Single Blog Title

This is a single blog caption

Makanan Khas Lampung yang Wajib Kamu Coba

Lampung salah satu tempat pusat ekonomi potensial di pulau Sumatra, banyak industri yang berkembang di Lampung, salah satu nya di bidang pariwisata, dengan banyak tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan, bidang kuliner di Lampung pun ikut naik. Kamu yang lagi jalan-jalan ke lampung naik Bus Pariwisata. Kamu harus coba makanan khas Lampung. kita kasih ide yah jenis makanan apa saja yang harus kamu coba.

Seruit

Seruit adalah makanan khas dari daerah Lampung. Makanan ini berupa masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur dengan sambal terasi, tempoyak atau mangga.

Nama seruit berasal dari kata ‘nyeruit’ yang artinya dilakukan bersama-sama. Hal ini menggambarkan masyarakat Lampung yang memiliki nilai kebersamaan tinggi. Lampung memiliki dua masyarakat adat, yaitu Lampung Saibatin dan Lampung Pepadun. Bagi masyarakat Lampung Pepadun, seruit adalah makanan pokok.

Dalam pembuatan seruit, Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan sungai seperti ikan balide, baung, dan layis. Sebelumnya, ikan tersebut dibumbui dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbunya yaitu bawang putih, garam, kunyit, dan jahe. Setelah itu, barulah ikan dibakar atau digoreng lalu diberi sambal terasi yang dicampur tempoyak. Untuk melengkapi sajian ini, biasanya dimakan bersama nasi dan lalapan.

https://www.jalajahnusae.com/kuliner/31/12/2019/mencicipi-ikan-seruit-kuliner-lampung-penanda-kebersamaan/

Tempoyak

Tempoyak merupakan salah satu produk fermentasi yang menggunakan daging buah durian sebagai bahan utamanya. Daging buah durian yang digunakan biasanya yang kualitasnya jelek atau kelewat masak. Tempoyak biasanya digunakan sebagai bumbu masakan di beberapa daerah beretnis Melayu seperti Palembang, Lampung, Jambi, dan lain-lain. Proses pembuatan tempoyak diawali dengan pemeraman daging buah durian pada kondisi dengan sedikit oksigen. Kondisi dengan sedikit oksigen diperoleh dengan cara menempatkan daging buah durian sedemikian rupa hingga hanya tersisa sedikit ruang antara tutup wadah dengan bahan. Daging buah durian yang sudah ditempatkan dalam wadah kemudian ditambahkan garam (fermentasi tradisional) atau dengan kultur bakteri asam laktat murni/ragi (fermentasi modern). Banyak sedikitnya garam yang ditambahkan mempengaruhi jenis tempoyak yang akan dihasilkan iaitu tempoyak asam apabila dilakukan penambahan garam kurang dari 5% dan tempoyak Asian apabila penambahan garam lebih dari 5%.

https://www.pegipegi.com/travel/tempoyak-kuliner-legit-khas-melayu-untuk-para-pecinta-durian/

Gulai Taboh

LAMPUNG punya banyak makanan tradisional. Makanan tradisional provinsi paling ujung selatan di Pulau Sumatera ini menggambarkan karakteristik masyarakatnya. Salah satunya gulai taboh yang merupakan ciri khas masyarakat Kabupaten Pesisir Barat.

Gulai taboh merupakan olahan ikan yang dimasak bersama santan. Terkadang orang-orang menyamakan gulai taboh dengan sayur lodeh khas dari Jawa Tengah. Hal itu karena gulai taboh juga dicampur banyak bahan sayur-sayuran, seperti kacang panjang, kacang merah, rebung, kol, dan kentang. Namun sebenarnya tidak sama, karena terdapat ikan di dalamnya dan tentunya rasanya bumbu rempahnya berbeda.

Gulai taboh dapat ditemukan dalam acara-acara ada di Lampung. Selain itu, acara kumpul keluarga juga biasa menyajikan makanan pendamping nasi ini. Tapi di luar dua acara itu, kalau kamu ingin mencicipinya beberapa rumah makan di Lampung menyajikan gulai taboh ini seperti di ibu kota Bandar Lampung.

