo dengan mengintegrasikan berbagai tempat hiburan malam yang ramah untuk keluarga.

Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana memukau seperti lampion garden, trampoline, atau cinema 4D. Terdapat juga wahana menegangkan seperti drag race atau mouse coaster, dll yang akan menguji adrenalin pengunjung.

BNS tidak hanya dapat dinikmati kalangan muda, juga untuk segala usia. Karena letaknya di dataran tinggi, pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan alam yang gemerlapan kota Malang. Ditambah dengan gemerlapnya lampu wahana unik sehingga pengunjung akan mendapatkan kenangan tak terlupakan.

https://www.pintuwisata.com/tempat-wisata/batu-night-spectacular-malang/
  1. Hawai Waterpark

Hawai Water House adalah salah satu wahana yang di dunia ini hanya terdapat di 5 negara di Asia, salah satunya yaitu di Indonesia, Kota Malang. Water House adalah permainan air jenis anak-anak terbesar di Indonesia yaitu memiliki luas area sekitar 1500 m2. Wahana ini memiliki total seluncuran sebanyak 6 unit. Wahana ini sebenarnya tidak hanya untuk anak-anak akan tetapi juga untuk orang dewasa juga. Ketinggian seluncuran juga bervariasi mulai dari 3 m hingga 18 m. Cukup untuk memacu adrenalin kamu dalam bermain air.

https://amazingmalang.id/9-wahana-nagih-di-hawai-waterpark-malang/
  1. Wisata Selecta 

Wisata Selecta Malang merupakan salah satu dari beberapa objek wisata favorit di kota Batu, Malang. Bahkan keberadaannya sudah ada sebelum muncul wisata-wisata terkenal seperti sekarang seperti wisata Taman Kelinci, Jatim Park, museum Angkut dan masih banyak wisata terkenal lain nya.

Memang keberadaan wisata sudah lama berdiri, tapi hal tersebut tidak menurunkan niat para wisatawan selalu berkunjung di wisata Selecta Batu Malang, sehingga begitu cocok bagi sobat kunjungi ketika musim liburan atau pun akhir pekan bersama keluarga.

Daya tarik dari taman Selecta yakni memiliki udara sejuk, pemandangan taman indah nan bersih, sehingga membuat para pengunjung betah berlama lama di lokasi wisata. Namun bagi kamu yang ingin ke taman bunga Malang, lokasi taman rekreasi berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Malang, Jawa Timur. Bila dari pusat kota letaknya kurang lebih 25 KM sedangkan dari pusat pemerintahan kota Batu kurang lebih cuman 4 KM.

https://jejakpiknik.com/taman-selecta/
  1. Mata Air Sumber Sirah

Sumber Sirah salah satu objek wisata alam yang bisa menjadi salah satu andalan bagi traveler dan keluarga berlibur bersama. Sesuai dengan sebutan namanya sumber sirah merupakan kolam sumber mata air dengan pemandangan alami yang indah. Wisata ini mempunyai karakter yang hampir serupa dengan Sumber Sirah Tulungagung. 

Keindahan alamnya bisa dilihat di dasar kedalaman kolam yang terdapat ganggang hijau yang tak kalah menariknya dengan pemandangan di sekitarnya. Para traveler yang berkunjung ke sumber sirah kerap kali menikmati pemandangan sekaligus bermain air di telaga ini. Pemandangan yang masih alami juga dimanfaatkan oleh traveler untuk berswafoto. Banyak spot foto yang bagus untuk di-upload di berbagai sosial media bahkan untuk konten vlog atau youtube.

https://jatim.tribunnews.com/2020/12/24/harga-tiket-masuk-wisata-sumber-sirah-malang-bisa-berenang-sambil-lihat-ganggang-hijau-ikan-ikan
  1. Coban Nirwana

Wisata Alam sudah pasti dan akan selalu digemari oleh sebagian besar wisatawan. Dalam hal ini, Malang menjadi destinasi unggulan karena anugerah alam sudah sedemikian tersebar di setiap bagiannya.

Jenis wisata alam apa saja yang semua orang inginkan, hampir semua bisa ditemukan di Malang Raya. Tidak terkecuali air terjun. Jika sebelumnya ditulis mengenai Air Terjun Coban Rondo. Artikel ini akan mengulas “coban” yang terbilang masih baru populer, yakni Coban Nirwana.

Sebelum banyak yang tahu, sebenarnya nama air terjun ini adalah Coban Mbok Karimah. Nama tersebut berkaitan dengan nama sesepuh yang tinggal di sekitar air terjun. Seiring banyak yang terpikat oleh keindahannya, namanya pun diganti menjadi Coban Nirwana.

https://c.mi.com/thread-1857299-1-0.html?mobile=no
  1. Coban Rondo

Tidak salah memang jika banyak orang yang mengatakan bahwa kabupaten Malang merupakan kabupaten dengan ribuan air terjun. Pasalnya, banyak sekali air terjun baik yang sudah dimanfaatkan untuk pesona wisata maupun yang belum terjamah oleh tangan manusia. 

Nah, salah satu air terjun yang sudah dimanfaatkan untuk objek wisata adalah Air Terjun Coban Rondo. Air terjun ini merupakan salah satu dari beberapa air terjun yang namanya sudah tersohor tidak hanya di telinga warga Malang dan sekitarnya namun juga di telinga orang orang yang tinggal di luar Malang. Air terjun yang terletak di Desa Pujon, Kabupaten Malang ini tidak saja menjadi destinasi wisata warga Kota Malang dan sekitarnya tapi juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Tidak jarang pula air terjun ini diliput oleh media televisi lokal maupun nasional untuk menunjukkan kecantikan air terjun ini.

https://review.bukalapak.com/travel/coban-rondo-malang-98623
  1. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang tersebar di wilayah Malang Raya. Pantai Balekambang ini terletak di Desa Sri Gonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Pura Amarta Jati yang terletak di Pulau Ismoyo yang menjorok masuk dari bibir pantai dan dilewati dengan jembatan ini menjadi tempat peribadatan Nyepi setiap tahun sekali. Pura ini membuat Balekambang mirip seperti Tanah Lot di Bali.

https://travel.kompas.com/read/2020/07/26/141054627/7-wisata-pantai-di-malang-selatan-ada-pantai-balekambang?page=all
  1. Pantai Ngliyep

Siapa yang tidak mengenal Pantai Ngliyep di Kota Malang. Pantai yang terkenal sejak era 1980-an ini memang salah satu destinasi wisata favorit. Memiliki luas area 10 Ha membuat pengunjung bisa bermain dengan lega dan puas.

Nama Ngliyep sendiri bisa diartikan orang yang melihat ke pantai ini akan merasa mengantuk dan tertidur. Memang mulai dari suasana pantai, ombak dan pasir sangat menenangkan. Dikelilingi oleh tebing yang curam dan hamparan hutan tropis yang menyegarkan mata. Tak salah memang jika pantai ini menjadi pilihan pertama wisatawan penyuka pantai.

https://www.kanalmalang.net/2017/08/rute-jalan-harga-tiket-masuk-pantai-ngliyep-malang-selatan.html

Leave a Reply

18 − thirteen =

Need Help? Chat with us