Single Blog Title

This is a single blog caption

Sistem Keamanan yang Wajib Ada Pada Bus

Keamanan dan kenyamanan adalah hal utama yang selalu menjadi pertimbangan para traveller sebelum memilih kendaraan umum untuk bepergian. Memang harga yang terjangkau juga selalu menjadi pertimbangan. Salah satunya Bus, Bus masih menjadi transportasi favorit traveller. namun pada dasarnya setiap bus memiliki sistem keamanan yang menjadi kunci pada setiap bus.

Berikut beberapa sistem keselamatan Bus yang berlaku secara Internasional dan berlaku di Indonesia. 

  1. Lane Departure Warning System (LDWS)

Lane Departure Warning System adalah sebuah alat berupa kamera yang diletakkan di bagian depan atau bisa juga di spion bus yang berfungsi untuk mendeteksi garis marka jalan. Yang fungsinya akan mendeteksi ketika bus mulai keluar dari jalurnya dan sistem ini akan memberikan peringatan bisa berupa suara atau tanda. Sehingga ketika pengemudi mulai tidak fokus ke jalanan dan melaju keluar jalur dan sebelum ini terjadi sistem akan memperingatkan pengemudi bus tersebut diharapkan dapat segera mengemudikan kendaraan ke jalur yang benar.

  1. Electronic Braking System (EBS)

Sistem yang merupakan pengereman elektronik yang bekerjasama dengan AntiLock Brake System.

EBS juga mampu merespon dengan cepat jika terjadi pengereman tiba-tiba.

  1. Electronic Stability Control (ESC)

Fungsi dari ESC adalah untuk mencegah kendaraan mengalami slip atau tergelincir ketika bermanuver atau berpindah jalur mendadak di jalan yang licin dan hilang kendali.

  1. Electronic Stability Programme (ESP)

Kontrol Stabilitas Elektronik merupakan sebuah teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalisir slip. ESP ini akan bekerja secara otomatis sampai kondisi kembali stabil dan aman.

  1. Adaptive Cruise Control (ACC)

ACC adalah autonomous cruise control yang merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur kecepatan kendaraan secara otomatis ketika posisi kendaraan terlalu dekat dengan kendaraan lain yang di depannya.

  1. Anti-Slip Regulation (ASR)

Anti-Slip Regulation ini akan menyalurkan tenaga hanya sebatas yang dibutuhkan untuk melaju dan tidak lebih sehingga tenaga yang sampai ke roda bisa tersalurkan maksimal dan ASR akan mencegah gejala slip ketika bus berjalan di permukaan jalan yang licin.

  1. Active Brake Assist (ABA)

Emergency Brake Assist adalah kependekan dari ABA. fungsinya untuk ketika sensor autonomous cruise control mendeteksi akan terjadi bahaya, maka sistem akan mengaktifkan alarm. namun ketika tidak ada reaksi dari pengemudi maka sistem akan mengaktifkan rem darurat. maka dengan cara ini Emergency Brake Assist mencegah kecelakaan.

  1. Continuous braking limiter (CBL)

Fungsi CBL sendiri adalah untuk memastikan bus menjaga kecepatan yang stabil. Biasanya kecepatan bus di batasi. dalam kondisi jalan menurun yang panjang, kadang secara tidak disadari supir melebihi batas kecepatan yang ditetapkan apabila tidak mampu mengontrol pengereman.

  1. Brake assist (BA)

Elektronik BA mampu mendeteksi situasi pengereman darurat dan secara otomatis memerintahkan untuk melakukan pengereman maksimal dalam waktu hitungan detik. Karena dalam situasi darurat, kadang orang bereaksi terlalu cepat tetapi tidak melakukan pengereman yang cukup. Dengan itu pengereman bus bisa lebih sedikit dan dalam beberapa kasus kecelakaan bisa dihindari.

  1. AntiLock Brake System (ABS)

ABS atau kepanjangan dari Antilock Brake System merupakan inovasi sistem pengereman pada kendaraan untuk menjaga  keselamatan pengendara yang dapat menghindari terjadinya penguncian ketika dilakukan pengereman secara mendadak.

Jadi gimana setelah baca jenis-jenis keamanan pada bus masih ragu untuk nggak pilih Bus sebagai pilihan transportasi umum yang nyaman, aman dan terjangkau?

Buang jauh-jauh deh pikiran kayak gitu! Yuk list kemana kamu akan pergi liburan setelah pandemi ini selesai. Karena Jackal Holiday Pariwisata udah nggak sabar ingin liburan bareng kamu!

seputar bus, fakta bus, fakta unik bus, liburan pakai bus, fun fact bus, sewa kendaraan murah, sewa transportasi murah, liburan di bandung, harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata 2021, harga sewa bus pariwisata bandung, harga sewa bus pariwisata bandung, liburan aman nyaman, ayo pakai bus, bus mania.

Leave a Reply

5 × 1 =

Need Help? Chat with us