Sementara bahan utama ikan biasa menggunakan ikan tuna dan ikan tongkol. Selain ikan laut, jenis gulai tabo lain menggunakan ikan air tawar seperti ikan mas dan ikan mujair. Namun, pengolahan gulai taboh ikan tawar berbeda. Beberapa menggunakan kluwek atau dalam bahasa setempat bernama tuba.

https://merahputih.com/post/read/gulai-taboh-sajian-utama-warisan-leluhur-suku-lampung

Gabing

Gabing/kabing  adalah gulai khas lampung yang langka karena sulitnya untuk mendapatkan bahan baku utama makanan ini, sehingga jarang ditemui mungkin masih bisa dijumpai di tempat-tempat acara adat lampung atau jika kamu ingin mencobanya bisa minta di buatkan sama orang lampungnya sendiri itu pun kalo bahan nya ada hihih…

Gabing merupakan makanan yang bahan baku utamanya terbuat dari pucuk daun kelapa, atau bakal daun serta buah kelapa yang masih muda dan berada di bagian dalam paling atas pohon kelapa. Bagian batang kelapa ini merupakan cikal bakal buah ataupun pelepah daun kelapa, biasanya masih berwarna putih kekuningan di campur dengan santan biasanya dijadikan gulai.

https://triplampungku.blogspot.com/2017/07/nikmatnya-gulai-gabing-yang-menggoda.html

Gagodoh

Geguduh adalah salah satu makanan dengan cita rasa manis yang dimiliki oleh Lampung. Makanan ini merupakan sejenis kue yang bahan baku utamanya adalah pisang pisang yang dihaluskan sampai lembut. Pisang yang sudah dihaluskan ditambah dengan tepung terigu, diaduk hingga merata. Setelah itu kamu bisa menambahkan susu, selai, dan rasa lainnya sebelum kemudian digoreng dan disajikan sebagai teman minum kopi atau juga nikmat sebagai sajian dalam acara-acara tertentu.

Pisang yang biasa digunakan dalam makan ini adalah Pisang Kapok. Sedangkan untuk menambah aroma pada kuliner yang satu ini, orang Lampung biasanya menggunakan air kapur sirih, dan juga kamu bisa menambah aroma daun pandan.

https://triplampungku.blogspot.com/2017/07/nikmatnya-gulai-gabing-yang-menggoda.html

Keripik Pisang

Pada dasarnya, keripik pisang dari kota Lampung tidak jauh berbeda dengan keripik pisang pada umumnya. Dari segi bentuknya pun juga sama. Yang membuat beda adalah kualitas pisang dan rasanya. Pisang yang digunakan untuk membuat keripik ini benar-benar dipilih jenis pisang dengan kualitas terbaik. Sehingga mampu menghasilkan rasa keripik pisang yang nikmat dan gurih.

Tidak hanya terbuat dari jenis pisang berkualitas unggul saja, tetapi keripik pisang dari kota ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa yang lezat di lidah. Jika rasa pada umumnya hanya tersedia dalam rasa manis dan asin, namun keripik pisang dari Lampung ini memiliki varian rasa beragam, mulai dari rasa original, asin, manis, coklat, durian, nanas, moccacino, pedas, barbeque, keju, melon, dan lainnya.

https://travel.tribunnews.com/2017/05/30/paling-banyak-diincar-pemudik-keripik-pisang-beragam-rasa-khas-lampung

Serbat Kweni

Berkunjung ke Lampung kurang lengkap jika tidak mencoba jajanan kuliner khasnya yang enak dan nagih. Sebut saja seruit, makanan khas Lampung yang berbahan dasar ikan yang digoreng atau dibakar dan dicampur dengan sambal terasi, mangga atau tempoyak. Olahan satu ini bercita rasa khas pedas. Biasanya seruit dihidangkan bersama minuman khas Lampung Serbat Kweni sebagai penawar pedas yang memberikan rasa segar saat diminum.

