Single Blog Title

This is a single blog caption

Cari Tahu Alasan Ban Kendaraan Berwana Hitam di Sini!

Foto: Photo by Gerd Altmann from Pexels

Dari sekian banyak brand ban kendaraan yang ada, semuanya membuat ban berwana hitam. Padahal bahan dasar pembuatan ban adalah getah pohon karet yang berwarna putih. Apa yang memengaruhi warna ban ini?

Dilansir dari CNN Indonesia, warna alami lateks karet, bahan baku untuk produksi ban, adalah putih susu. Dalang warna hitam pada ban adalah senyawa kimia bernama karbon hitam (carbon black) yang dicampur ke karet saat proses produksi agar ban awet dan digunakan di kecepatan tinggi.Carbon black yang merupakan produk sampingan dari pembakaran berbagai produk minyak bumi, dikombinasikan dengan polimer lain untuk membuat senyawa tapak ban. Efek samping dari pemakaian carbon black yaitu menggelapkan warnanya.Carbon black juga dapat melindungi ban dari efek merusak sinar UV dan ozon, dua elemen yang diketahui berkontribusi pada kerusakan ban. 

Foto: todayifoundout.com

Meski saat ini mayoritas ban berwarna hitam, namun di awal penemuannya ban berwarna putih karena mengunakan karet murni. Ban warna hitam mulai tenar setelah produsen mulai menambahkan karbon hitam di penhujung Perang Dunia 1. Selain sebagai pengisi, di awal penemuannya karbon hitam ditambahkan untuk memperkuat daya tahan ban.

Menurut Jack Koenig, dalam bukunya “Spectroscopy of Polymers,” menyebut ban tanpa karbon hitam mempunyai umur lebih pendek ketimbang yang ditambahkan karbon hitam. Hal ini dibuktikan dengan angka, jika tidak ada penambahan karbon ban mampu bertahan 8.046 km, ban dengan karbon bisa bertahan sekitar 40.000 km. Bahkan jika dilihat secara estetika, ban berwarna hitam akan membuat kotoran tidak terlalu kelihatan ketimbang warna putih. Maka dari itu orang-orang pun ternyata lebih menyukai ban berwarna hitam sehingga peminat ban berwarna putih jadi makin menurun.

Semua bus Jackal Holidays Pariwisata menggunakan ban yang terbaik dan berkualitas. Bagi kamu yang ingin berlibur bersama rombongan besar maupu kecil, kamu bisa loh menyewa bus pariwisata  di Jackal Holidays. Kalau kamu tertarik untuk menyewa armada kami, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui WhatsApp dengan klik di sudut kanan website ini. Kamu juga bisa dapatkan harga terbaik jika melakukan early booking! 

Keyword: Bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus pariwisata murah, sewa bus pariwisata bandung, bus pariwisata bandung pangandaran, bus pariwisata mewah, bus pariwisata jakarta,  jackal holidays bandung, jackal holidays tours and travel bandung, jackal holidays bandara soekarno hatta, jackal holidays soekarno hatta, ban kendaraan, ban bus, ban hitam, ban karet. 

Leave a Reply

seventeen + eleven =

Need Help? Chat with us