Single Blog Title

This is a single blog caption

Surga Putih Tersembunyi di Kabupaten Bandung, Kawah Putih

Kawah Putih terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Pada awalnya tempat ini dianggap sebagai tempat yang tidak memiliki potensi wisata. Namun, pada tahun 1837 seorang cendikiawan Belanda yaitu Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Dr Junghuhn yang mengunjungi kawasan Kawah Putih keheranan karena tempat tersebut sepi dan warga sekitar meyakini kawasan Kawah Putih dan sekitarnya merupakan tempat para leluhur serta pusat kerajaan bangsa jin. Kepercayaan ini muncul karena ketika burung terbang melintasi daerah tersebut maka akan jatuh dan mati. Namun Dr Junghuhn memilih untuk tidak mempercayai kepercayaan warga dan menemukan alasan mengapa burung-burung enggan melintasi Gunung Patuha karena kawah mengeluarkan aroma belerang yang menyengat sehingga binatang menghindar. Selepas penemuan itu, pabrik belerang bernama Zwavel Ontgining Kawah Putih dibangun saat masa kolonial Belanda. Kemudian saat masa penjajahan Jepang pabrik dikelola dan berganti nama jadi Kawah Putih Kenzaka Gokoya Ciwidey. Kawah Putih resmi menjadi lokasi wisata pada tahun 1987 saat  Pemerintah Orde Baru melalui PT Perhutani (Persero) Unit III Jawa Barat dan Banten menjadikan Kawah Putih sebagai lokasi wisata.

  Kawah putih ciwidey terkenal dengan warna airnya yang putih. Warna putih dari kawah ini bukan berasal dari air yang ada di atas permukaan. Namun, warna putih ini berasal dari unsur yang ada di dalam tanah dan kemudian bercampur dengan belerang.Anda akan melihat warna putih kehijauan pada bagian air. Pada waktu tertentu, warna dari air yang berada di permukaan kawah cenderung berubah. Hal ini disebabkan oleh kondisi dari cuaca, suhu udara hingga kadar belerang.Tentu saja ini menjadi momen yang sangat menarik bagi para pengunjung. Bila beruntung para wisatawan akan mendapatkan warna yang sangat eksotis dan menjadikan kawah ini sebagai background foto yang indah dan menarik.

Kawah putih memiliki beberapa tempat cantik yang bisa dijumpai dan dijadikan spot foto untuk wisatawan. Berikut beberapa tempat yang bisa wisatawan jadikan tempat berfoto:

 Dermaga kayu tepi danau

Populeria.com

 Wisatawan dapat berjalan menyusuri dermaga yang dibangun menjorok ke arah danau dari tepian. Area ini menjadi salah satu spot foto yang paling diminati pengunjung. Dari dermaga ini, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alam berupa danau vulkanik yang mengeluarkan asap putih. Dermaga ini dikenal pula dengan Dermaga Ponton karena terbuat dari kayu, dermaga tersebut mampu menampung 30 orang wisatawan dalam satu waktu. 

 Skywalk Cantigi 

Travelingyuk.com

Skywalk Cantigi merupakan jembatan yang terbuat dari bambu. Bilah bambu tersebut dibangun menyerupai jalanan panjang dengan tali tambang yang dipasang di bagian pinggir sebagai pengaman. Jembatan bambu ini melewati kawasan Hutan Cantigi yang rimbun dan hijau. Panjang jembatan bambu tersebut diperkirakan mencapai 500 meter. Jembatan ini memiliki bentuk yang unik karena mengikuti kontur lembah yang berkelok dan naik turun. Jalanan ini mengantarkan wisatawan menuju kaki bukit Sunan Ibu. Untuk menikmati pemandangan dari Skywalk Cantigi, Jackalian perlu membayar tiket sebesar Rp 11.000 per orang.

 Sunan Ibu

Tribunnews

 Sunan Ibu merupakan salah satu bukit yang ada di sekitar Kawah Putih Ciwidey. Bukit ini menjadi tempat wisatawan untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Untuk masuk ke kawasan Sunan Ibu bisa dijangkau dengan berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit dari Kawah Putih. Wisatawan hanya perlu membayar Rp 11.000 per orang untuk memasuki kawasan ini.

Kawah Putih Ciwidey beroperasi setiap hari dengan jam operasional dari 07:00 hingga 17:00 WIB. Harga tiket masuk bagi para wisatawan di bagi menjadi 3, yaitu wisatawan domestik, wisatawan asing dan wisatawan dengan rombongan. Untuk wisatawan domestik, harga tiket adalah Rp. 25.000,- Sedangkan untuk wisatawan asing Rp. 75.000,- Untuk yang rombongan dikenakan tarif Rp. 150.000,- per mobil, belum termasuk tiket masuk per orangnya.

Nah, itu dia informasi dari Wisata Kawah Putih Bandung. Semoga bermanfaat!

Salah satu bus pariwisata yang terpercaya dan memiliki fasilitas lengkap yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menyewa bus adalah Jackal Holidays Pariwisata. Berdiri sejak tahun 1988, Jackal Holidays berkomitmen untuk membuat kamu nyaman selama perjalanan. Banyak pilihan armada yang dapat kamu gunakan mulai dari mini bus, medium bus, hingga big bus. 

Tertarik untuk menggunakan bus dari Jackal Holidays untuk berwisata? Kamu bisa kunjungi menu fleets untuk melihat berbagai bus terbaik atau konsultasikan kebutuhanmu dengan klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah. Kita tunggu kamu untuk berwisata dengan Jackal Holidays!

Penulis: Athaya Eka Suri

Keywords: pengemudi bus, bus pariwisata, sewa bus pariwisata, harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata, sewa bus, sewa bus murah, kernet bus, sopir bus, sewa bus pariwisata bandung, sewa bus bandung, rental mobil, rental mobil murah, tugas kernet bus, sewa mobil harian, kawah putih, bandung, wisata bandung

Leave a Reply

17 − ten =

Need Help? Chat with us