Single Blog Title

This is a single blog caption

Fungsi dan Manfaat Ganjil Genap di Indonesia

Kebijakan ganjil genap yang dilakukan di Indonesia merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan moda transportasi. Bukan hanya itu, kebijakan ganjil genap memiliki beberapa manfaat lainnya. Selain di Jakarta, saat ini kebijakan ganjil genap sudah diikuti oleh wilayah lain seperti di Bogor, Depok, dan Bandung. 

Berikut ini beberapa manfaat lain dari kebijakan ganjil genap yang perlu diketahui.

  1. Mengurangi Volume Kendaraan

Melalui ganjil genap, penumpukan dan kemacetan di jalanan bisa dihindari. Kemacetan ini biasanya terjadi ketika volume jumlah kendaraan bermotor sudah jauh melebihi kapasitas jalan pada normalnya. Waktu pemberlakuan kebijakan juga disesuaikan dengan pola kesibukan masyarakat di kota. Jam sibuk masyarakat yakni pada pagi untuk mengantisipasi arus berangkat kerja/sekolah dan jam-jam sore hingga malam untuk penanganan arus pulang ke rumah atau tempat tinggal.

  1. Sebagai Ajakan Untuk Bersepeda

Dalam mendukung masyarakat yang sehat, pemberlakuan ganjil genap diharapkan dapat menambah motivasi untuk beralih ke sepeda. Hal ini bisa mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di kota-kota besar. 

  1. Membantu Menyegarkan Udara

Dengan berkurangnya jumlah kendaraan, polusi udara yang ditimbulkan akibat kendaraan bermotor juga diharapkan dapat berkurang. Jadi, selain untuk mengurai kemacetan, pengurangan volume kendaraan sebagai dampak Kebijakan Ganjil Genap diharapkan dapat membantu mengurangi polusi dan udara menjadi lebih segar.

  1. Membatasi Pergerakan Luar Rumah Selama Pandemi

Manfaat ini mungkin baru dirasakan saat pandemi Covid-19 muncul. Salah satu cara paling efektif untuk menekan angka penularan adalah dengan mengurangi mobilitas masyarakat. Bukan hanya sebagai langkah pembatasan pergerakan, kebijakan ini pun dapat menjadi bahan pertimbangan para pengusaha untuk menyesuaikan jadwal kerja para karyawannya. Apabila angka terakhir plat nomor kendaraan ganjil, maka Jackalian bisa mengusulkan kepada kantor untuk bekerja dari rumah pada tanggal genap. Begitu pula sebaliknya.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari adanya kebijakan ganjil genap di Indonesia. Semoga bermanfaat! 

Salah satu bus pariwisata yang terpercaya dan memiliki fasilitas lengkap yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menyewa bus adalah Jackal Holidays Pariwisata. Berdiri sejak tahun 1988, Jackal Holidays berkomitmen untuk membuat kamu nyaman selama perjalanan. Banyak pilihan armada yang dapat kamu gunakan mulai dari mini bus, medium bus, hingga big bus. 

Tertarik untuk menggunakan bus dari Jackal Holidays untuk berwisata? Kamu bisa kunjungi menu fleets untuk melihat berbagai bus terbaik atau konsultasikan kebutuhanmu dengan klik tombol Whatsapp yang ada di pojok kanan bawah. Kita tunggu kamu untuk berwisata dengan Jackal Holidays!

Keywords: pengemudi bus, bus pariwisata, sewa bus pariwisata, harga sewa bus pariwisata, harga bus pariwisata, sewa bus, sewa bus murah, kernet bus, sopir bus, sewa bus pariwisata bandung, sewa bus bandung, rental mobil, rental mobil murah, tugas kernet bus, sewa mobil harian, rental mobil bandung, Jakarta, DKI Jakarta, ganjil genap

Leave a Reply

eight − 1 =

Need Help? Chat with us