Single Blog Title

This is a single blog caption

10 Julukan Unik Tiap Kota di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Setiap kota di Indonesia memiliki keunikan dari segi sejarah, pemandangan alam, hingga adat istiadatnya. Tak heran beberapa kota diberikan julukan-julukan yang menggambarkan kondisi kota tersebut. Penasaran dengan julukan-julukannya?

  1. Kota Aceh – Kota Serambi Mekkah

Sumber Foto: Wikipedia

Kenapa ya Aceh diberi julukan Kota Serambi Mekkah? Menurut sejarah, 

Aceh dulu adalah tempat berkumpulnya jamaah calon haji yang ingin melanjutkan perjalanan ke Mekkah Al Mukarramah untuk menunaikan ibadah haji melalui Selat Malaka di Aceh. Malah menurut sejarah, para jamaah calon haji dari berbagai daerah di Indonesia saat itu dan setibanya di Aceh mereka lebih dulu belajar manasik haji sampai berbulan-bulan sebelum melanjutkan perjalanannya ke Mekkah.

Salah satu lokasi tempat belajar manasik haji yang sangat terkenal di Aceh ketika itu adalah di Pelanggahan yang terletak di pinggir Krueng Aceh,di mana kapal-kapal saat itu banyak berlabuh. Kampung Peulanggahan ini termasuk kampung yang sangat maju, karena letaknya di pinggir kuala Aceh dan termasuk bandarnya Banda Aceh ketika itu. 

  1. Bogor – Kota Hujan

Sumber Foto: berita satu

Bogor disebut kota hujan karena kemarau pun banyak hujan, di mana musim kemaraunya sangat pendek. Data dari berbagai sumber menjelaskan Kota Bogor terletak pada ketinggian 190 sampai 330 m dari permukaan laut. Udaranya relatif sejuk dengan suhu terendah di Bogor adalah 21,8°C, paling sering terjadi pada Bulan Desember dan Januari. Wilayah Bogor  yang terletak pada kaki Gunung Gede dan Gunung Salak membuat kawasan ini sering dilanda hujan orografi (hujan yang terjadi di daerah pegunungan).

  1. Pekalongan – Kota Batik

Sumber Foto: Java Travel

Batik merupakan salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang popularitasnya sudah mendunia. Hampir setiap wilayah di Indonesia, khususnya Jawa memiliki kekhasan batiknya masing-masing. Salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil Batik di Indonesia adalah Pekalongan. Hal ini membuat Kota Pekalongan yang berada di Jawa Tengah dijuluki sebagai Kota Batik. 

  1. Bandung – Paris Van Java

Sumber foto: Disparbud Jabar

Julukan Paris Van Java itu sudah tersemat untuk Bandung sejak 1889-1904 di masa kolonial Hindia Belanda, serta dipopulerkan Belanda. Julukan tersebut sengaja dibuat untuk menarik turis agar berkunjung ke Hindia Belanda. Bandung sebagai Paris-nya Pulau Jawa muncul karena menjadi pusat gaya busana. Saat itu, gaya fesyen Bandung sangat Paris. Era 1900 terdapat satu toko bernama Aud di Jalan Braga. Toko tersebut adalah tempat bagi warga Bandung yang ingin tampil kekinian. Tahun 1913, Aug berganti nama jadi Au Bon Marche Modemagazijn dari bahasa Perancis. Model busana terbaru dari Paris selalu dipajang di toko ini.

  1. Banyuwangi – The Sunrise of Java

Sumber foto: Pantainesia.com

Banyuwangi terletak di ujung Timur Pulau Jawa. Oleh karena itu, kota ini merupakan spot terbaik untuk melihat matahari terbit. Ketika sudah waktunya matahari terbit, maka perpaduan warna biru dan jingga benar-benar menyuguhkan pemandangan yang memukau sehingga sulit untuk dilupakan. Maka dari itu, tak heran pula apabila Banyuwangi mendapatkan julukan the Sunrise of Java.

