Single Blog Title

This is a single blog caption

3 Pertunjukkan Kesenian di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Sudah menjadi rahasia umum jika Yogyakarta memiliki pesona yang tidak ada habisnya bagi turis baik domestik maupun mancanegara. Salah satu bentuk pesonanya adalah pertunjukan kesenian yang ditawarkan. Rasanya belum afdol jika tidak menikmati wisata yang satu ini saat berlibur ke Yogyakarta. Untuk Wisatawan yang bingung memilih pertunjukan mana yang akan dipilih, ini dia tiga rekomendasi pertunjukan yang wajib dikunjungi ala Jackal Holidays Pariwisata! 

  1. Raminten Cabaret Show

Siapa sih yang belum pernah mendengar Raminten Cabaret Show?  Pertunjukan ini dibuka dengan penampilan tarian tradisional. Sesudahnya, para lady boy naik ke panggung dan menghibur penonton dengan aksi lipsync mereka. Bukan asal lipsync. Kostum, riasan, dan gerak-gerik mereka benar-benar sesuai dengan penyanyi asli.

Dalam setiap pertunjukkan, terdapat 40 pertunjukan lipsync. Penyanyi yang ditirukan gayanya rata-rata adalah penyanyi wanita, baik dari dalam maupun luar negeri, seperti Krisdayanti, Britney Spear, dan Nicky Minaj.

Raminten cabaret show tak ubahnya pertunjukan lady boy di Thailand. Kalau ingin menyaksikannya, kamu bisa datang ke Hamzah Batik di lantai 3. Hamzah Batik termasuk dalam kawasan Malioboro, tepatnya di depan Pasar Beringharjo.

Raminten cabaret show digelar pada Jumat dan Sabtu pada jam 7 malam. Harga tiketnya ialah Rp50.000 untuk kelas festival dan Rp60.000 untuk kelas VIP. 

  1. Ketoprak

Bukan Ketoprak makanan khas Jakarta, tapi Ketoprak di sini adalah seni pertunjukan tradisional yang mirip wayang orang. Jika Jawa Timur punya ludruk, maka Yogyakarta dan Jawa Tengah punya ketoprak.

Ada kisah yang dimainkan dalam setiap pertunjukan ketoprak. Kisah yang ditampilkan pada pertunjukan ketoprak di Yogyakarta ialah tentang Kerajaan Mataram, kerajaan Islam di Jawa. Dulu, Yogyakarta adalah salah satu bagian dari wilayah kekuasaan Kerajaan Mataram.

Para pemain ketoprak mengenakan kostum tradisional Jawa. Ada iringan gamelan dan lantunan tembang dari para sinden. Di mana bisa menonton ketoprak? Kamu bisa datang ke auditorium radio Repubik Indonesia (RRI) di Jalan Affandi, Mrican. Pertunjukan digelar setiap Rabu pukul 19.30. Gratis.

Selain di auditorium RRI, kamu juga bisa menonton ketoprak di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) di Jalan Sri Wedani. TBY biasa menggelar pentas ketoprak pada saat berlangsungnya Pasar Kangen, event budaya tahunan di Yogyakarta.

  1. Jazz Mben Senen

Jazz Mben Senen yang berarti pertunjukan musik jaz setiap hari senin bisa kamu saksikan di Bentara Budaya Yogyakarta di Jalan Suroto, Kotabaru. Pertunjukkannya dimulai jam 8 malam. Pertunjukan ini gratis namun kamu bisa memberikan sumbangan secara sukarela bagi para penampil. 

Jazz Mben Senen bermula dari komunitas Jogja Jazz Club. Pada 1999, komunitas itu rutin menggelar festival Jazz Gayeng setahun sekali. Pada 2007, Jazz Gayeng berubah menjadi Jazz on the Street.

Berbeda dengan Jazz Gayeng, Jazz on the Street tampil seminggu sekali di boulevard Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada 2009, Jogja Jazz Club akhirnya mendapat tempat di Bentara Budaya Yogyakarta sebagai lokasi tetap tiap kali mereka tampil.

Dari ketiga pilihan di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi? Yang manapun pilihanmu, pertunjukan kesenian di Yogyakarta itu tidak pernah membosankan. Semuanya menarik dan tentunya bisa menghibur. Agar tambah seru, jangan lupa liburan ke Yogyakarta bareng Jackal Holidays Pariwisata ya, Wisatawan! Hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi mengenai penyewaan armada. 

Penulis: Safira Fildzah

Keyword: Yogyakarta, pertunjukan kesenian, raminten show, ketoprak, jazz mben senen, bus pariwisata nyaman, sewa mobil liburan, sewa bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus murah, sewa mobil bandung, rental mobil bandung, sewa mobil harian, sewa mobil murah, sewa mobil lepas kunci, rental mobil murah, rental mobil aman

( foto : https://gudeg.net/read/10636/raminten-cabaret-show-sisi-lain-malioboro.html )

Leave a Reply

2 × two =

Need Help? Chat with us