Single Blog Title

This is a single blog caption

7 Tips Camping di Pantai yang Harus Diperhatikan

Oleh : Karina Eka Putri

Bosan camping di gunung?  Camping di tepi pantai akan menjadi suatu pengalaman baru dan seru. Di gunung ataupun tepi pantai kita masih bisa bermain gitar di dekat api unggun tapi bedanya di pantai, kita bisa sambil ditemani dengan suara deburan ombak dan langit penuh bintang. Namun, sebelum kamu membayangkan keseruan berkemah di pantai ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berkemah di pantai. Berikut adalah 7 tips sebelum berkemah di tepi pantai :

1. Cari Lokasi Pantai yang Aman untuk berkemah

Saat Kamu berencana mengunjungi pantai untuk berkemah, Kamu harus mencari informasi lebih dulu mengenai pantai tujuan. Ada beberapa pantai yang tidak mengijinkan pengunjung untuk bermalam di tepi pantai, karena kondisi pantai yang kadang dilintasi hewan buas yang berasal dari hutan sekitar pantai. Oleh karena itu, demi menjaga keselamatan pengunjung pihak pantai tidak mengijinkan pengunjung untuk bermalam di tepi pantai.

2. Tentukan berapa hari dan dengan siapa Kamu akan camping

Persiapkan kebutuhan camping akan lebih mudah dilakukan jika sudah tahu dengan siapa dan berapa orang yang camping. Semakin lama camping, tentu akan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Harus membawa persediaan makanan lebih banyak salah satu contohnya. Begitu pula jika mengajak banyak teman. Tentu persiapannya lebih banyak. Apalagi jika Kamu hanya memiliki 1 buah tenda. Kamu bisa mempersiapkan jauh-jauh hari dengan menyewa peralatan jika waktu dan siapa yang ikut sudah ditentukan.

3. Buka Ramalan Cuaca

Bukan tidak mau kena air hujan saat camping, tapi akan sangat merepotkan bila terjadi hujan pada saat Kamu berkemah di pantai. Karena di pantai sangat jarang tempat berteduh dan tenda Kamu pun tidak akan kuat menahan hujan lebat. Jadi, akan lebih baik Kamu cek ramalan cuaca sebelum Kamu memutuskan untuk berkemah di pantai.

4. Pastikan Bekal Makanan dan Minuman Cukup

Kalau Kamu berkemah di satu pantai yang masih sepi dan tidak ada pedagang, pastinya Kamu harus membawa bekal yang banyak dan cukup sampai kembali pulang. Makanan instan biasanya menjadi pilihan terbaik, tak lupa air minum yang banyak untuk menghindari kalian dehidrasi atau harus terpaksa harus minum air laut :(.

5. Persiapkan alat tidak ribet, wajib bawa tenda dan peralatan memasak

Kalau masih bingung apa saja peralatan yang wajib dibawa saat camping, berikut ini daftarnya:

  • Tenda beserta frame dan pasak ( sesuaikan kapasitasnya )
  • Matras  ( sesuai jumlah orang yang ikut )
  • Senter ( sesuai jumlah orang yang ikut )
  • Kompor lapangan/ kompor kecil beserta gas
  • Peralatan masak: pisau, wajan, nesting, wadah, dsb.
  • Peralatan makan: gelas, piring, sendok, dan garpu.
  • Korek api

6. Lokasi Mendirikan Tenda

Lokasi mendirikan tenda harus sangat diperhatikan. Kalau Kamu mendirikan tenda terlalu dekat dengan laut akan beresiko tenda kalian akan terbawa ombak. Mendirikan tenda, titik idealnya adalah di dekat semak atau pohon. Karena pepohonan dan semak-semak tersebut jadi indikator bahwa air laut tidak mencapai daerah tersebut. 

7. Jangan lupa bawa sunblock!

Last but not least, hal yang wajib kamu bawa saat camping di pantai adalah Sunblock. Bukan untuk tetap terlihat putih tapi sunblock membantu menghalau dan memantulkan sinar matahari, bahkan mencegah kanker kulit.

Itulah beberapa tips sebelum kamu berniat camping di pantai. Pastikan sampah yang Kamu hasilkan dibawa pulang yah. Agar pantai yang kalian inapi tetap terjaga keindahanya.

Buat Kamu yang ingin tau destinasi pantai-pantai yang keren sambil menyewa bus pariwisata, Kamu bisa buka Disini. Selain menyediakan kendaraan yang bisa disewa seperti bus pariwisata, toyota hiace, atau sewa toyota alphard, di web tersebut kamu bisa tahu banyak informasi tempat wisata atau tempat menginap yang sedang trend. 

 

Glamping, camping murah, camping di pantai, tempat camping, Tempat wisata, harga tiket masuk, tempat hits, tempat wisata keluarga, sewa hiace, sewa bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus murah, sewa mobil bandung, rental mobil bandung, sewa mobil harian, sewa mobil murah, sewa mobil lepas kunci, rental mobil murah, rental mobil aman.

Leave a Reply

12 − 12 =

Need Help? Chat with us