Single Blog Title

This is a single blog caption

Setir Bus Besar Banyak Fungsinya

Bus Mania pasti sudah tidak asing lagi dengan bentuk setir bus yang berbentuk bulat dan memiliki diameter yang besar. Bentuk setir bus pasti lebih besar dibandingan dengan setir mobil biasa yang memiliki bentuk setir berdiameter kecil. Hal tersebut ternyata memang sengaja dibuat seperti itu lhooo…

Penasaran kan alasannya kenapa? Yuk simak artikel ini…

Bukan karena faktor variasi dalam kendaraan dan keindahan interior bus, tapi hal ini mempunyai fungsi lebih besar dari itu. Alasan utama setir bus dibuat berdiameter besar yaitu untuk memudahkan sopir bus untuk memutar kendali pada saat mengendalikan kendaraan. Hal tersebut terus diperbaiki dan dikembangkan melalui pengembangan teknologi dan upaya memaksimalkan faktor keselamatan perjalanan dalam menggunakan kendaraan bus.

Pada saat sopir bus memutarkan setir pasti akan terasa lebih berat daripada memutar setir mobil biasa, karena berat bus bisa 6 kali lipat dari berat mobil biasa. Ditambah lagi apabila bus belum menggunakan power steering pasti memutar setir akan terasa lebih berat. Power steering adalah sistem yang terdapat di kendaraan dan digunakan oleh sopir untuk memudahkan dalam mengendalikan kendaraan, dengan meningkatkan tenaga yang diperlukan untuk memutar roda depan, sehingga memudahkan kendaraan untuk berbelok atau melakukan manuver.

Faktor penting lainnya adalah dengan menggunakan setir yang besar akan menghasilkan daya dorong atau gaya putar yang lebih besar sehingga roda tidak akan mudah bergerak apabila tiba-tiba terkena benturan atau gerakan. Bayangkan apabila roda mudah bergerak saat terkena benturan atau gerakan, maka sopir akan sulit mengendalikannya dan akan terjadi kecelakaan. Nah dengan begitu keselamatan para penumpang dapat dijaga dan akan meminimalisir terjadinya kecelakaan saat perjalanan.

Oleh : Nadhifta Anindya

Keywords : Setir Bus, Diameter Besar, Bentuk Setir, Faktor Variasi, Kendaraan, Bus, Sopir, Faktor Keselamatan, Power Steering, Mengendalikan Kendaraan, Roda Depan, Melakukan Manuver, Faktor Penting, Saat Perjalanan, Bus Mania, Kecelakaan, Gaya Dorong, Gaya Putar, Keselamatan Penumpang

Leave a Reply

seven − 7 =

Need Help? Chat with us