Single Blog Title

This is a single blog caption

Tips Traveling Saat Menjalani Puasa

Oleh : Karina Eka Putri

Banyak yang menghindari bepergian saat puasa karena takut nggak kuat dan ingin fokus ibadah. Padahal, travelling saat puasa bisa jadi salah satu sarana ibadah yang menyenangkan lho!

Menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan, bukan berarti menghentikan segala aktivitas yang biasa dilakukan. Kamu, tetap bisa berlibur dengan nyaman di bulan puasa ini, dengan menerapkan beberapa tips agar kondisi kesehatan tetap fit juga ibadah  Kamu tetap lancar selama berlibur.

  1. JANGAN MELEWATKAN IBADAH

Untuk memperkuat iman kamu supaya nggak batal puasa, tentu saja kamu juga harus rajin beribadah. Meski sedang traveling, jangan sampai lupa dengan waktu ibadah. Waktu beribadah juga bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat sebentar setelah capek jalan-jalan.

  1. PilIH DESTINASI YANG RAMAH MUSLIM

Destinasi yang ramah Muslim, tentunya akan banyak rumah makan yang ditutup ketika siang hari, sehingga kamu terhindar dari godaan makanan dan minuman.

Dan ketika jam buka puasa dan sahur, bakal banyak rumah makan yang dibuka. Kamu jadi mudah mencari makanan dan minuman untuk buka puasa dan sahur.

  1. JANGAN MELAKUKAN AKTIVITAS BERAT

Memang sih, olahraga dianjurkan ketika berpuasa, tapi olahraga yang bisa dilakukan saat puasa cuma olahraga ringan, seperti jalan santai. Jadi, lupakan dulu yang namanya naik gunung, trekking, atau olahraga berat lainnya. Pilihlah aktivitas traveling yang ringan dan santai, misal mengunjungi museum atau tempat ibadah bersejarah, hunting foto di galeri seni, belanja, dan lain-lain.

  1. CARI TAHU WAKTU SAHUR DAN BERBUKA DI TEMPAT LIBURAN

Nggak semua destinasi memiliki waktu sahur dan berbuka yang sama. Sebelumnya, kamu harus cari tahu dulu, waktu sahur dan berbuka di tempat liburan melalui internet atau bertanya pada teman. Zaman sekarang pun makin canggih. Kamu bisa mengunduh aplikasi untuk mengingatkan jam sahur dan buka puasa.

  1.  SEDIAKAN CAMILAN DAN AIR PUTIH DI DALAM TAS

Untuk berjaga-jaga takutnya ketika jam buka puasa sudah tiba, kamu belum menemukan rumah makan untuk buka puasa. Cemilan dan air putih sangat membantu untuk berbuka puasa di jalan. Kalau bisa sih, cemilannya berupa makanan manis.

  1. TIDAK MELEWATKAN SAHUR

Biasanya sih, ketika traveling kita malas bangun pagi, apalagi bangun untuk sahur. Mungkin kamu lebih butuh tidur daripada makan, tapi sahur nggak boleh dilewatkan. Sahur sangat penting, agar kamu punya energi yang cukup hingga buka puasa tiba. Kalau nggak punya tenaga, takutnya kamu malah sakit. Saat sahur, usahakan makanan makanan bergizi dan hindari junk food. Begitu pula saat buka puasa.

  1. PILIH TRANSPORTASI YANG NYAMAN

Misal, jarak dari tempat wisata ke hotel cukup jauh. Nggak mungkin kan kamu berjalan kaki dari tempat wisata ke hotel? Lebih baik cari kendaraan umum yang nyaman, sehingga kamu nggak kehabisan tenaga hingga waktunya buka puasa.

Traveling semakin seru dan mudah jika kamu pergi rombongan bersama teman ataupun keluarga dengan menyewa bus pariwisata. Jika kamu dari Kota Bandung, kamu bisa sewa bus murah di Bandung dengan memilih Jackal holidays Pariwisata yang sudah 32 tahun berpengalaman dengan armada yang mewah dan murah! Tak hanya bus pariwisata, Jackal Holidays menyediakan mini bus seperti Toyota Hiace, Isuzu Long elf, Mitsubishi Coaster dan Toyota Vellfire. Tunggu apalagi? Yuk, liburan aman dan nyaman bersama Jackal Holidays!

Leave a Reply

20 − 15 =

Need Help? Chat with us