Sayangnya selain masyarakat Lampung, minuman khas ini masih belum banyak yang mengenalnya. Hal itu lantaran serbat lebih sering disajikan sebagai minuman khusus saat berkumpul, dan masih jarang ditemukannya minuman serbat di rumah-rumah makan dan restoran. Seperti namanya, Serbat Kweni berbahan utama buah kweni. Jika kamu belum tahu apa itu buah kweni, mari berkenalan dengan buah bercita rasa manis dan asam ini!

https://www.yummy.co.id/blog/resep-komunitas/es-serbat-kweni-1

Durian Kopi Luwak

Durian kopi luwak itu sangat digemari warga Lampung Barat. Minuman tersebut dibuat dengan menyeduh kopi luwak terlebih dahulu, lalu dicampur dengan daging buah durian dan diaduk hingga merata. Kalau suka manis, bisa ditambahkan beberapa sendok gula.

Kabarnya, kopi luwak yang tak biasa ini berkhasiat membangkitkan stamina. Tapi sayangnya tidak tersedia setiap saat. Biasanya durian kopi luwak baru menjamur saat musim durian tiba.

http://wisataindonesia48.blogspot.com/2016/12/cara-membuat-kopi-durian-yang-nikmat.html

Emping Rajabasa

Emping merupakan makanan ringan berupa keripik yang terbuat dari biji melinjo. Rasanya sedikit pahit. Kalau Rajabasa merupakan nama salah satu kecamatan di Lampung.

https://salingamanah.com/makanan-khas-lampung/1-245/

Benjak Enjak

Kue Benjak Enjak adalah sejenis kue wajik yang biasanya disajikan untuk tamu, ketika bertandang ke sebuah rumah di Lampung. Kue manis mirip wajik atau pepes ketan manis ini, di daerah lain pun juga selalu menjadi santapan keluarga ketika berkumpul.

Adapun bahan yang diperlukan membuat kue tradisional khas Lampung tersebut adalah 250 gram beras ketan, 300 gram pisang raja yang sudah tua, 125 gram gulaku tebu, dan daun pisang untuk membungkus.

https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/16/10/28/ofqo4o384-benjak-enjak-kue-tradisional-manis-dari-lampung

Es Kopi Jelly

Kopi Jeli merupakan salah satu minuman khas lampung, yang terbuat dari kopi dalam bentuk jeli dan dipotong dadu, dicampur dengan susu, lalu disajikan dengan es batu. Kopi Jeli menjadi sangat spesial bagi masyarakat Lampung, selain nikmat dan menyegarkan karena menggunakan biji asli kopi robusta, penjual minuman khas ini juga masih jarang ditemukan di Kota Bandar Lampung.

https://kopimaniablog.wordpress.com/2016/09/02/kopi-jeli-minuman-khas-lampung/

Umbu

Untuk penyuka makanan yang sedikit pahit, kamu bisa mencoba makanan khas Lampung yang satu ini. Umbu adalah masakan berbahan dasar rotan muda yang direbus sampai menjadi lunak. Masyarakat Lampung biasanya menyajikan Umbu dengan dua cara, sebagai bahan dasar sayur atau bersama nasi untuk lalapan. Umbu juga sering dijadikan makanan tradisional untuk upacara adat.

https://dapur-teh-enur.blogspot.com/2016/04/umbu-makanan-khas-lampung.html

Sambal Asam Kembang

Sambal asam kembang merupakan salah satu kuliner khas Lampung yang cukup familiar di lidah masyarakat Lampung secara umum, khususnya di daerah Sukadana, Lampung Timur.

Sambal asam kembang sangat segar dan pedas, serta terasa nikmat. Namun, dalam proses pembuatannya tidak menggunakan asam.

https://www.lovelylampung.com/sambal-asam-kembang-kuliner-khas-lampung-yang-pedas-dan-menyegarkan/

Klik disini untuk cari tahu tarif sewa bus ke Lampung!

 

Kuliner khas Lampung, kuliner enak di Lampung, rekomendasi kuliner terbaik di Lampung, Bus, Bus Pariwisata, Bus pariwisata Bandung, jackal travel, jackal travel bandung jakarta, 

Leave a Reply

17 + 14 =

Need Help? Chat with us