  1. Surabaya – Kota Pahlawan

Sumber foto: https://travel.kompas.com/

Surabaya disebut sebagai kota pahlawan karena sejarahnya yang cukup panjang. Salah satu tragedi yang terjadi di Surabaya adalah tragedi 19 September 1945 di mana para pemuda menyobek bendera Belanda, dilanjutkan dengan peristiwa 10 November 1945. Saat itu pejuang Indonesia di Surabaya dipaksa menyerah oleh pihak Inggris. Pertempuran ini memakan korban hingga 20 ribu korban jiwa di pihak Republik dan 1.500 korban jiwa dipihak sekutu.  Lima tahun kemudian Soekarno sebagai presiden pertama pada waktu itu langsung menetapkan Surabaya sebagai Kota Pahlawan dan 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Nasional.

  1. Pontianak – Kota Khatulistiwa

Sumber foto: news.pontianakite.com 

Julukan kota di Indonesia selanjutnya adalah Pontianak yang disebut sebagai Kota Khatulistiwa. Alasannya, kota ini dilewati oleh garis lintang nol derajat, yang bisa disebut juga sebagai garis khatulistiwa. Selain itu, di sini kamu juga bisa menemukan Tugu Khatulistiwa yang menjadi tonggak garis khatulistiwa itu sendiri. Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, matahari akan muncul tepat di atas kepala.

  1. Singkawang – Kota Seribu Kelenteng

Sumber foto: CNN Indonesia

Sekitar 42% penduduk di Singkawang beretnis Tionghoa. Singkawang dikenal akan kehidupan harmonis masyarakatnya yang majemuk. Jumlah masyarakat Etnis Tionghoa yang cukup banyak membuat tak sulit untuk menemui kuil atau klenteng di Kota Singkawang sehingga Kota ini sering disebut sebagai Kota Seribu Klenteng.

  1. Ambon – Kota Manise

Sumber foto: beritabeta.com

Julukan Kota di Indonesia selanjutnya adalah Ambon yang diberi julukan sebagai Kota Manise. “Manise” itu sendiri dapat diartikan sebagai cantik atau indah. Sebab, keindahan alam di sangatlah berlimpah, sehingga tak heran apabila Ambon mendapatkan julukan ini. Beberapa wisata yang menunjukan keindahan alam Ambon dan tentunya sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi adalah Pantai Pintu Kota, Natsepa,dan Liang.

  1. Kaimana – Kota Senja

Sumber foto: twitter.com/nendrabertu

Jika Banyuwangi disebut sebagai Sunrise of Java, Kota Kaimana yang terletak di Provinsi Papua Barat ini punya julukan sebagai Kota Senja. Julukan ini sangat tepat untuk Kaimana karena keidahan langit senja. Kabupaten Kaimana terutama pesisir pantainya, memang menawan. Kawasan itu disebut-sebut memiliki surga senja, yang menawarkan ketenangan dan kedamaian. Lagu Senja Kaimana sangat pas dalam menggambarkan Pantai Kaimana yang menyuguhkan senja yang romantis itu. Senja di Kaimana, memang bukan sembarangan senja. Semilir angin menghadirkan suasana romantis. 

Di antara semua kota di atas, kira-kira kota apa yang ingin kamu kunjungi dalam waktu dekat? Jika kamu ingin berlibur bersama keluarga besar ke beberapa kota di pulau Jawa, kamu bisa loh menyewa bus pariwisata dari Jackal Holidays.  Berdiri sejak tahun 1988, Jackal Holidays berkomitmen untuk membuat kamu nyaman selama perjalanan. Banyak pilihan armada yang dapat kamu gunakan mulai dari mini bus, medium bus, hingga big bus. Tertarik untuk menggunakan bus dari Jackal Holidays untuk berwisata? Kamu bisa kunjungi menu fleets untuk melihat berbagai bus terbaik atau konsultasikan kebutuhanmu dengan klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah. Kita tunggu kamu untuk berwisata dengan Jackal Holidays!

Penulis : Mutiara Rizky S 

Keyword: sewa bus pariwisata bandung murah, rental mobil, sewa mobil harian, rental mobil murah, rental mobil bandung, daftar harga bus pariwisata, sewa bus pariwisata ada toilet, sewa bus pariwisata terdekat, bus pariwisata vip, sewa bus pariwisata eksekutif, sewa bus pariwisata executive class, sewa bus pariwisata eksklusif, sewa bus pariwisata executive jakarta

Leave a Reply

16 − one =

Need Help? Chat with us