Single Blog Title

This is a single blog caption

Kuliner Unik Indonesia yang Wajib Dicoba!

Kuliner khas Indonesia sangatlah beragam dan banyak macamnya. Dari yang manis, asin dan pedas, dari yang digoreng sampai yang berkuah, semuanya ada di sini. Selain makanan yang sudah terkenal seperti sate dan rendang, ada beberapa makanan unik yang mungkin kamu belum pernah coba juga lho sebelumnya. Mau tau gak? Yuk simak!

  1. Tempoyak

Makanan yang berasal dari fermentasi durian ini berasal dari Bengkulu, Lampung, Jambi dan Palembang. Tempoyak terbuat dari durian matang dan garam, yang kemudian bisa diolah menjadi sambal tempoyak dan dicampur dengan daging ayam atau udang. Rasa Tempoyak ini unik karena terasa asam hasil proses fermentasi.

  1. Ampiang Dadiah

Perpaduan ampiang atau emping yang terbuat dari beras ketan dengan dadiah, yaitu semacam yogurt yang diolah dengan cara tradisional Minangkabau, adalah makanan yang disebut Ampiang Dadiah ini. Dadiahnya sendiri terbuat dari susu kerbau yang difermentasikan. Ampiang Dadiah disajikan dengan cara memadukan emping, dadiah, santan, gula merah cair, serutan kelapa, dan es serut. 

  1. Papeda

Mungkin nama makanan ini tidak asing di telinga. Bubur sagu yang dikenal sebagai Papeda adalah makanan yang banyak dikonsumsi di daerah Maluku, Papua, dan Sulawesi Selatan. Cara menikmatinya adalah dengan disiram air panas dan diaduk sampai tekstur tertentu, kemudian dimakan dengan semacam gulai ikan tongkol atau mubara bumbu kuning yang rasanya pedas. Papeda lebih baik dimakan selagi panas dengan cara disedot atau diseruput.

  1. Pipis Kopyor

Walau namanya terkesan aneh, kudapan khas Jawa Tengah ini banyak penikmatnya. Dengan hasil rasa manis dan gurih, Pipis Kopyor dibuat dari roti tawar, kelapa muda, dan santan, yang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. 

Bagaimana, unik bukan? Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satu atau semua makanan di atas? Jangan sampai kamu kehilangan kesempatan untuk menikmati kudapan unik pada saat liburan ke daerah khas masing-masing makanan, ya! Dan tentunya liburannya bersama Jackal Holidays, dong. 

Oleh : Yarra Fakhiratunnisa Aini

Keyword: harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata 2021, harga sewa bus pariwisata bandung, harga sewa bus pariwisata bandung pangandaran, harga harga sewa bus pariwisata bandung jogja, harga sewa bus pariwisata jackal holiday bandung,harga sewa bus pariwisata bandung pangandaran 2021, rental mobil bandung, makanan, kuliner nusantara, kuliner khas indonesia

(cr pict: https://www.tokopedia.com/blog/makanan-khas-daerah-indonesia-tvl/) 

Leave a Reply

3 × one =

Need Help? Chat with us